Camar tiga-jari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Camar tiga-jari
Rissa

Black-legged kittiwakes, Rissa tridactyla, nesting on the Farne Islands, Northumberland, UK
The call of a kittiwake, recorded on Skomer Island, Pembrokeshire, Wales
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliLaridae
GenusRissa
Stephens, 1826
Species

Camar tiga-jari ( genus Rissa ) adalah dua spesies burung laut yang berkerabat dekat dalam keluarga camar Laridae, camar tiga-jari kaki-hitam ( Rissa tridactyla ) dan camar tiga-jari kaki-merah ( Rissa brevirostris ). Julukan "jari-tiga" digunakan untuk membedakan camar ini dengan camar di genus lain, dimana genus ini hanya memiliki tiga jari di setiap kakinya, berbeda dengan camar pada umumnya yang memiliki empat jari. Camar tiga-jari kaki-hitam sering dikenal hanya sebagai kittiwake di Eropa atau lebih secara lokal dalam bahasa sehari-hari di beberapa daerah sebagai tickleass atau tickleace . Dalam bahasa inggris, nama kittiwake diambil dari seruannya yang melengking 'kittee-wa-aaake, kitte-wa-aaake'. [1] Nama genus Rissa berasal dari nama Islandia Rita untuk camar jari-tiga kaki-hitam. [2]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Kedua spesies ini secara fisik sangat mirip. Mereka memiliki kepala dan tubuh berwarna putih, punggung berwarna abu-abu, sayap abu-abu dengan ujung berwarna hitam pekat dan paruh berwarna kuning cerah. Camar tiga-jari kaki-hitam dewasa berukuran agak lebih besar dengan kisaran ukuran (kira-kira 40 cm or 16 in dengan lebar sayap 90–100 cm or 35–39 in ) dibandingkan camar tiga-jari kaki-merah yang hanya sekitar ( 35–40 cm or 14–16 in dengan lebar sayap sekitar 84–90 cm or 33–35 in ). Perbedaan lainnya termasuk paruh lebih pendek, mata lebih besar, kepala lebih besar dan bulat, serta sayap abu-abu gelap pada camar tiga-jari kaki-merah. Meskipun sebagian besar camar tiga-jari kaki-hitam memang memiliki kaki abu-abu tua, beberapa memiliki kaki abu-abu merah muda hingga kemerahan, menjadikan pewarnaan sebagai penanda identifikasi yang tidak dapat diandalkan.

Berbeda dengan anakan spesies camar lain yang bulunya cenderung agak kadar dan belang-belang, anak burung camar tiga-jari berbulu halus dan berwarna putih, selain itu ancaman pemangsaan anakan juga relatif kecil, karena sarangnya berada di tebing yang sangat curam. Tidak seperti anak burung camar lainnya yang berkeliaran begitu mereka bisa berjalan, anak burung camar tiga-jari secara naluriah duduk diam di dalam sarang agar tidak terjatuh.[3] Remaja membutuhkan waktu tiga tahun untuk mencapai kedewasaan. Saat bulunya berada di musim dingin, kedua burung tersebut memiliki noda abu-abu tua di belakang mata dan kerah leher belakang berwarna abu-abu. Jenis kelamin secara visual tidak dapat dibedakan.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Camar tiga-jari adalah burung yang berkembang biak di pesisir pantai yang tersebar di Samudra Pasifik Utara, Atlantik Utara, dan Arktik . Mereka membentuk koloni yang besar, padat, dan berisik selama periode reproduksi musim panas, sering kali berbagi habitat dengan murres . Mereka adalah satu-satunya spesies camar yang secara eksklusif bersarang di tebing. Sebuah koloni camar tiga-jari yang tinggal di Newcastle upon Tyne dan Gateshead di timur laut Inggris telah membuat rumah di Jembatan Tyne dan Pusat Seni Kontemporer Baltik .[4] Koloni ini terkenal karena merupakan koloni camar tiga-jari terjauh di dunia.[5]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Dewasa anak ayam Nama Nama yang umum Distribusi
</img> </img> Rissa tridactyla Linnaeus, 1758 Camar tiga-jari kaki-hitam Ini adalah salah satu burung laut yang paling banyak jumlahnya. Koloni perkembangbiakan dapat ditemukan di Pasifik mulai dari Kepulauan Kuril, di sekitar pantai Laut Okhotsk sepanjang Laut Bering dan Kepulauan Aleutian hingga Alaska tenggara, [6] dan di Atlantik dari Teluk St. Lawrence hingga Greenland dan pantai Irlandia hingga Portugal, serta di kepulauan Arktik yang tinggi.[7] Di musim dingin, jangkauannya meluas lebih jauh ke selatan dan ke laut.
</img> </img> Rissa brevirostris Bruch, 1853 Camar tiga-jari kaki-merah Sebarannya sangat terbatas di Laut Bering, berkembang biak hanya di kepulauan Pribilof, Bogoslof, dan Buldir di Amerika Serikat, dan Kepulauan Komandan di Rusia . Di pulau-pulau ini, ia berbagi habitat tebing yang sama dengan kittiwake berkaki hitam, meskipun beberapa pemisahan lokal terlihat antara spesies di tebing tertentu.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kittiwake"Perlu langganan berbayar. Oxford English Dictionary (edisi ke-Online). Oxford University Press.  Templat:OEDsub
  2. ^ Jobling, James A (2010). The Helm Dictionary of Scientific Bird Names. London: Christopher Helm. hlm. 336. ISBN 978-1-4081-2501-4. 
  3. ^ Tinbergen, Niko (1969). Curious Naturalists. Garden City, New York, USA: American Museum of Natural History. hlm. 301. 
  4. ^ "Tyne Kittiwake Colonies". Kittiwakes upon the Tyne (dalam bahasa Inggris). 2018-11-01. Diakses tanggal 2023-03-16. 
  5. ^ "Tyne Kittiwakes". Natural History Society of Northumbria (dalam bahasa Inggris). 2020-11-09. Diakses tanggal 2023-03-16. 
  6. ^ (dalam bahasa Rusia) Artyukhin Yu.
  7. ^ "U.K. Joint Nature Conservation Committee Report" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2011-02-04. Diakses tanggal 2007-12-16.