Agum III

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Agum III
Berkuasaskt. 1470 SM
PendahuluKastiliasu III atau Ulamburiash
PenerusTidak diketahui
WangsaKass

Agum III[nb 1] adalah raja Babilonia, ke-XIV dari dinasti Kass menurut daftar kerajaan kota ini. Ia menggantikan ayahandanya Ulamburiash, pemerintahannya berada pada dekade pertama abad ke-XV SM.

Seperti pendahulunya, tidak banyak yang diketahui tentang dia. Sesuai dengan Tarikh Raja-raja kuno, sebuah kronik sejarah yang ditulis dengan baik setelah pemerintahannya, ia selanjutnya menaklukkan Babilonia selatan, Sealand, yang telah diserbu oleh ayahandanya. Dia kemudian diduga mengambil ibukotanya, Dur-Enlil, dan menghancurkan kuil besarnya, Egalgasheshna, yang didedikasikan untuk Enlil. Dengan demikian ia menyelesaikan penyatuan Babilonia dan meninggalkan fondasi yang kokoh bagi penerusnya,[1] yang melakukan pengorganisasian kembali wilayah selatan dan kota-kota besar mereka (Ur, Uruk, Nibru, dll.) yang mengalami masa-masa sulit sejak abad ke-XVII SM.

Agum III bahkan bisa melanjutkan ekspedisinya lebih jauh ke selatan, menuju negara Dilmun, pulau Bahrain saat ini. Di antara lima puluh atau lebih prasasti aksara paku dari periode Kass yang ditemukan di sana, satu sebenarnya berasal dari masa pemerintahan raja Babilonia bernama Agum, yang mungkin adalah yang ketiga dari nama tersebut. Ini kemudian akan menjadi bukti tertua dominasi Babilonia di pulau ini, yang berlangsung hingga sekitar 1300 SM., dan penaklukan Dilmun oleh Babel berasal dari zaman Agum III.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Inscribed mA-gu-um in the Chronicle of Early Kings.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D. T. Potts (April 2006). "Elamites and Kassites in the Persian Gulf". Journal of Near Eastern Studies. 65 (2): 111–119. doi:10.1086/504986.