Boku Dake ga Inai Machi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Boku Dake ga Inai Machi
Boku Dake ga Inai Machi vol1.jpg
Sampul manga volume pertama
僕だけがいない街
Genre Fantasi, Misteri, Thriller
Manga
Pengarang Kei Sanbe
Penerbit Kadokawa Shoten
Demografi Seinen
Majalah Young Ace
Tanggal terbit 4 Juni 20124 Maret 2016
Volume 8
Seri anime televisi
ERASED
Sutradara Tomohiko Itō
Produser Kenta Suzuki
Taku Matsuo
Penulis Taku Kishimoto
Penggubah Yuki Kajiura
Studio A-1 Pictures
Pelisensi
Madman Entertainment
Anime Limited
Aniplex of America
Jaringan Fuji TV (Noitamina)
Jaringan bahasa Inggris
Aniplus Asia
Tayang perdana 8 Januari 2016 25 Maret 2016
Episode 12
Portal Anime dan Manga

Boku Dake ga Inai Machi (僕だけがいない街, lit. Kota Dimana Hanya Aku yang Hilang), dikenal juga sebagai ERASED, adalah sebuah serial manga seinen Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kei Sanbe dan diserialisasi di majalah Young Ace sejak tahun 2012.[1][2] Volume pertama dirilis pada 26 Januari 2013.[3] Sebuah adaptasi anime oleh A-1 Pictures mulai tayang di Fuji TV blok Noitamina sejak 8 Januari hingga 25 Maret 2016. Sebuah serial novel spin-off oleh Hajime Ninomae dirilis di majalah Bungei Kadokawa sejak November 2015 hingga Maret 2016 dan sebuah manga spin-off oleh Sanbe memulai serialisasi di majalah Young Ace pada Juni 2016.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cerita ini mengikuti Satoru Fujinuma, seorang pemuda yang memiliki kemampuan untuk mengirim dirinya kembali ke waktu sebelum kejadian berbahaya terjadi sehingga memungkinkan dirinya untuk melakukan pencegahan. Saat ibunya dibunuh, kemampuan Satoru mengirim dirinya ke 18 tahun lalu, saat dia masih di sekolah dasar, memberinya kesempatan untuk mencegah penculikan berantai yang merenggut nyawa kedua teman sekelasnya dan seorang anak kecil dari sekolah lain.[4]

Karakter[sunting | sunting sumber]

Satoru Fujinuma (藤沼 悟, Fujinuma Satoru)
Pengisi suara: Shinnosuke Mitsushima (29 tahun), Tao Tsuchiya (10/11 tahun)
Satoru adalah seorang seniman manga berusia 29 tahun yang juga bekerja paruh waktu sebagai pengantar di Oasi Pizza. Dia memiliki kemampuan yang ia sebut "Revival", yang dapat membawa dirinya kembali ke waktu sebelum suatu kejadian yang mengancam nyawa akan terjadi dan mencegah kejadian tersebut Ketika ibunya dibunuh karena melihat seorang penculik berantai yang sedang beraksi, kemampuan "Revival" ini membawa dirinya kembali ke 18 tahun yang lalu. Saat ini adalah dimana penculik yang sama telah membunuh tiga teman sekelasnya. Satoru berhasil mencegah kematian tiga oran tersebut, satoru berada dalam keadaan koma selama 15 tahun setelah hampir tenggelam di danau yang membeku. Keadaan koma ini menyebabkan dirinya kehilangan sebagian ingatannya, terutama tentang identitas penculik dan pembunuh sebenarnya.
Airi Katagiri (片桐 愛梨, Katagiri Airi)
Pengisi suara: Chinatsu Akasaki
Airi adalah seorang siswi SMA dan rekan kerja Satoru di Oasi Pizza. Dia menjadi terlibat dengan Satoru setelah melihat keanehan saat Satoru mencoba menyelamatkan orang dari situasi berbahaya. Airi adalah salah satu dari sedikit orang yang percaya kepada Satoru saat ia dituduh menjadi pembunuh ibunya.
Kayo Hinazuki (雛月 加代, Hinazuki Kayo)
Pengisi suara: Aoi Yūki
Kayo adalah salah satu teman sekelas Satoru di sekolah dasar dan salah satu dari tiga korban asli dari kasus penculikan berantai pada 18 tahun yang lalu. Dia diselamatkan oleh Satoru yang berusaha meencegah penculik menggunakan kemampuan "Revival". Dengan membuat Kayo menjadi temannya dan tidak membiarkan dirinya menyendiri, Satoru membuat Kayo menjadi target yang sulit bagi penculik. Saat Satoru bangun dari koma, terungkap bahwa Kayo telah menikah dengan Hiromi dan memiliki seorang anak.
Sachiko Fujinuma (藤沼 佐知子, Fujinuma Sachiko)
Pengisi suara: Minami Takayama
Sachiko adalah ibu Satoru dan mantan pembawa berita. Dia memiliki mata yang tajam dan cepat mengamati keganjilan yang terjadi. Dia mengetahui tentang kasus penculikan berantai yang terjadi di kotanya, tetapi dia memutuskan untuk tetap diam dan mengabaikannya demi perkembangan dan keselamatan anaknya. Namun, setelah bertatap mata dengan pelaku, dia dibungkam dan dibunuh oleh sang penculik. Kejadian ini yanh memicu "Revival" Satoru ke masa 18 tahun yang lalu.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ditulis oleh Kei Sanbe, memulai serialisasi di majalah Young Ace pada tahun 2012. Manga ini akan berakhir pada 4 Maret 2016.[5]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi anime yang diproduksi oleh A-1 Pictures mulai tayang di Fuji TV blok Noitamina sejak 8 Januari 2016. Serial ini didireksi oleh Tomohiko Itō dan ditulis oleh Taku Kishimoto, dengan desain karakter oleh Keigo Sasaki. Lagu tema pembukanya adalah "Re:Re:" oleh Asian Kung-Fu Generation sementara lagu tema penutupnya berjudul "Sore wa Chiisana Hikari no Youna" (それは小さな光のような) oleh Sayuri.[6] Serial ini dilisensi di Australia oleh Madman Entertainment dan di Amerika Utara oleh Aniplex of America dengan judul ERASED.[7][8][9]

Film aksi langsung[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi film aksi langsung dari Boku Dake ga Inai Machi menampilkan Tatsuya Fujiwara sebagai Satoru Fujinuma akan tayang perdana di bioskop seluruh Jepang pada 19 Maret 2016. Lagu tema pembukanya adalah "Hear ~Shinjiaeta Akashi~" oleh Chise Kanna.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Boku Dake ga Inai Machi vo". manga-news.com (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 16 November 2014. 
  2. ^ "Erased". manga-news.com (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 16 November 2014. 
  3. ^ "Boku Dake ga Inai Machi jp Vol.1". manga-news.com (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 16 November 2014. 
  4. ^ "ERASED". Anime News Network. 8 Januari 2016. Diakses tanggal 14 Februari 2016. 
  5. ^ "Boku dake ga Inai Machi/ERASED Manga Ends in March". Anime News Network. 2 Februari 2016. Diakses tanggal 2 Februari 2016. 
  6. ^ "Asian Kung-Fu Generation, Sayuri Perform ERASED/Boku Dake ga Inai Machi Anime's Songs". Anime News Network. 2015-12-10. Diakses tanggal 2016-01-29. 
  7. ^ McCallum, Jessica (2015-12-15). "AnimeLab Simulcast Line-Up For Winter 2016". AnimeLab. Diakses tanggal 2016-01-30. 
  8. ^ "Aniplex of America Acquires ERASED/Boku Dake ga Inai Machi Anime". Anime News Network. 2015-12-09. Diakses tanggal 2016-01-29. 
  9. ^ "Anime Limited Acquires ERASED". Anime News Network. 2016-01-29. Diakses tanggal 2016-01-29. 
  10. ^ "Boku Dake ga Inai Machi: Official Movie Site". warnerbros.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2016-01-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]