Cagar Alam Gunung Nyiut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Cagar Alam Gunung Nyiut adalah cagar alam yang terletak di tiga kabupaten di Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sambas. Lokasi Cagar Alam Gunung Nyiut berada di sekitar Gunung Nyiut. Penetapan kawasan sebagai cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Kehutanan Nomor. 2240/DJ/l/1981 tanggal 15 Juni 1981. Luas lahan yang ditempati Cagar Alam Gunung Nyiut yaitu 140.000 Hektar. Status Cagar Alam Gunung Nyiut ditetapkan kembali melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 059/Kpts-II/1988 tanggal 29 Februari 1988. Penetapan ulang ini memperkecil luas Cagar Alam Gunung Nyiut menjadi 124.500 Hektare. Secara administrasi, Cagar Alam Gunung Nyiut ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 259/Kpts-II/2000 tanggal 23 Agustus 2000.

Cagar Alam Gunung Nyiut memiliki topografi berbentuk perbukitan dengan lereng yang curam. Puncak bukit tertinggi berada di Gunung Nyiut setinggi 1.701 meter di atas permukaan laut. Ekosistem di Cagar Alam Gunung Nyiut termasuk hutan hujan pegunungan hingga skala sedang. Jenis flora yang banyak ditemukan adalah beragam jenis anggrek dan bunga patma. Bagian hutan hujan pegunungan rendah banyak ditemukan tanaman berjenis Dipterocarpaceae dan Euphorbiaceae. Sedangkan pada hutan hujan pegunungan sedang banyak ditemukan Dipterocarpaceae perbukitan. Jenis fauna yang banyak ditemukan di dalam Cagar Alam Gunung Nyiut adalah owa, orang utan, kera ekor panjang dan trenggiling. Cagar Alam Gunung Nyiut dapat dicapai melalui rute Kota PontianakSanggau Ledo menggunaka bus umum selama 5 jam. Dari Sanggau Ledo perjalanan dilanjutkan ke Dawar menggunakan sepeda motor selama 1 – 1,5 jam. Selanjutnya, dari Dawar ke Cagar Alam Gunung Nyiut harus berjalan kaki selama 6 jam. Cagar Alam Gunung Nyiut dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Barat.[1]

Ekosistem[sunting | sunting sumber]

Ekosistem di Cagar Alam Gunung Nyiut merupakan hutan hujan tropika. Jenis ekosistem ini membuat banyak flora dan fauna yang membentuk habitat di dalamnya. Habitat di Cagar Alam Gunung Nyiut tersebar dan terbentuk di pegunungan dan sungai. Pegunungan yang masuk dalam kawasannya ialah Gunung Nyiut, Gunung Angga, Gunung Semedun, Gunung Panggah, Gunung Sinjang, Gunung Sekaju, Gunung Sebabak, Gunung Bengkarun, Gunung Damus dan Gunung Serang. Sedangkan beberapa sungai yang menjadi habitat ialah Sungai Landak, Sungai Tanggu, Sungai Katok, Sungai Sentai, Sungai Gotol, Sungai Sekayan, Sungai Biang dan Sungai Senbelida.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam (2016). Informasi 521 Kawasan Konservasi Region Kalimantan - Sulawesi (PDF). Bogor: Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. hlm. 10. 
  2. ^ "Mt. Nyiut Nature Reserve · Indonesian Forest". Indonesian Forest. 2017-07-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-10. Diakses tanggal 11 Juli 2021.