Cabak-raksasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cabak-raksasa
Rentang fosil: Middle Eocene to present
48–0 jtyl
Nyctibius grandis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Nyctibiiformes

Yuri et al., 2013[1]
Famili:
Nyctibiidae

Chenu & des Murs, 1853
Spesies tipe
Nyctibius grandis
Genus
Peta persebaran (merah)

Potoo (keluarga Nyctibiidae) atau cabak-raksasa (Reuzennachtzwaluwen) adalah sekelompok burung yang berkerabat dengan burung cabak dan Paruh-kodok. Burung ini sebelumnya termasuk dalam jenis burung cabak (ordo Caprimulgiformes), tetapi sekarang ditempatkan dalam ordo tersendiri yakni Nyctibiiformes. Ada tujuh spesies dalam dua genera di Amerika Tengah dan Selatan tropis. Bukti fosil menunjukkan bahwa mereka juga menghuni Eropa selama zaman Paleogen.

Cabak-raksasa merupakan burung insektivora nokturnal yang tidak memiliki bulu di sekitar mulut, yang biasa ditemukan di burung cabak. Mereka berburu dari tempat bertengger seperti burung Pentet ataupun burung dalam famili Muscicapidae. Pada siang hari mereka bertengger tegak di atas tunggul pohon, dan berkamuflase sehingga terlihat seperti bagian dari tunggul. Telurnya yang berbintik tunggal diletakkan langsung di atas tunggul.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Cabak-raksasa adalah burung yang sangat konservatif dalam penampilan, dengan semua spesies yang sangat mirip satu sama lain. Akun spesies dalam literatur ornitologi berkomentar tentang penampilan mereka yang tidak biasa.[2] Panjang cabak-raksasa berkisar antara 21–58 cm. Mereka menyerupai burung cabak yang duduk tegak. Mereka juga menyerupai burung paruh kodok di Australasia, yang lebih kekar dan memiliki paruh yang jauh lebih berat. Mereka memiliki kepala yang besar secara proporsional untuk ukuran tubuhnya, dan sayap serta ekor yang panjang. Kepala besarnya didominasi oleh paruh besar dan mata besar. Dalam perawatan keluarga di Handbook of the Birds of the World, Cohn-Haft menggambarkan cabak raksasa sebagai "kurang lebih dari mulut dan mata terbang".[2] Paruhnya meski besar dan lebar juga pendek, serta hampir tidak menonjol melewati wajah, memiliki "gigi" unik di ujung tajam mandibula atas yang dapat membantu mencari makan. Berbeda dengan cabak yang berkerabat dekat, cabak raksasa tidak memiliki bulu rictal di sekitar mulutnya. Kaki dan telapaknya lemah dan hanya digunakan untuk bertengger.

Matanya besar, bahkan lebih besar dari cabak. Seperti pada banyak spesies burung nokturnal, mereka memantulkan cahaya senter.[3] Mata mereka dapat mencolok bagi pemangsa potensial di siang hari, memiliki celah yang tidak biasa di kelopaknya,[4] yang memungkinkannya merasakan gerakan bahkan saat mata mereka tertutup. Bulu mereka samar, membantu mereka menyatu dengan cabang tempat mereka menghabiskan hari-hari mereka.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yuri, T.; Kimball, R.T.; Harshman, J.; Bowie, R.C.K.; Braun, M.J.; Chojnowski, J.L.; Han, K.-L.; Hackett, S.J.; Huddleston, C.J.; Moore, W.S.; Reddy, S.; Sheldon, F.H.; Steadman, D.W.; Witt, C.C.; Braun, E.L. (2013). "Parsimony and model-based analyses of indels in avian nuclear genes reveal congruent and incongruent phylogenetic signals". Biology. 2 (1): 419–444. doi:10.3390/biology2010419alt=Dapat diakses gratis. PMC 4009869alt=Dapat diakses gratis. PMID 24832669. 
  2. ^ a b Cohn-Haft, M (1999) "Family Nyctibiidae (Potoos)". in del Hoyo, J.; Elliot, A. & Sargatal, J. (eds). Handbook of the Birds of the World. Volume 5: Barn-Owls to Hummingbirds. Lynx Editions. pp. 288–297 ISBN 84-87334-25-3
  3. ^ Van Rossem, A (1927). "Eye shine in birds, with notes on the feeding habits of some goatsuckers" (PDF). The Condor. 29 (1): 25–28. doi:10.2307/1363006. JSTOR 1363006. 
  4. ^ Borrero, J (1974). "Notes on the structure of the upper eyelid of potoos (Nyctibius)" (PDF). The Condor. 76 (2): 210–211. doi:10.2307/1366732. JSTOR 1366732.