Cacerolazo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Unjuk rasa casserole di Montreal, Kanada pada 24 Mei 2012.

Cacerolazo (pengucapan bahasa Spanyol: [kaθeɾoˈlaθo]), cacerolada ([kaθeɾoˈlaða]) atau casserole adalah sebuah bentuk unjuk rasa terkenal yang dipraktikan di negara-negara pemakai bahasa SpanyolVenezuela, Argentina, Chili, Kolombia, Uruguay, Kuba, Spanyol – dan yang paling terkini negara-negara pemakai bahasa Inggris dan Perancis, yang paling terkenal di Québec, serta di Turki pada saat unjuk rasa di Turki 2013 dan Brasil saat unjuk rasa di Brasil 2015 – yang berisi sekelompok orang yang membuat kegaduhan dengan memukul-mukul panci, wajan, dan benda-benda lainnya dalam rangka mengeluarkan pendapat. Meskipun orang-orang dalam jenis unjuk rasa ini dapat melakukan protes dari rumah mereka sendiri, unjuk rasa tersebut memiliki tingkat dukungan dan partisipasi yang tinggi.

Kata tersebut berasal dari kata Spanyol cacerola, yang artinya "panci rebus". Penambahan kata hubung -azo dan -ada menandai tindakan menyerang,[1] dan merupakan pengartian metafora dari berbagai tindakan pada unjuk rasa tersebut. Jenis manifestasi tersebut dimulai pada 1971 di Chile, saat menentang pengurangan produk-produk industri saat masa kepemimpinan Salvador Allende.[2]

[3] Ketika cara unjuk rasa tersebut dipraktikan di Kanada,[4] dalam bahasa inggris tindakan tersebut disebut oleh kebanyakan media dengan sebutan "casseroles" ketimbang istilah Spanyol-nya cacerolazo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definición de -azo". Diccionario RAE (dalam bahasa Spanyol). 2014. Diakses tanggal 11 Juli 2014. 
  2. ^ Guevara, Pilar; Peña, Alfredo (5 Agustus 2011). "¿Cuándo y porqué nacieron los cacerolazos? La singular forma de protestar que nació en la derecha y en sectores acomodados y que ahora se expresa masivamente en contra el primer gobierno de esa tendencia en 50 años". Cambio 21. Diakses tanggal 11 Juli 2014. 
  3. ^ Ramos, Godoy; Gloria, Carmen (2011). "Un pasado en blanco y negro: El imaginario de la Unidad Popular y la nación en el Chile dictatorial" (PDF). 
  4. ^ "Winnipeg casserole rally attracts dozens". CBC News. 30 Mei 2012. Diakses tanggal 11 Juli 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]