Suen-magir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sîn-māgir
Raja Isin
Berkuasaskt. 1763 – 1753 SM
PendahuluUr-dukuga
PenerusDamiq-ilišu

Sin-māgir, tertulis dEN.ZU-ma-gir, "Sin menjunjung tinggi,"[1] skt. 1763 – 1753 SM (kronologi pendek) atau skt. 1827 – 1817 SM (kronologi tengah) merupakan raja keempat belas Isin dan ia memerintah selama sebelas tahun.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pemerintahannya jatuh selama enam tahun terakhir Warad-Sin dan lima pertama dari Rim-Sin I,putra-putra Kudur-Mabuk dan berturut-turut raja Larsa, dan sepenuhnya di dalam pemerintahan Babilonia raja Apil-Sin. Saat ini terdapat enam prasasti kerajaan yang masih ada, termasuk prasasti istana dari batu bata, beberapa segelnya untuk pelayan-pelayan setianya, seperti Iddin-damu, "ketua pembina," dan Imgur-Sin, administrator, dan kerucut yang mencatat pembangunan gudang untuk dewi Aktuppītum dari Kiritab untuk menghormatinya yang ditugaskan oleh Nupṭuptum, pendeta lukur atau selir, "pendamping perjalanan tercinta, ibunda anak pertamanya yang lahir."[2]

Sebuah prasasti menandai pembangunan tembok pertahanan, yang disebut Dūr-Sin-māgir, "Sin-māgir membuat pondasi tanahnya tegas," di Dunnum, sebuah kota sebelah timur laut dari Nippur. Pengendalian Nibru sendiri mungkin beralih ke Larsa, di bawah pemerintahan Warad-Sin dan ayahandanya, Kudur-Mabuk, kekuatan di balik takhta, karena nama tahun keenamnya merayakan bahwa ia "(14 patung tembaga dibawa ke Nibru dan) 3 takhta dihiasi dengan emas, dibawa ke kuil Nanna, Ningal dan Utu." Larsa akan mempertahankan Nibru sampai tahun sembilan Rīm-Sin saat hilang ke Damiq-ilišu. Salah satu kerucut yang bertuliskan prasasti ini ditemukan di reruntuhan kuil Ninurta, é-ḫur-melorot-tí-la, di Babilon, dan diperkirakan merupakan benda kuno museum. Kota Dunnum, perayaan pondasi aslinya mungkin merupakan tujuan mitos Dinasti Dunnum,[3] diambil oleh Rim-Sin tahun sebelum ia menaklukkan Isin dan oleh karena itu diperkirakan bahwa kerucut itu diambil dari Larsa sebagai barang jarahan oleh Ḫammu-rapī.

Dua batu peringatan ditawarkan untuk penjualan pribadi, mencatat penjualan gudang dan kebun sawit, memberi nama tahun di tempat lain tanpa diimbangi, "tahun Sin-māgir sang raja menggali kanal Ninkarrak." Tahun lain-menandakan "(Sin-māgir) yang dibangun di tepi kanal Iturungal (wadi kuno) sebuah benteng besar (disebut) Sin-māgir-madana-dagal-dagal (Sin-māgir memperluas negaranya)." Sebuah provinsi di selatan dan sebuah kota di Babilonia timur dekat Tuplias keduanya disebut Bīt-Sin-māgir dan beberapa sejarahwan berspekulasi bahwa satu atau lainnya dinamai untuk menghormatinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Prasasti[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William McKane (2000). A Critical and Exegetical Commentary on Jeremiah, Vol. 2: Commentary on Jeremiah, XXVI-LII. T&T Clark Int'l. hlm. 974–975. 
  2. ^ Douglas Frayne (1990). Old Babylonian Period (2003-1595 B.C.): Early Periods, Volume 4. University of Toronto Press. hlm. 97–1. 
  3. ^ Ewa Wasilewska (2001). Creation stories of the Middle East. Jessica Kingsley Pub. hlm. 90. 

Referensi[sunting | sunting sumber]