Camar-angguk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Camar-angguk
Anous

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliLaridae
GenusAnous
Stephens, 1826

Camar-angguk adalah burung yang membentuk genus Anous, yaitu genus burung laut dalam keluarga Laridae yang juga berisi burung camar, dara laut dan burung paruh-gunting. Genus berisi lima spesies . [1]

Camar-angguk menghuni lautan tropis dan tersebar di seluruh dunia, mulai dari Hawaii hingga Kepulauan Tuamotu dan Australia di Samudera Pasifik, dari Laut Merah hingga Seychelles dan Australia di Samudera Hindia dan di Karibia hingga Tristan da Cunha di Samudera Atlantik . . [2] Mereka bersarang dalam koloni di tebing atau di pohon pendek atau semak belukar, jarang di tanah. Betina bertelur satu telur di setiap musim kawin. [2] Burung-burung ini memakan ikan-ikan kecil yang mereka tangkap dengan mencelupkan paruhnya ke bawah permukaan saat terbang; mereka tidak terjun menyelam . [3] [4] [5]

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Anous stolidus Camar-angguk coklat dari Hawaii hingga Kepulauan Tuamotu dan Australia di Samudera Pasifik, dari Laut Merah hingga Seychelles dan Australia di Samudera Hindia dan di Karibia hingga Tristan da Cunha di Samudera Atlantik.
</img> Anous minutus Camar-angguk hitam Samudera Pasifik dan lebih banyak lagi tersebar di Karibia, Atlantik tengah, dan di timur laut Samudera Hindia.
</img> Anous tenuirostris Camar-angguk kecil, terkadang dianggap sebagai subspesies dari camar-angguk hitam. [6] garis pantai Komoro, Kenya, India, Maladewa, Mauritius, Seychelles, Sri Lanka dan Uni Emirat Arab.
</img> Anous cerulea Camar-angguk biru (sebelumnya ditempatkan di Procelsterna ) Samoa Amerika, Kepulauan Cook, Fiji, Polinesia Prancis, Kiribati, Kepulauan Marshall, Kaledonia Baru, Samoa, Tonga (Niua), Tuvalu dan Hawaii.
</img> Anous albivitta' Camar-angguk kelabu(sebelumnya ditempatkan di Procelsterna ) Samudera Pasifik bagian selatan


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "Noddies, gulls, terns, auks". World Bird List Version 9.2. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 24 June 2019. 
  2. ^ a b Anous, TOLWEB
  3. ^ Gochfeld, M.; Burger, J.; Garcia, E.F.J. (2020). "Lesser Noddy (Anous tenuirostris)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World AlivePerlu langganan berbayar. Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.lesnod1.01. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  4. ^ Gochfeld, M.; Burger, J.; Kirwan, G.M.; Garcia, E.F.J. (2020). "Brown Noddy (Anous stolidus)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World AlivePerlu langganan berbayar. Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.brnnod.01. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  5. ^ Gochfeld, M.; Burger, J.; Kirwan, G.M.; Garcia, E.F.J. (2020). "Black Noddy (Anous minutus)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World AlivePerlu langganan berbayar. Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.blknod.01. Diakses tanggal 17 April 2017. 
  6. ^ Gochfeld, M.; Burger, J.; Garcia, E.F.J. (2020). "Lesser Noddy (Anous tenuirostris)". Dalam del Hoyo, J.; Elliott, A.; Sargatal, J.; Christie, D.A.; de Juana, E. Handbook of the Birds of the World AlivePerlu langganan berbayar. Lynx Edicions. doi:10.2173/bow.lesnod1.01. Diakses tanggal 17 April 2017.