Sofía dari Spanyol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Putri Sofía dari Yunani dan Denmark
Ratu Sofia (kanan) bersama menantunya, Putri Letizia pada tahun 2009
Ratu Sofia (kanan) bersama menantunya, Putri Letizia pada tahun 2009
Ratu Pendamping Kerajaan Spanyol
Memerintah sebagai pasangan 22 November 1975 – 2014
Lahir 2 November 1938 (umur 78)
Bendera Yunani Athena, Yunani
Pasangan Juan Carlos I dari Spanyol
Anak
Putri Elena, Duchess of Lugo
Putri Christina, Duchess of Palma de Mallorca
Felipe VI
Nama lengkap
Sophia Margaret Victoria Frederica
Ayah Paul I dari Yunani
Ibu Putri Frederica dari Hanover
Agama Katolik Roma

Sophia Margaret Victoria Frederica (lahir di Athena, Yunani, 2 November 1938; umur 78 tahun) adalah Ratu Spanyol sebagai istri Raja Spanyol, Juan Carlos. Sofia terlahir sebagai Putri Sophia dari Yunani dan Denmark, putri Raja Paul dari Yunani.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Putri Sophia dari Yunani dan Denmark lahir pada tanggal 2 November 1938, di Psychiko, Athena, Yunani, anak tertua Raja Paul dan istrinya, Ratu Frederica. Sofia adalah anggota dinasti Schleswig-Holstein-Sonderburg-Glücksburg. Kakaknya adalah Raja Constantine II yang digulingkan dan adiknya adalah Putri Irene.

Putri Sophia menghabiskan masa kecilnya di Mesir di mana dia menempuh pendidikan awal di El Nasr Girls 'College (EGC) di Alexandria. Dia tinggal di Afrika Selatan selama pengasingan keluarganya dari Yunani selama Perang Dunia II. Mereka kembali ke Yunani pada tahun 1946. Dia menyelesaikan pendidikannya di pesantren Schloss Salem bergengsi di Jerman Selatan, dan kemudian belajar perawatan anak, musik dan arkeologi di Athena. Dia juga belajar di Fitzwilliam College, Cambridge, sekarang meski bukan universitas penyusun dari Universitas Cambridge.

Dia mewakili Yunani, di samping saudara laki-lakinya Konstantin, sebagai anggota cadangan tim pelayaran Medali Emas di Olimpiade Musim Panas 1960

Pernikahan dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Sophia bertemu dengan sepupu ketiga ayahnya yang kemudian bernama Infante Juan Carlos dari Spanyol pada kapal pesiar di Kepulauan Yunani pada tahun 1954; Mereka bertemu lagi di pesta pernikahan Duke of Kent, sepupu kedua ayahnya, di York Minster pada bulan Juni 1961.

Pasangan ini menikah pada tanggal 14 Mei 1962, di Katedral Katolik Saint Dionysius di Athena. Gaun pengantin dibuat oleh Jean Dessès dan dia dihadiri oleh adik perempuannya Putri Irene dari Yunani dan Denmark, saudara laki-laki mempelai wanita Infanta Pilar dari Spanyol, dan saudara perempuan Sofia masa depan Putri Anne-Marie dari Denmark (kemudian Ratu Yunani) , Bersama dengan Putri Irene dari Belanda, Putri Alexandra dari Kent, Putri Benedikte dari Denmark, Putri Anne dari Orléans, dan Putri Tatiana Radziwill.

Sofia beralih dari Gereja Ortodoks Yunani ke Gereja Katolik Roma menjadi lebih sesuai dengan Spanyol Katolik, dan dengan demikian melepaskan haknya atas tahta Yunani. Seiring dengan ini, Latinisation biasa nama Yunaninya (Σοφία) diubah dari Sophia ke varian Spanyol, Sofía .

Sofía pada 2009 bersama menantunya, Letizia Ortiz

Pada tahun 1969, Infante Juan Carlos, yang tidak pernah menjadi Pangeran Asturias (judul tradisional dari pewaris Spanyol, diberi gelar resmi "Prince of Spain" oleh negara Spanyol; Sofía sendiri telah menyarankan judulnya. Juan Carlos naik tahta pada tahun 1975, saat kematian Francisco Franco.

Pasangan tersebut memiliki tiga anak: Elena (lahir 20 Desember 1963); Cristina (lahir 13 Juni 1965); Dan Felipe (lahir 30 Januari 1968). Empat cucu mereka dan empat cucu perempuannya adalah Felipe dan Victoria de Marichalar y de Borbón, Juan, Pablo, Miguel dan Irene Urdangarín y de Borbón, dan Leonor, Princess of Asturias dan Sofía, Yang semuanya berada di garis suksesi tahta Spanyol

Aktivitas[sunting | sunting sumber]

Ratu Sofía berangkat ke Amerika Serikat pada tahun 1986

Selain menemani suaminya dalam kunjungan dan acara resmi, Ratu Sofia juga mengadakan pertunangan solo. Dia adalah presiden eksekutif Yayasan Ratu Sofía, yang pada tahun 1993 mengirim dana untuk bantuan di Bosnia dan Herzegovina, dan merupakan presiden kehormatan Dewan Kerajaan untuk Pendidikan dan Perawatan Orang Cacat di Spanyol, serta Yayasan Bantuan untuk Spanyol untuk Pecandu narkoba.

Dia menaruh perhatian khusus pada program melawan kecanduan narkoba, bepergian ke konferensi di Spanyol dan luar negeri. Museo Nacional Centro de Arte Reina Sofía dinamai menurut namanya, seperti Reina Sofía Airport di Tenerife. Ratu Sofia sering terlihat mewakili Keluarga Kerajaan Spanyol pada pernikahan Kerajaan Eropa lainnya, yang terakhir di pernikahan Victoria, Putri Mahkota Swedia, dan Daniel Westling pada tahun 2010, dan pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton pada tahun 2011; Suaminya sebelumnya menyatakan keinginannya agar tidak hadir dalam urusan kerajaan tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]