Lompat ke isi

Mentigi biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Blueberry)
Mentigi biru
Vaccinium corymbosum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Klad: Tracheophyta
Klad: Angiospermae
Klad: Eudikotil
Klad: Asterid
Ordo:
Famili:
Genus:
Section:
Cyanococcus

Bluberi , mentigi biru atau odang biru[1] adalah tanaman berbunga dalam genus Vaccinium, bagian Cyanococcus. Spesies ini tumbuh di Amerika Utara.[2] Berupa semak yang ukurannya mulai 10 cm hingga 4 m; spesies terkecil dikenal sebagai "Odang biru semak rendah" (sama dengan "liar"), dan spesies terbesar adalah "odang biru semak tinggi". Daunnya berganti atau hijau sepanjang tahun, bentuknya dapat menyirip ataupun meramping, dan mulai 1–8 cm panjangnya dan lebar 0.5-3.5 cm. Bunganya berbentuk bel, putih, merah atau merah muda pucat, kadang-kadang kehijau-hijauan.

Asal[sunting | sunting sumber]

Semua spesies yang nama umum Inggris-nya meliputi "blueberry" dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan mentigi biru, terutama odang biru Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti "blueberry" dalam bahasa Inggris.

Meskipun mentigi biru adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan,[3] dan dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies berbuah biru Vaccinium:

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Lima spesies mentigi tumbuh liar di Kanada, termasuk Vaccinium myrtilloides , Vaccinium angustifolium dan Vaccinium corymbosum , yang tumbuh di lantai hutan atau dekat rawa . Mentifi biru liar (semak rendah) tidak ditanam oleh petani, melainkan dikelola di ladang beri yang disebut "barrens".

Mentigi biru liar berkembang biak melalui penyerbukan silang , dengan setiap biji menghasilkan tanaman dengan komposisi genetik yang berbeda, sehingga menyebabkan perbedaan dalam spesies yang sama dalam hal pertumbuhan, produktivitas, warna, ciri daun, ketahanan terhadap penyakit, rasa, dan ciri buah lainnya. Tanaman induk mengembangkan batang bawah tanah yang disebut rimpang , sehingga tanaman dapat membentuk jaringan rimpang sehingga menghasilkan petak besar (disebut klon ) yang berbeda secara genetik. Kuncup bunga dan daun berkembang sebentar-sebentar di sepanjang batang tanaman, dengan masing-masing kuncup bunga menghasilkan 5–6 bunga dan akhirnya berbuah. Mentigi liar lebih menyukai tanah asam dengan pH antara 4,2 dan 5,2 dan kelembapan dalam jumlah sedang

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]