Camar tiga-jari kaki-hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Camar tiga-jari kaki-hitam
Rissa tridactyla

Calls, recorded on Skomer
Rekaman
Status konservasi
Rentan
IUCN22694497
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliLaridae
GenusRissa
SpesiesRissa tridactyla
(Linnaeus, 1758)
Tata nama
Sinonim takson
  • Larus tridactylus Linnaeus, 1758
  • Larus rissa Linnaeus, 1766
ProtonimLarus tridactylus
Distribusi

Range of R. tridactyla      Summer range     Wintering range

Rissa tridactyla atau umum dikenal sebagai camar tiga-jari kaki-hitam merupakan spesies burung laut dalam famili camar Laridae.

Sebaran[sunting | sunting sumber]

Camar tiga-jari kaki-hitam adalah burung pesisir dari wilayah Arktik hingga subarktik di dunia. Ia dapat ditemukan di seluruh pantai utara Atlantik , dari Kanada hingga Greenland serta di sisi Pasifik dari Alaska hingga pantai Siberia. Wilayah jelajah musim dingin camar tiga-jari kaki-hitam meluas lebih jauh ke selatan dari St-Lawrence hingga pantai selatan New Jersey serta di Cina, laut Sargasso, dan pantai Afrika barat. Ada dua subspesies camar tiga-jari kaki-hitam. Rissa tridactyla tridactyla dapat ditemukan di pantai Atlantik sedangkan Rissa tridactyla pollicaris ditemukan di pantai Pasifik.

Dari semua laridae, camar tiga-jari kaki-hitam adalah yang paling pelagis. Camar tiga-jari kaki-hitam hampir secara eksklusif ditemukan di laut kecuali pada masa berkembang biak, dari Mei hingga September, di mana mereka dapat ditemukan bersarang di tebing laut yang paling terjal. Mereka jarang ditemukan di daratan, meskipun ada beberapa kejadian yang dilaporkan hingga 20 km ke daratan. Selama sisa tahun ini, camar tiga-jari kaki-hitam menghabiskan sebagian besar waktunya di sayap jauh dari pantai.

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Rissa tridactyla berukuran sekitar 37-42 cm. R. tridactyla dewasa yang tidak berbiak ditandai dengan bagian atas dan sayap atas berwarna abu-abu tua. Warna tengkuk abu-abu. Terdapat garis vertikal kehitaman di belakang mata. Warna paruh kekuningan. Kaki pendek berwarna coklat tua hingga kehitaman. Bagian ekornya sedikit berlekuk. Sayap luar yang agak sempit berubah warna menjadi keputihan, ujungnya berwarna hitam. Adapun R. tridactyla dewasa yang berbiak ditandai dengan warna kepala yang putih seluruhnya [2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International. 2018. Rissa tridactyla. The IUCN Red List of Threatened Species 2018: e.T22694497A132556442. https://dx.doi.org/10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22694497A132556442.en. Downloaded on 01 January 2019.
  2. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 110. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]