Burnaburiash I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Burna-Buriyåš I
Raja Babilon

Berkuasa skt. 1500 SM
Pendahulu ? Agum II
Pengganti Kaštiliašu atau Ulam Buriaš

Burna-Buriyåš I, Misalnya, tertulis Bur-na-Bu-ra-ri-ia-ash dalam nazar prasasti Ula-Burariaš atau dikembalikan sebagai m[Bur-na-B] [ur]–[x-(y)-áš] di tablet A. 117. yang berarti pelayan Tuan di negeri-negeri itu, merupakan orang Kass pertama yang benar-benar memerintah Babilonia, mungkin yang pertama kali menduduki kota Babilon pada sekitar 1500 SM, yang berpuncak pada satu abad perambahan yang merambat oleh suku Kass.[1] Ia adalah raja kesepuluh dinasti ini yang dicantumkan di Daftar Raja Sinkronistis Asyur.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada sekitar tahun 1500 SM, Burna-Buriyåš menyimpulkan sebuah perjanjian dengan Puzur-Aššur III dari Asyur, lalu seorang bawahan kecil ke Mitanni, mengambil sebuah sumpah (atau itmûma[2]) untuk menggambarkan perbatasan antara kerajaan mereka. Tawarikh Sinkronistis menempatkan episode ini setelah perjanjian antara Karaindaš dan raja Asyur Aššur-bêl-nišešu, namun tidak diketahui Puzur-Aššur setelah ia berada di salah satu salinan Daftar Raja Asyur yang menyebabkan Röllig menyimpulkan bahwa nanti juru tulis telah membingungkan Burna-Buriyåš dengan dengan yang senama, Burna-Buriaš II.[3] Daftar Raja Sinkronistis menamai satu Burna-Buriyåš sebagai penguasa Kass kesepuluh dan seorang kontemporer Išme-Dagan II, yang dipisahkan dari Puzur-Aššur III sebesar 42 tahun terakhir. Ini mungkin menunjukkan bahwa ada dua awal Burna-Buriyaš', yang kontemporer dengan Puzur-Aššur III dan yang kira-kira kontemporer dengan Išme-Dagan II, jika batu peringatan Asyur yang terlambat ini dianggap sebagai sumber terpercaya dalam hal ini. Namun, ada beberapa kebebasan yang signifikan dengan kronologi di tempat lain. Sebuah kerucut tanah liat fragmentaris atau silinder rupanya merekam hibah tanah, yang didapat dari penggalian di Nibru selama musim 1949-50, mungkin berasal dari masa pemerintahannya berdasarkan rekonstruksi namanya pada baris 5 dan paleografi runcingnya.[4] Jika benar diidentifikasi, itu akan membuat kudurru atau narû ša ḫaṣbi, "prasasti peringatan tanah liat", contoh tertua dari genre peringatan publik ini.[5]

Burna-Buriyåš mungkin telah digantikan oleh putranya Kaštiliašu III, tapi bukti-bukti yang mendukung kerajaan anak ini agak tidak penting. Ia juga ayahanda Ulam-Buriyåš, yang diperingati dengan beban onyx, berbentuk katak, dengan prasasti kuneiform, "1 shekel, Ulam Buriaš, putra Burna Buriaš," yang ditemukan dalam sebuah pemakaman besar, selama penggalian situs kota kuno Metsamor.[6] Putra inilah yang tampaknya berhasil menyerang Sealand, wilayah Mesopotamia Selatan yang identik dengan Sumeria, dan menjadikan dirinya "tuan tanah". Juga, serpentinit atau kepala gada diorit atau mungkin kenop pintu yang ditemukan di Babilon, diukir dengan prasasti nazar Ulaburariaš, putra Burna-Buriaš, "Raja Sealand".

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ A. Livingstone (2006). World and Its Peoples. Marshall Cavendish Corporation. hlm. 174. 
  2. ^ Noel Weeks (2004). Admonition and Curse: The Ancient Near Eastern Treaty/Covenant Form as a Problem in Inter-Cultural Relationships. T&T Clark Int'l. hlm. 33. 
  3. ^ A. K. Grayson (1975). "Chronicle 21". Assyrian and Babylonian chronicles. J. J. Augustin. hlm. 158. 
  4. ^ L. Sassmannshausen (1994). "Ein Ungewöhnliches mittelbabylonisches Urkundenfragment aus Nippur". Baghdader Mitteilungen: 447–457. 
  5. ^ J. A. Brinkman (2006). "Babylonian Royal Land Grants, Memorials of Financial Interest, and Invocation of the Divine". Journal of the Economic and Social History of the Orient. 49 (1): 25. doi:10.1163/156852006776207242. JSTOR 25165127. 
  6. ^ E. V. Khanzadian; G. Kh. Sarkisian; I. M. Diakonoff (Spring 1992). "Babylonian Weight from the Sixteenth Century b.c. with Cuneiform Inscription from the Metsamor Excavations". Anthropology & Archeology of Eurasia. 30 (4): 75–83. doi:10.2753/aae1061-1959300475. 

Catatan[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]