Carol (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Carol
Carol (film) POSTER.jpg
Poster film Carol
SutradaraTodd Haynes
ProduserElizabeth Karlsen
Stephen Woolley
Christine Vachon
SkenarioPhyllis Nagy
BerdasarkanThe Price of Salt
oleh Patricia Highsmith
PemeranCate Blanchett
Rooney Mara
Kyle Chandler
Sarah Paulson
MusikCarter Burwell
SinematografiEdward Lachman
PenyuntingAffonso Gonçalves
Perusahaan
produksi
Number 9 Films
Film4 Productions
Killer Films
DistributorThe Weinstein Company
StudioCanal
Tanggal rilis
  • 17 Mei 2015 (2015-5-17) (Festival Film Cannes)
  • 20 November 2015 (2015-11-20) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 27 November 2015 (2015-11-27) (Britania Raya)
  • 15 Januari 2016 (2016-1-15) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
118 menit
NegaraAmerika Serikat
Britania Raya
BahasaInggris
Anggaran$11,8 juta[1]
Pendapatan kotor$40.272.135[2]

Carol adalah adalah film drama romantis Britania Raya-Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Todd Haynes dan diproduseri oleh Elizabeth Karlsen, Stephen Woolley dan Christine Vachon. Naskah film ini ditulis oleh Phyllis Nagy berdasarkan novel The Price of Salt karya Patricia Highsmith tentang seorang fotografer muda dan hubungannya dengan perempuan yang sedang menjalani proses perceraian. Film ini dibintangi oleh Cate Blanchett, Rooney Mara, Kyle Chandler dan Sarah Paulson.[3]

Film Carol ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 17 Mei 2015[4][5][6] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 20 November 2015 secara terbatas[7] dan 15 Januari 2016 secara luas.[8] Film ini dirilis di Britania Raya pada tanggal 27 November 2015. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada musim Natal tahun 1952, fotografer Therese Belivet (Rooney Mara) bekerja di toserba Frankenberg di Manhattan. Ia bertemu dengan seorang wanita sosialita, Carol Aird (Cate Blanchett), yang sedang mencari boneka untuk putrinya, Rindy. Atas saran Therese, Carol membeli kereta model. Ketika Carol pergi, ia meninggalkan sarung tangannya di meja kasir. Therese mengirimkannya kepada mereka dengan menggunakan slip penjualan Frankenberg dengan nama dan alamat Carol.

Kekasih Therese, Richard (Jake Lacy), ingin pergi ke Prancis bersama Therese, berharap mereka akan menikah, tetapi Therese merasa tidak nyaman dengan hubungan mereka. Seorang teman, Dannie (John Magaro), mengajak Therese ke tempat kerjanya, The New York Times, dan mengenalkannya pada seorang teman editor foto. Sementara itu, Carol akan melalui proses perceraian yang sulit dari suaminya yang lalai, Harge (Kyle Chandler). Carol menelepon toserba Frankenberg dan berterima kasih kepada petugas yang mengembalikan sarung tangan dan mengundang Therese untuk makan siang. Therese mengunjungi Dannie dan Dannie menciumnya, tetapi Therese tidak nyaman dan pergi.

Carol mengajak Therese ke rumahnya di New Jersey. Ia berhenti untuk membeli pohon natal dan Therese memotretnya. Harge tiba-tiba membawa Rindy ke Florida untuk acara Natal. Ia curiga terhadap Therese ketika Carol berselingkuh beberapa tahun yang lalu dengan temannya, Abby (Sarah Paulson). Therese melihat mereka bertengkar. Setelah Rindy pergi, Carol yang tertekan membawa Therese ke stasiun kereta agar ia bisa kembali ke rumah.

Carol meminta maaf dan mereka bertemu di apartemen Therese, di mana Carol mengejutkannya dengan sebuah koper berisi kamera Canon dan filmnya. Carol telah mengetahui bahwa Harge sedang mengajukan petisi kepada hakim untuk mempertimbangkan suatu "moralitas" terhadapnya, mengancam untuk menyebarkan homoseksualitas Carol dan memberikan hak asuh penuh atas Rindy kepada Harge. Carol memutuskan untuk melakukan perjalanan untuk menghindari stres dalam proses perceraian dan mengundang Therese untuk bergabung dengannya. Richard menuduh Therese tergila-gila dengan Carol dan memprediksi bahwa Carol akan bosan dengan Therese. Keduanya berdebat dan hubungan mereka berakhir. Pada malam kedua dalam perjalanan, Therese bertemu dengan seorang salesman keliling, Tommy Tucker (Cory Michael Smith).

Pada malam Tahun Baru, Carol dan Therese mencium untuk pertama kalinya dan berhubungan seks. Keesokan paginya, mereka menemukan bahwa Tommy Tucker sebenarnya adalah penyidik ​​swasta yang disewa oleh Harge untuk mendapatkan bukti melawan Carol. Carol berhadapan dengan Tommy Tucker, mengancamnya dengan todongan pistol, tetapi ia sudah mengirim rekaman rahasia ke Harge. Carol dan Therese kembali. Keesokan harinya, di Chicago, Therese mengetahui bahwa Carol telah terbang pulang untuk memperjuangkan hak asuh putrinya, setelah meminta Abby mengantarkan Therese pulang ke rumahnya. Abby memberikan sepucuk surat dari Carol untuk Therese. Kembali ke rumah, Therese menelepon Carol, tetapi ia mengetahui bahwa Carol berisiko kehilangan hak asuh Rindy jika ia melanjutkan hubungannya dengan Therese, Carol tetap diam dan menutup telepon.

Therese membuat portofolio fotonya dan mendapat pekerjaan di The New York Times. Sementara itu, Carol bertemu dengan seorang psikoterapis sebagai syarat penyelesaian perceraian. Selama pertemuan konfrontatif pada pertengahan April dengan pengacara mereka masing-masing, Carol tiba-tiba mengakui kebenaran rekaman Harge tersebut dan menolak menyangkal seksualitasnya. Ia mengatakan pada Harge bahwa Harge dapat memiliki hak asuh Rindy, tetapi menuntut kunjungan rutin bahkan jika diawasi.

Carol menulis surat kepada Therese dan mereka bertemu di lobi Ritz Tower Hotel. Carol mengungkapkan bahwa ia akan bekerja di rumah furnitur dan telah menyewa apartemen di Madison Avenue. Therese menolak undangan Carol untuk tinggal bersamanya. Carol mengatakan kepada Therese bahwa ia bertemu rekan kerja di Oak Room dan jika ia berubah pikiran, mereka bisa makan malam. Therese tetap diam dan Carol berbisik "aku mencintaimu". Mereka terganggu oleh Jack, seorang rekan yang belum pernah bertemu dengan Therese selama beberapa bulan, dan Carol pergi.

Therese menerima tumpangan Jack ke sebuah pesta, tetapi ia mendapati ia tidak dapat berhubungan dengan siapa pun. Therese bergegas ke Oak Room. Ia melihat orang banyak dan melihat Carol di meja. Carol menatap Therese dengan senyuman yang perlahan tumbuh saat Therese bergerak ke arahnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Cate Blanchett sebagai Carol Aird
  • Rooney Mara sebagai Therese Belivet
  • Kyle Chandler sebagai Harge Aird
  • Sarah Paulson sebagai Abby Gerhard
  • Jake Lacy sebagai Richard Semco
  • Cory Michael Smith sebagai Tommy Tucker
  • John Magaro sebagai Dannie McElroy
  • Carrie Brownstein sebagai Genevieve Cantrell
  • Kevin Crowley sebagai Fred Haymes
  • Nik Pajic sebagai Phil McElroy

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Carol mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 95%, berdasarkan 283 ulasan, dengan rating rata-rata 8,6/10.[9] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 95 dari 100, berdasarkan 44 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[10]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Carol mendapatkan $12.711.491 di Amerika Utara dan $27.560.644 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $40.272.135, melebihi anggaran produksi film $11,8 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $253.510, menempati posisi ke-23 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1.458.049, menempati posisi ke-15 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Killer Films' Co-Founders Christine Vachon and Pamela Koffler on Lesbian Romance 'Carol' and Indie Resilience". The Hollywood Reporter. September 25, 2015. Diakses tanggal September 27, 2015. 
  2. ^ a b c "Carol (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 18, 2016. 
  3. ^ "Turning Pages: The real story behind Patricia Highsmith and Carol". Jane Sullivan. Diakses tanggal January 14, 2016. 
  4. ^ "The 2015 Official Selection". Festival de Cannes. April 15, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 18, 2015. Diakses tanggal April 17, 2015. 
  5. ^ "Screenings Guide". Festival de Cannes. May 6, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 26, 2015. Diakses tanggal May 8, 2015. 
  6. ^ "Screenings Guide" (PDF). Festival de Cannes. May 6, 2015. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal May 18, 2015. Diakses tanggal May 8, 2015. 
  7. ^ McGovern, Joe (July 30, 2015). "Todd Haynes' Carol changes its release date". Entertainment Weekly. Diakses tanggal August 16, 2015. 
  8. ^ Garris, Daniel (January 10, 2016). "NORTH AMERICA: Platform Watch: 'Anomalisa' Takes $221K In Expansion; '45 Years' Claims $91K In NY/LA; 'Carol' Registers $1.47M In Limited". BoxOffice. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 2, 2016. Diakses tanggal March 27, 2016. 
  9. ^ "Carol (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  10. ^ "Carol reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 5, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]