Victoria Eugenie dari Battenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Victoria Eugenie
Reina Victoria Eugenia.jpg
Permaisuri Raja Spanyol
Periode31 Mei 1906 – 14 April 1931
Lahir(1887-10-24)24 Oktober 1887
Kastil Balmoral, Skotlandia, Britania Raya
Wafat15 April 1969(1969-04-15) (umur 81)
Lausanne, Swiss
Pemakaman
Nama lengkap
Victoria Eugenie Julia Ena
AyahPangeran Henry dari Battenberg
IbuPutri Beatrice dari Britania Raya
PasanganAlfonso XIII dari Spanyol
AnakAlfonso, Pangeran Asturias
Jaime, Adipati Segovia
Beatriz, Putri Civitella-Cesi
Maria Cristina, Countess Marone
Juan, Count Barcelona
Infante Gonzalo dari Spanyol
AgamaKatolik Roma
sebelumnya Anglikanisme

Victoria Eugenie dari Battenberg (Victoria Eugenie Julia Ena; lahir di Skotlandia, 24 Oktober 1887 – meninggal di Lausanne, Swiss, 15 April 1969 pada umur 81 tahun) adalah Permaisuri Raja Spanyol sebagai istri dari Raja Alfonso XIII. Ia adalah cucu Victoria, Ratu Inggris Raya dan sepupu dari George V, Raja Inggris Raya; Maud, Permaisuri Raja Norwegia; Aleksandra, Permaisuri Kaisar Rusia; Marie, Permaisuri Raja Romania; Wilhelm II, Kaisar Jerman; Louise, Permaisuri Raja Swedia; dan Sophia, Permaisuri Raja Yunani. Felipe VI, Raja Spanyol, adalah cicitnya.

Pada 1905, Raja Alfonso XIII dari Spanyol sedang mencari permaisuri yang cocok untuknya. Saat menjalani kunjungan negara ke Inggris, ia singgah di Istana Buckingham bersama Raja Edward VII. Di sana ia bertemu dengan Victoria yang merupakan keponakan Raja Edward VII. Alfonso menganggap Putri Victoria sebagai wanita yang menarik baginya. Namun, ada banyak halangan agar mereka dapat menikah. Victoria adalah seorang Protestan dan dia harus menjadi Katolik jika hendak menjadi istrinya. Selain itu, saudara laki-laki Victoria, Leopold adalah pengidap hemofilia, sehingga ada kemungkinan bahwa Victoria akan membawa dan menurunkan hemofilia pula. Akhirnya, Putri Maria Christina sebagai ibu Alfonso ingin ia menikah dengan anggota keluarganya dari Wangsa Habsburg-Lorraine atau putri beragama Katolik yang lain. Putri Maria Christina juga beranggapan pernikahan dengan anggota Wangsa Battenberg adalah pernikahan non-dinastik.

Victoria malah ingin mengubah keyakinannya, dan ia beranggapan bahwa status sebagai pengidap hemofilia adalah hanya kemungkinan belaka. Maria Christina lalu tergerak untuk meredam rasa keberatannya. Pada Januari 1906, ia menulis sebuah surat resmi kepada Putri Beatrice untuk melakukan penjodohan. Victoria bertemu Maria Christina dan Alfonso di Biarritz, Prancis, dan segera setelah itu Victoria menjadi Katolik di San Sebastián pada bulan Maret.

Sebuah foto yang diambil pada momen setelah adanya percobaan pembunuhan terhadap Raja Alfonso dan Ena pada hari pernikahan mereka.

Pada bulan Mei, para diplomat dari kedua kerajaan secara resmi menyetujui pernikahan keduanya. Alfonso dan Victoria menikah di Biara Kerajaan San Jerónimo di Madrid pada 31 Mei 1906, dihadiri oleh beberapa orang dari Kerajaan Inggris, seperti sepupu Victoria, Pangeran dan Putri Wales (kelak menjadi Raja George V dan Permaisuri Mary). Prosesi pernikahan ini diwarnai oleh insiden percobaan pembunuhan terhadap kedua mempelai oleh seorang anarkis Katalonia bernama Mateu Morral. Saat prosesi berlangsung, ia melempar bom lewat jendela. Kejadian ini membunuh beberapa orang dan melukai beberapa hadirin pada prosesi tersebut.[1]

Pada 10 Mei 1907, anak pertama pernikahan ini, Alfonso, Pangeran Asturias lahir. Namun, ternyata Victoria adalah benar-benar carrier hemofilia, sehingga Pangeran Alfonso juga merupakan penderita hemofilia. Ia mengalami pendarahan hebat segera setelah ia menjalani khitan.

Pasangan ini masih memiliki dua anak perempuan yang masih terus hidup dengan statusnya sebagai carrier hemofilia. Selain Pangeran Alfonso, anak laki-laki mereka yang lain, Gonzalo memiliki keadaan yang sama.

Leluhur[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Victoria Eugenie dari Battenberg
Lahir: 24 Oktober 1887 Wafat: 15 April 1969
Spanyol
Lowong
Terakhir dijabat oleh
Maria Christina
Permaisuri Raja Spanyol
31 Mei 1906 – 14 April 1931
Lowong
Selanjutnya dijabat oleh
Sofia Margarita