Cecekeran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cecekeran
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Amherstia

Wall
Spesies:
Amherstia nobilis

Amherstia nobilis ({Burma: သော်ကကြီး [θɔ̀ka̰ dʑí]) atau bunga ratu, kakancingan atau cecekeran adalah pohon tropis dengan bunga besar dan mencolok dalam keluarga Fabaceae. Ia adalah satu-satunya anggota genus Amherstia. Tanaman ini dibudidayakan secara luas untuk hiasan di daerah tropis lembab, namun sangat langka di alam liar dan hanya beberapa kali dikumpulkan dari habitat aslinya. Ini berasal dari Burma (Myanmar), oleh karena itu nama umumnya. Nama ilmiahnya memperingati Lady Amherst, (seperti halnya burung pegar Lady Amherst ) dan juga putrinya Sarah.[1] Nama umum lainnya, pohon anggrek, juga digunakan untuk anggota genus Bauhinia.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Bunganya yang mewah terlihat bergelantungan di tangkai bunga atau tangkai bunga yang panjang, yang ujungnya berwarna merah tua cerah. Ada 5 kelopak meskipun 2 di antaranya kecil dan sisanya berukuran tidak sama. Kelopak bunga ini juga berwarna merah tua; dua kelopak berukuran sedang berwarna kuning di ujungnya dan kelopak terbesar berbentuk lebar dan kipas dengan tepi atas bergelombang dan warna segitiga kuning memanjang dari bibir ke bawah hingga ke bunga . Kelopak besar ini panjangnya bisa mencapai 7,5 sentimeter dan lebar ujungnya lebih dari 4 sentimeter. Ada 9 atau 10 benang sari, 9 di antaranya sebagian menyatu menjadi selubung merah muda ; benang sari memiliki dua panjang yang berbeda dengan benang sari yang lebih panjang memiliki kepala sari yang lebih besar. Daun majemuk mempunyai 6 - 8 helai daun besar; ini bentuknya lonjong dan pucat di bawahnya.

Buahnya ( kacang-kacangan ) panjangnya 11 sampai 20 sentimeter. Polongnya kira-kira berbentuk pedang, dan kulit luarnya yang berkayu terbuka untuk menyebarkan bijinya.[butuh rujukan]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wallich, Nathaniel. Plantae Asiaticae Rariores 1: 1. 1830[1829].