Cabang kadet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Anne Neville, memainkan peran penting dalam Perang Mawar, perang saudara antara House of York dengan House of Lancaster yang memperebutkan mahkota Inggris.

Cabang kadet merupakan rumah bangsawan yang turun dari rumah bangsawan lainnya.

Pada umumnya tercipta ketika anggota muda dari suatu rumah bangsawan yang bukan pewaris tahta keluarga diberikan tanah untuk membangun keluarga kerajaan mereka.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam sejarah dan pemberontakan, cabang kadet terdiri dari garis keturunan dari seorang raja atau anak bungsu (kadet) leluhur. Dalam dinasti yang berkuasa dan keluarga bangsawan di sebagian besar Eropa dan Asia, aset utama keluarga—ranah, gelar, tanah, properti, dan penghasilan—secara historis telah diteruskan dari orang tua ke anak sulungnya atau dikenal sebagai primogenitur; anak yang lebih muda—kadet—mewarisi lebih sedikit kekayaan dan wewenang untuk diwariskan kepada generasi keturunan masa depan.

Dalam keluarga dan budaya di mana ini bukan kebiasaan atau hukum, seperti dalam Kekaisaran Romawi Suci, distribusi yang sama dari kepemilikan keluarga di antara anggota keturunan akhirnya cenderung untuk memecah-mecah warisan sehingga menjadikannya terlalu kecil untuk menopang keturunan di tingkat sosial ekonomi nenek moyang mereka. Selain itu, saudara-saudara dan keturunan mereka terkadang bertengkar karena alokasi mereka, atau bahkan menjadi terasing. Sementara, primogenitasi menjadi cara umum untuk menjaga kekayaan keluarga tetap utuh dan mengurangi perselisihan keluarga, hal ini dilakukan dengan mengorbankan anak yang lebih muda dari keturunan mereka. Baik sebelum dan sesudah wanprestasi hukum yang sah menurut hukum primogenitur, saudara yang lebih muda kadang-kadang bersaing dengan saudara yang lebih tua untuk dipilih sebagai pewaris orang tua mereka atau, setelah pilihan itu dibuat, berupaya untuk merebut hak kesulungan si penatua.

Cabang kadet terkenal[sunting | sunting sumber]

House of York

House of York adalah cabang kadet dari House of Plantagenet, Kerajaan Inggris. Tiga anggotanya menjadi raja Inggris pada akhir abad ke-15. House of York turun di garis laki-laki dari Edmund dari Langley, Duke of York ke-1, putra keempat Edward III yang masih hidup. Belakangan, juga mewakili garis senior Edward III, ketika seorang pewaris York menikahi keturunan pewaris Lionel, Duke of Clarence, putra kedua Edward III yang masih hidup. Berdasarkan keturunan ini mereka mengklaim mahkota Inggris.[1][2] Dibandingkan dengan rivalnya, House of Lancaster, mereka memiliki klaim superior atas tahta Inggris menurut primogenik kognitif, tetapi inferior menurut primogenik agnatik. Pemerintahan dinasti ini berakhir dengan kematian Richard III dari Inggris di Battle of Bosworth Field pada tahun 1485. Menjadi punah di garis laki-laki dengan kematian Edward Plantagenet, Earl of Warwick ke-17, pada tahun 1499.

House of Glücksburg

House of Glücksburg (juga dieja Glücksborg), disingkat dari House of Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glücksburg, adalah cabang Denmark-Jerman dari House of Oldenburg, yang anggota-anggotanya telah memerintah di berbagai waktu di Denmark, Norwegia, Yunani dan beberapa negara bagian Jerman utara.

Ratu Margrethe II dari Denmark, Raja Harald V dari Norwegia, mantan raja Yunani Constantine II, Ratu Sofía dari Spanyol, dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh serta putra sulungnya pewaris tahta Inggris Charles, Prince of Wales adalah anggota patrilineal cabang kadet dari dinasti Glücksburg.[3][4][5]

Al Saud

Al Saud adalah nama dinasti Arab yang dibentuk dengan menambahkan kata Al (yang berarti "keluarga" atau "Rumah")[6] ke nama pribadi leluhur. Dalam kasus Al Saud, leluhurnya adalah Saud ibn Muhammad ibn Muqrin, bapak pendiri abad ke-18 dinasti Muhammad bin Saud (Muhammad, putra Saud).[7]

Saat ini, nama keluarga "Al Saud" dibawa oleh keturunan Muhammad bin Saud atau tiga saudara lelakinya, Farhan, Thunayyan, dan Mishari. Cabang keluarga Al Saud lainnya seperti Saud al-Kabir, Al Jiluwi, Al Thunayan, Al Mishari, dan Al Farhan disebut cabang kadet. Anggota cabang kadet memegang posisi tinggi dan berpengaruh dalam pemerintahan meskipun mereka tidak berada di garis suksesi tahta Saudi. Banyak anggota kadet menikah di dalam Al Saud untuk membangun kembali garis keturunan mereka dan terus menggunakan pengaruh dalam pemerintahan.[8][9]

Semua anggota keluarga kerajaan memiliki gelar Emir (Pangeran) tetapi putra, putri, cucu patrilineal dan cucu Raja disebut dengan gaya "His Royal Highness" (HRH), berbeda dari cicit leluhur patrilineal dan anggota cabang kadet yang disebut "His Highness" (HH), sementara raja yang berkuasa menggunakan gelar tambahan Penjaga Dua Masjid Suci.[8][9][10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Morgan, Kenneth O. (2000). The Oxford Illustrated History of BritainPerlu mendaftar (gratis). Oxford: Oxford University Press. hlm. 623. ISBN 978-0-19-822684-0. 
  2. ^ Wikisource-logo.svg Chisholm, Hugh, ed. (1911). "York, House of". Encyclopædia Britannica. 28 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 924. 
  3. ^ "Prince Philip beats the record for longest-serving consort". The Scotsman. Edinburgh. 18 April 2009. Diakses tanggal 6 September 2012. 
  4. ^ Michel Huberty, Alain Giraud, F. and B. Magdelaine. L'Allemagne Dynastique, Volume VII. Laballery, 1994. pp. 7–8, 27–28, 30–31, 58, 144, 168, 181, 204, 213–214, 328, 344, 353–354, 356, 362, 367. ISBN 2-901138-07-1, ISBN 978-2-901138-07-5
  5. ^ Montgomery-Massingberd, Hugh. Burke's Royal Families of the World, Volume I: Europe & Latin America, 1977, pp. 325–326. ISBN 0-85011-023-8
  6. ^ Wynbrandt, James; Gerges Fawaz A. (2010). A Brief History of Saudi Arabia. hlm. xvii. ISBN 978-0-8160-7876-9. 
  7. ^ Wahbi Hariri-Rifai; Mokhless Hariri-Rifai (1990). The heritage of the Kingdom of Saudi Arabia. hlm. 26. ISBN 978-0-9624483-0-0. 
  8. ^ a b Amos, Deborah (1991). "Sheikh to Chic" (dalam bahasa English). Mother Jones. hlm. 28. Diakses tanggal 12 July 2016. 
  9. ^ a b "Saudi Arabia: HRH or HH? – American Bedu". 7 August 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 August 2016. 
  10. ^ "Family Tree". www.datarabia.com (dalam bahasa English). Diakses tanggal 7 December 2016.