Bruguiera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bruguiera
Bruguiera gymnorhiza flower2.jpg
Bruguiera gymnorrhiza
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malpighiales
Famili: Rhizophoraceae
Genus: Bruguiera
Lam.

Bruguiera adalah nama marga tetumbuhan yang termasuk ke dalam suku Rhizophoraceae. Ini adalah marga kecil yang beranggotakan enam spesies pepohonan mangrove di wilayah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik bagian barat; mulai dari pantai Afrika Timur dan Madagaskar, menyusuri pesisir India, Sri Lanka dan wilayah Asia Tenggara hingga ke Australia utara, Melanesia dan Polinesia. Beberapa jenisnya dikenal dengan nama-nama lokal seperti berus, kendeka, putut, tumu atau tongke.

Marga ini dicirikan oleh kelopak bunga yang memiliki 8-16 taju runcing memanjang, 16-32 benang sari, pelepasan serbuk sari secara eksplosif, dan buah yang berkecambah ketika masih di pohon (propagul). Nama marga ini diberikan untuk menghormati Jean Guillaume Bruguière (1750–1798), seorang penjelajah dan biologiwan bangsa Perancis[1].

Spesies dan agihan[2][sunting | sunting sumber]

Bentuk hibrida antara B. gymnorrhiza dan B. sexangula dikenal sebagai Bruguiera × rhynchopetala[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Bruguiera ‘orange mangroves’". Mangrove Watch Australia. University of Queensland. 2010. Diakses tanggal 2011-03-31. 
  2. ^ Noor, Y.R., M. Khazali, dan I.N.N. Suryadiputra. 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. PKA/Wetlands International – Indonesia Programe. Bogor. Hal. 78-89.
  3. ^ Allen, J.A. & N.C. Duke. 2006. Bruguiera gymnorrhiza (large-leafed mangrove). ver. 2.1. In: Elevitch, C.R. (ed.). Species Profiles for Pacific Island Agroforestry. Permanent Agriculture Resources (PAR), Hōlualoa, Hawai‘i

Pranala luar[sunting | sunting sumber]