Calvin Jeremy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Calvin Jeremy
Latar belakang
Lahir 6 Mei 1991 (umur 24)
Bendera Indonesia Jakarta, Indonesia
Jenis musik Pop
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2009–sekarang
Terkait dengan Aliando Syarief, Teuku Rassya, Nikita Willy
Almamater Universitas Pelita Harapan
Agama Kristen
Situs resmi calvinjeremy.com
Akun twitter calvinjeremy

Calvin Jeremy Sihombing (lahir di Jakarta, 6 Mei 1991; umur 24 tahun) adalah penyanyi multitalenta yang tidak hanya mahir bernyanyi ataupun bermain alat musik, namun ia juga menulis lagu – lagunya sendiri. Calvin Jeremy mengawali kariernya di industri musik Indonesia melalui album perdananya yang berjudul “Selamanya” yang dirilis pada tahun 2010 oleh Universal Music Indonesia, dan beberapa lagunya diaransemen oleh musisi jazz senior Indonesia, Dian Pramana Poetra. Suara husky dan falsetto menjadi ciri khas dari Calvin Jeremy yang membedakannya dengan solois muda lain. Calvin Jeremy mulai dikenal publik melalui hit singlenya yang berjudul “Dua Cinta Satu Hati”, yang menduduki posisi top chart di radio – radio di seluruh tanah air pada tahun itu. Inspirasi Calvin Jeremy dalam menulis lagu diperolehnya dari pengalaman pribadi, maupun orang – orang disekitarnya.

Calvin Jeremy mengaku bahwa dalam menciptakan lagu, dirinya sangat terinspirasi dari musisi - musisi idolanya, salah satunya adalah John Mayer. Beberapa cover video di youtube yang diupload oleh Calvin Jeremy di youtube, menarik hati salah satu petinggi stasiun televisi terbesar di Filipina ABS-CBN dan meminta Calvin untuk tampil di salah satu program musik favorit “ASAP Rocks”. Tidak hanya itu, Calvin Jeremy pun dijuluki sebagai “The John Mayer of Asia” oleh Channel [V] Asia dan negara Filipina. Kesempatanpun terbuka lebar untuk Calvin Jeremy bisa berkarier di Filipina melalui kolaborasi dengan Asia’s Multiplatinum Acoustic Sweetheart asal Filipina, Sabrina Orial, dalam lagu  “Just The Way You Are”. Dan di saat yang bersamaan, Calvin Jeremy pun juga sempat membuat videoklip dari single keduanya yang berjudul “Maaf” di Manila, Filipina.

Selalu tampil dengan berbagai inovasinya dalam bermusik, pada bulan Juli 2011, Calvin Jeremy pun berkolaborasi dengan Kementrian Budaya dan Pariwisata Republik Indonesia dalam videoklipnya yang berjudul “Wanita Tak Biasa”, yang mengambil lokasi shooting di Bali dan Pulau Komodo, dan sekaligus mempromosikan wisata Indonesia melalui videoklip tersebut.

Calvin Jeremy yang kian matang mendalami musikpun meluncurkan album kedua pada tahun 2012 dengan menggunakan namanya “Calvin Jeremy”. Penggunaan self-titled untuk album keduanya tersebut memberikan pesan kepada para pendengar musik bahwa di album keduanya ini, Calvin Jeremy menyuguhkan musikalitas yang benar – benar mewakili jati dirinya sebagai seorang musisi. Berkat kejujurannya dalam bermusik, karier Calvin Jeremy di industri musik pun semakin diperhitungkan oleh publik lewat kesuksesan single “Berdua” dari album keduanya yang sempat merajai chart radio – radio di seluruh tanah air.

Setelah meluncurkan album kedua, Calvin Jeremy juga mulai menekuni bakat lamanya bermain piano, dan terinspirasi oleh beberapa musisi idolanya seperti Jamie Cullum, Stevie Wonder, Paul McCartney dan Wouter Hamel. Dan tidak sampai disitu saja, iapun mengajak sang idola yang menginspirasinya dalam menulis lagu – lagu di album keduanya, Wouter Hamel, untuk berduet. Wouter Hamel, musisi jazz kelas dunia asal Belanda, menyambut baik ide tersebut dan mewujudkan keinginan Calvin melalui kolaborasi dalam konser Wouter Hamel di Java Jazz Festival 2013 di Jakarta. Wouter yang sama sekali belum pernah membawakan lagu milik orang lainpun secara spesial membawakan lagu “Berdua” yang diciptakan oleh Calvin Jeremy, dalam bahasa Indonesia yang sangat fasih. Kekompakannya bersama Calvin Jeremy berhasil memukau para penonton. Wouter memuji musikalitas Calvin Jeremy. Dan menjadi penanda ketika akhirnya Wouter kembali menggandeng Calvin Jeremy pada Mei 2014 lalu, dalam Asian Tour peluncuran album baru Wouter Hamel "Pompadour".

Selain bermusik, Calvin Jeremy juga sempat membintangi iklan Pond’s Unilever, menjadi brand ambassador dari Adidas Originals, dan membintangi film layar lebar bertemakan nasionalisme berjudul “Hasduk Berpola” sebagai Nandi. Calvin Jeremy sangat menyadari pentingnya dukungan dari para penggemarnya. Maka dari itu, Calvin seringkali berinteraksi dengan para penggemarnya yang menamakan diri mereka “Calvriends” (Calvin Jeremy’s Friends), di seluruh Indonesia, melalui sosial media dan juga gathering – gathering yang rutin diadakan di setiap roadshow Calvin Jeremy. Wujud kecintaan Calvin Jeremy dengan fans pernah diwujudkan dalam aktivitasnya dengan salah satu sosial media platform mindtalk.com, dimana penggemarnya menjadi penulis cerita dari salah satu videoklip Calvin Jeremy yang berjudul “Sumpahku”. Kemudian, sempat terpilih sebagai salah satu artis idola yang paling ingin dijumpai oleh remaja wanita melalui campaign Natasha Skincare Girls’ Secret Dinner.

Pada bulan Agustus 2014, Calvin Jeremy kembali meluncurkan single terbarunya berjudul “Ada Untukmu”. Pada pembuatan videoklip “Ada Untukmu” ini, Calvin Jeremy bekerjasama dengan The Ministry of Foreign Affairs of The Kingdom of The Netherlands (Kementrian Luar Negeri Belanda) melalui Kedutaan Belanda dan Erasmus Huis Jakarta, dan didukung oleh museum – museum kelas dunia di Belanda seperti Van Gogh Museum, Rijksmuseum, dan Madurodam Museum.

Bukan hanya itu, dalam videoklip “Ada Untukmu” ini, Calvin Jeremy juga menggandeng Opera Software Asa, yang telah menunjuknya menjadi Brand Ambassador Opera Software pertama di dunia. Sebagai duta dari Opera Software periode 2014-2015, Calvin Jeremy juga melakukan roadshow keliling Indonesia dan juga di sekolah – sekolah untuk mensosialisasikan Opera Software dimana Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Opera Software terbanyak di dunia, dan Opera juga telah banyak bekontribusi mencerdaskan bangsa Indonesia melalui fasilitas internet browsernya. Disamping itu, Calvin juga membuat versi bahasa Inggris dari single “Ada Untukmu” (“Here For You”) untuk dirilis di negara – negara lain di luar Indonesia.

Berbekal talenta bermusik dan ilmu bisnis dari Universitas Pelita Harapan Fakultas Ekonomi jurusan management entrepreneurship, Calvin Jeremy siap untuk menghadapi industri musik Indonesia yang sangat kompetitif ini. Dirinya menyadari bahwa untuk bertahan di industri musik Indonesia, harus konsisten berlatih dan menghasilkan karya–karya yang apik dan terus berinovasi melahirkan sesuatu yang spesial bagi para pecinta musik di Indonesia. Komitmen Calvin Jeremy untuk lebih serius lagi dalam menekuni musik dibuktikan dengan penghargaan yang baru saja diterimanya sebagai The Solo Singer of The Year 2014 di Showbiz Indonesia Award 2014. Dan saat ini Calvin sedang disibukkan dengan penggarapan album ketiganya yang akan dirilis di tahun 2015.[1]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]