Bleach (musim 7)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bleach
Musim 7
BleachDVDHuecoMundoArc.jpg
Negara asalJepang
Jumlah episode20
Rilis
Saluran asliTV Tokyo
Tanggal tayang04 Juli (2007-07-04) –
05 Desember 2007 (2007-12-05)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 6
Selanjutnya →
Musim 8
Daftar episode Bleach

Musim ketujuh dari serial anime Bleach bernama Arrancar: The Hueco Mundo Sneak Entry arc (破面・虚圏 潜入篇, Arankaru Weko Mundo Sennyū Hen). Dalam adaptasi Inggris dari anime tersebut yang dirilis oleh Viz Media, judul dari musim tersebut diterjemahkan menjadi The Hueco Mundo.[1] Episode-episodenya disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot.[2] Dua puluh episode yang tampil dalam musim tersebut berdasarkan pada serial manga Bleach karya Tite Kubo. Musim tersebut mengisahkan perjalanan Ichigo Kurosaki ke Hueco Mundo untuk menyelamatkan Orihime Inoue, yang diculik oleh arrancar di bawah komando bekas kapten shinigami Sōsuke Aizen. Meskipun episode-episode yang berfokus pada karakter Ashido Kanō tak tampil dalam manga tersebut karena masalah waktu, Kubo masih membantu staf anime untuk menampilkannya dalam anime tersebut.[3]

Musim tersebut disiarkan dari Juli sampai Desember 2007.[4][5] Adaptasi Inggris dari anime Bleach dilinsensikan oleh Viz Media,[6] dan musim tersebut mulai disiarkan pada 11 Juli 2009 dan berakhir pada 26 September 2009 di Adult Swim di Amerika Serikat.[7][8] Lima kompilasi DVD, masing-masing berisi empat episode dari musim tersebut, dirilis oleh Aniplex antara 19 Desember 2007 dan 23 April 2008 di Jepang.[9][10] Meskipun Viz Media merilis sebuah volume DVD tunggal pada 21 September 2010 menampilkan episode-episode pertama dari musim tersebut,[1] seluruh musim tersebut baru dirilis dalam DVD-DVD lainnya. Episode 132 dan 133 juga dirilis dalam kemasan DVD berbahasa Inggris ketujuh dari Viz pada 21 Desember 2010.[11] Episode 134–145 dirilis pada 22 Maret 2011 sebagai kompilasi kedelapan Viz sementara episode-episode lainnya dirilis pada 21 Juni 2011.[12][13] Manga Entertainment merilis volume pertama dari musim tersebut pada 26 September 2011, sementara yang kedua pada 17 Oktober 2011.[14][15] Kumpulan dua volume tersebut dirilis pada 12 Desember 2011.[16]

Episode-episode tersebut memakai empat karya musik tema: dua lagu pembuka dan dua lagu penutup. Lagu-lagu pembukanya adalah "Alones" karya Aqua Timez, yang dipakai untuk dua belas episode pertama,[17] dan "After Dark" karya Asian Kung-Fu Generation, dipakai untuk episode-episode lainnya.[18] Lagu-lagu penutupnya adalah "Daidai" (, artinya "Jeruk Pahit") karya Chatmonchy, yang dipakai untuk episode-episode 132 sampai 143,[17] dan "Tane o Maku Hibi" (種をまく日々, artinya Hari-hari Menabur Benih) karya penyanyi J-pop Kousuke Atari, yang dipakai untuk episode-episode lainnya.[18] Untuk mempromosikan film fitur Bleach kedua, Bleach: The DiamondDust Rebellion, cuplikan pembuka dan penutup untuk episode 151 memakai cuplikan dari film tersebut, yang dirilis pada 22 Desember 2007.[19]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulTanggal tayang asliTanggal tayang sulih suara bahasa Inggris
132"Hitsugaya, Karin, and Soccer Ball"
Transkripsi: "Hitsugaya to Karin to Sakkā Bōru" (Jepang: 日番谷と夏梨とサッカーボール)
4 Juli 200711 Juli 2009
Karin Kurosaki bertemu Tōshirō Hitsugaya saat ia bermain sepak bola di jalan raya. Karin menemukan bahwa para kakak kelas memakai lapangan sepak bola untuk praktik saat slot waktu yang telah dibukukan timnya. Setelah konfrontasi, kedua tim tersebut memutuskan untuk melakukan pertandingan sepak bola untuk merebut kontrol atas lapangan tersebut. Karin meminta Hitsugaya untuk bergabung, namun ia menolak. Namun, ia menyatakan bahwa ia dapat melihat para hollow dan masuk pertandingan tersebut. Dalam pertandingan tersebut, Karin mengalami cedera, membuat Hitsugaya masuk pertandingan tersebut untuk menolongnya. Setelah pertandingan tersebut berakhir, sebuah hollow memasuki kawasan tersebut, dan Hitsugaya dengan mudah mengalahkannya, Mengetahui bahwa Hitsugaya adalah seorang shinigami, Karin menanyai Hitsugaya tentang saudaranya, Ichigo Kurosaki, dan Hitsugaya memberitahukannya lokasi Ichigo.
133"Ikkaku: The Hot-Blooded Kendo Tale"
Transkripsi: "Ikkaku, Nekketsu Kendō Monogatari" (Jepang: 一角、熱血剣道物語)
11 Juli 200718 Juli 2009
Saudari Keigo Asano, Mizuho membujuk Ikkaku Madarame untuk membantu melatih sekelompok murid kendo di sekolahnya. Pelatihan brutal Ikkaku menyebabkan sebagian besar tim tersebut keluar, kecuali seorang bocah bernama Shinji, yang ingin menjadi lebih kuat. Untuk merekrut anggota tim lainnya, Ikkaku membujuk para shinigami sejawatnya Hitsugaya dan Renji Abarai untuk ikut serta dalam turnamen kendo. Para shinigami dengan mudah mengalahkan para lawan mereka. Namun, sebuah hollow yang nyaris tampak, memaksa mereka hengkang dalam rangka melawannya. Shinji melawan lawan terakhir dalam turnamen tersebut, dan memutuskan untuk mengalahkannya saat Ikkaku membunuh hollow tersebut. Ikkaku, yang tak senang karena telah kehilangan kesempatan untuk bertarung, memutuskan untuk menyerang seluruh tim lawannya sendiri.
134"The Beautiful Patissier, Yumichika!"
Transkripsi: "Utsukushiki Patishie, Yumichika!" (Jepang: 美しきパティシエ、弓親!)
18 Juli 200718 Juli 2009
Shinigami divisi kedua belas Rin Tsubokura dikirim ke Kota Karakura untuk melakukan riset, dan Hanatarō Yamada menemaninya. Yumichika Ayasegawa, salah satu shinigami yang berbasis di dunia nyata, bertugas sebagai pemandu mereka. Saat Rin mencari manisan untuk dijual, mereka mendorong hantu seorang chef yang ingin tiga shinigami tersebut memanggang kue untuk ibunya. Namun, setelah memberikan kue, ibu chef tersebut enggan memakannya karena mengenang lagi putranya, menyebabkan chef tersebut mulai bertransformasi menjadi hollow. Didorong oleh transformasi chef tersebut, sesosok Menos Grande darang, dan Hanatarō dapat menghentikan transformasi chef tersebut dan mengalahkan Menos Grande dengan shikai dari zanpakutō-nya. Memakai sebuah perangkat, Rin membuat chef tersebut terlihat kepada ibunya, dan ia mendorongnya untuk memakan kue tersebut.
135"Kon is Deceived! Rangiku on the Lookout..."
Transkripsi: "Hakarareta, Kon! Rangiku wa Mite Ita..." (Jepang: はかられたコン!乱菊は見ていた…)
25 Juli 200725 Juli 2009
Setelah melawan Rangiku Matsumoto, Kon menyelamatkan seorang gadis bernama Miyuki dari tenggelam. Namun, dalam prosesnya, Kon dihadang Shintarō, hewan yang mendiami gadis tersebut. Kon berniat untuk berbicara kepada Miyuki, yang meminta agar Kon bermain dengannya, karena ia tak memiliki teman di luar rumahnya. Kon membujuknya untuk mengirimnya ke rumah lamanya, dimana Kon menyadari bahwa "Shintarō" adalah nama anjing lamanya dan sesosok hollow anjing berkepala dua menyerang mereka. Rangiku membunuh hollow tersebut, yang bangkit menjadi roh Shintarō bersama dengan roh Doberman Pinscher yang berpadu dengannya untuk membuat sesosok hollow. Setelah itu, Kon menyatakan bahwa Miyuki berhenti mengikutinya dan menjalin pertemanannya sendiri.
136"Civil War in Hueco Mundo! Ulquiorra's Death"
Transkripsi: "Weko Mundo Nairan! Urukiora no Shi" (Jepang: ウェコムンド内乱!ウルキオラの死)
8 Agustus 200725 Juli 2009
Di Hueco Mundo, sesosok arrancar bernama Patros dan dua bawahannya mencuri Orb of Distortion, dan membunuh Espada Ulquiorra Schiffer dalam prosesnya. Tak berniat untuk melanjutkan perintah dari bekas Shinigami Sōsuke Aizen, Patros berharap untuk memakai Orb of Distortion untuk mengambil kontrol Las Noches. Pada akhirnya, ia menuju ke toko Kisuke Urahara, karena ia menganggap seseorang di toko tersebut mengetahui cara memakai orb. Patros mulai melawan Renji, yang singgah di toko Urahara. Sementara itu, para shinigami lain melawan para bawahan Patros. Saat kedua belah pihak bertarung, Ulquiorra muncul di dunia nyata dengan tanpa tanda-tanda dari luka sebelumnya.
137"The Malicious Battle, Aizen's Trap"
Transkripsi: "Akui no Tatakai, Aizen no Wana" (Jepang: 悪意の戦い、藍染の罠)
15 Agustus 20071 Agustus 2009
Di Hueco Mundo, Ulquiorra menghadapi ajalnya dan Orb of Distortion jatuh ke tangan Aizen, yang memakainya sebagai zanpakutō-nya. Di dunia nyata, para bawahan Patros kalah, dan Renji memakai bankai-nya, memaksa Patros untuk membebaskan zanpakutō-nya. Patros mulai melampaui Renji dan membongkar rahasia serangan-serangannya kepada roh termodifikasi Lirin. Lirin, Kurōdo dan Noba mencegah Patros dari memakai serangan-serangannya, dan Renji mengalahkannya. Sementara itu, Ulquiorra mengirim sebuah laporan kepada Aizen, menyatakan bahwa Orihime Inoue sekarang tak berada di dunia nyata.
138"Hueco Mundo moves again! Hitsugaya vs. Yammy"
Transkripsi: "Hueco Mundo Saidō! Hitsugaya VS Yammy" (Jepang: ウェコムンド再動!日番谷VSヤミー)
29 Agustus 20071 Agustus 2009
Di Hueco Mundo, Aizen menciptakan arrancar Wonderweiss Margera dengan Orb of Distortion, dan Aizen menugaskan Ulquiorra untuk mengumpulkan para arrancar untuk sebuah misi. Sementara itu, pelatihan Ichigo dengan para Vizard membolehkannya untuk memakai hollow mask-nya untuk sebelas musim. Di Soul Society, para shinigami Jūshirō Ukitake dan Shūhei Hisagi mengamati Orihime dan Rukia Kuchiki, yang berlatih untuk perang musim dingin dengan Aizen. Di dunia nyata, Yumichika dan Rangiku berlatih dalam upaya meraih bankai saat para arrancar Luppi Antenor, Grimmjow Jaegerjaquez, Yammy Riyalgo dan Wonderweiss menyerang. Ichigo melawan Grimmjow dan memakai bankai-nya. Di ruang pelatihan dari toko Urahara, Urahara bersiap untuk pergi untuk ikut pertarungan.
139"Ichigo vs. Grimmjow, the 11-second battle!"
Transkripsi: "Ichigo VS Gurimujō, Jū-ichi Byō no tatakai!" (Jepang: 一護VSグリムジョー、11秒の戦い)
5 September 20078 Agustus 2009
Ichigo memakai hollow mask-nya, dan mengalahkan Grimmjow dengan kekuatannya. Namun, Ichigo tak dapat mengalahkan Grimmjow dalam batas sebelas-keduanya, dan Grimmjow membalikkan keadaan. Sementara itu, Hitsugaya bertarung melawan Yammy, dan Luppi menuntut agar Yammy menarik diri sehingga ia dapat melawan seluruh shinigami yang ada. Luppi mengeluarkan zanpakutō-nya, memunculkan delapan tentakel dari punggungnya, dan setelah menekan Hitsugaya ke tanah, menangkapi seluruh shinigami. Sebelum ia dapat menyerang Rangiku, Urahara datang, memotong salah satu tentakelnya, dan mulai melawan Yammy. Di Soul Society, saat Orihime menuju ke dunia nyata, Ulquiorra menyerangnya. Ia melukai para penjaga shinigami-nya dan menuntut agar ia meninggalkannya atau ia akan membunuh semua temannya.
140"Ulquiorra's Scheme, the Moment when the Sun Sets!"
Transkripsi: "Sakubō no Urukiora, Taiyō ga Shizumu Toki" (Jepang: 策謀のウルキオラ、太陽が沈む時)
12 September 20078 Agustus 2009
Saat pertarungan dengan Luppi berlanjut, Hitsugaya memakai sebuah serangan dengan bankai-nya dan mengalahkan Luppi. Sementara itu, Urahara menghadapi serangan Yammy memakai salah satu penemuannya, dan kemudian meredam semuanya. Grimmjow nyaris membunuh Ichigo, namun diselamatkan oleh Rukia. Ia nyaris terbunuh, namun Shinji Hirako menyelamatkannya. Grimmjow mulai melawan Hirako, dan setelah Hirako memakai hollow mask-nya, ia mengalahkan Grimmjow. Saat Grimmjow bersiap untuk mengeluarkan zanpakutō-nya, Ulquiorra menghentikannya dan memerintahkan seluruh arrancar untuk kembali ke Hueco Mundo, saat Orihime sepakat untuk menemaninya.
141"Goodbye..., Kurosaki!"
Transkripsi: "Sayonara..., Kurosaki-kun!" (Jepang: さようなら…、黒崎くん)
19 September 200715 Agustus 2009
Ulquiorra memberikan dua belas jam kepada Orihime untuk berkata selamat tinggal kepada satu orang, dan menyediakannya dengan sebuah bracelet yang membuatnya tak terlihat. Orihime datang ke Kota Karakura, menyaksikan para temannya dari kejauhan. Ian kemudian mengunjungi Ichigo, yang pulih dari luka-luka yang didapat dari serangan Grimmjow. Ia menyatakan cintanya kepada Ichigo yang sedang tidur. Ia nyaris menciumnya namun tak dapat membuat dirinya sendiri melakukannya. Sebelum meninggalkan dunia nyata, ia menulis sebuah kalimat dalam sebuah buku catatan, "Selamat tinggal, hari-hari yang tenang".
142"Strict Order! The Forbidden Rescue of Orihime Inoue"
Transkripsi: "Genmei! Inoue Orihime no Kyushūtsu o Kinzu" (Jepang: 厳命!井上織姫ノ救出ヲ禁ズ)
26 September 200715 Agustus 2009
Tatsuki menemukan bahwa Orihime hilang setelah diserang oleh para arrancar. Karena ia memiliki waktu untuk menyembuhkan Ichigo sebelum pergi, kapten Genryūsai Shigekuni Yamamoto menganggap bahwa ia adalah pengkhianat yang meninggalkan sumpahnya sendiri, dan menolak upaya apapun untuk menyelamatkannya. Sementara itu, Tatsuki Arisawa menanyai Ichigo terkait kehilangan Orihime, dan Ichigo menyatakan kepadanya bahwa tak ada yang menyorotinya. Tak ingin meninggalkan Orihime, Ichigo meminta bantuan kepada Urahara, dan bergabung dengan Uryū Ishida dan Yasutora "Chad" Sado.
143"Grimmjow Revived"
Transkripsi: "Fukkatsu no Gurimujō" (Jepang: 復活のグリムジョー)
3 Oktober 200722 Agustus 2009
Setelah mendatangi Aizen, Orihime diminta untuk mendemonstrasikan kekuatannya dengan merestorasi lengan Grimmjow. Setelah melakukannya, Grimmjow memintanya untuk merestorasi tatonya. Setelah itu, ia membunuh Luppi untuk meraih lagi pangkatnya di kalangan Espada. Meskipun ia khawatir bahwa aksinya hanya akan menyebabkan pertarungan lain, Orihime memuytuskan untuk membuat dirinya sendiri berguna sampai Soul Society bersiap untuk perang mendatang. Sementara itu, Ichigo, Uryū dan Chad memasuki Hueco Mundo dengan bantuan Urahara. Di dunia nyata, Isshin Kurosaki bertemu dengan Ryūken Ishida di kamar pelatihan di bawah rumah sakit, dimana mereka membahas cara mereka membesarkan putra mereka masing-masing.
144"Ishida and Chad, The Quickening of a New Power"
Transkripsi: "Ishida, Chado, Atarashiki Chikara To taidō" (Jepang: 石田・チャド、新しき力の胎動)
17 Oktober 200722 Agustus 2009
Setelah datang ke Hueco Mundo, Ichigo, Uryū dan Chad memasuki balai berstruktur tak diketahui. Setelah melewati beberapa jebakan, mereka disambut oleh Demōra dan Iceringer, dua arrancar di bawah komando Aizen. Uryū dan Chad berniat agar Ichigo menyaksikan mereka bertarung, dan mereka mengalahkan para arrancar tersebut, menunjukkan kemampuan baru mereka dalam proses tersebut.
145"The Espada Gather! Aizen's Royal Assembly"
Transkripsi: "Esupāda Shūketsu! Aizen no Gozen Kaigi" (Jepang: エスパーダ集結!藍染の御前会議)
24 Oktober 200729 Agustus 2009
Dengan kekalahan dua arrancar tersebut, kamar tersebut runtuh, memaksa Ichigo, Uryū dan Chad untuk berlari ke luar. Setelah melihat Las Noches, mereka mulai bergerak menuju ke arahnya, dihadapkan dengan berbagai rintangan alam di gurun. Sementara itu, Aizen bertemu para Espada untuk memberitahukan mereka tentang gangguan tersebut, menekankan bahwa para pengganggu tersebut tidaklah di bawah perkiraan, namun tak dianggap ancaman langsung. Di gurun, Ichigo, Uryū dan Chad menghadapi tiga hollow yang mengejar seorang bocah manusia, dan memutuskan untuk menolong anak tersebut.
146"The Name's Nel! The Appearance of a Strange Arrancar"
Transkripsi: "Sono Na wa Neru! Fushigi na Arankaru Tōjō" (Jepang: その名はネル!不思議なアランカル登場)
31 Oktober 200729 Agustus 2009
Ichigo menyadari bahwa bocah manusia tersebut adalah sesosok arrancar bernama Nelliel Tu Oderschvanck. Tiga hollow tersebut adalah saudara-saudaranya Pesche Guatiche dan Dondochakka Bilstin, dan hewan peliharaan mereka Bawabawa. Setelah itu, sesosok hollow bernama Lunuganga menyerang mereka, dan mereka tak dapat menyerangnya karena tubuhnya terbuat dari pasir. Mereka diselamatkan oleh Renji dan Rukia, yang membekukan Lunuganga dengan shikai-nya. Nel membawa mereka semua ke Las Noches. Sebelum mereka dapat mencapai Las Noches, Lunuganga kembali bangkit dari pasir.
147"Forest of Menos! Search for the Missing Rukia"
Transkripsi: "Menosu no Mori! Kieta Rukia o Sakase" (Jepang: メノスの森!消えたルキアを探せ)
7 November 200712 September 2009
Lunuganga menenggelamkan mereka ke pasir, dan Rukia terpisah dari mereka. Nel menjelaskan bahwa mereka berada di Hutan Menos, dimana sebagian besar hollow bermukim. Saat mereka mulai bertarung dengan para hollow di sekitar mereka, Rukia berniat untuk mmenyerang para hollow yang menyerangnya. Ia diselamatkan oleh shinigami Ashido Kanō, yang menyerangnya setelah menangkis seluruh hollow. Sementara itu, Nel, Pesche dan Dondochakka diculik oleh sesosok hollow pada sebuah serangan.
148"Ashido, The Soul Reaper Who Came from the Past"
Transkripsi: "Ashido, Kako kara Kita Shinigami" (Jepang: アシド、過去から来た死神)
14 November 200712 September 2009
Ashido menyadari bahwa serangannya adalah uji coba kekuatannya, dan ia memutuskan untuk mengambil lagi teman-temannya. Di sepanjang jalan, ia mengisahkan masa lalunya kepada Rukia, menjelaskan bahwa ia adalah bagian dari sebuah unit yang memburu para hollow yang datang ke Hueco Mundo. Mereka diserang oleh para Adjucha. Sementara itu, Nel dan para temannya dihadang oleh para Adjucha lainnya, dan Ichigo, Uryū, Chad dan Renji mencari letak mereka. Rukia dan Ashido dengan mudah menghancurkan para Adjucha mpertama, dan para adjucha lainnya menyiapkan sebuah serangan, dimana Ashido diserang saat berniat melindungi Rukia.
149"Through the Crumbling Forest, a Million Menos"
Transkripsi: "Kuzureiku Mori, Hyakuman no Menosu" (Jepang: 崩れ行く森、百万のメノス)
21 November 200719 September 2009
Topeng Ashido menangkis serangan para Adjucha tersebut, dan Rukia membunuh para Adjucha tersebut. Sementara itu, Ichigo dan lainnya menemukan Nel dan disergap. Namun, mereka mengalahkan semua hollow yang hadir. Di tempat lain, Rukia dan Ashido mengalahkan para Adjucha lainnya, dan semuanya kemudian kembali berkumpul. Saat Ashido berniat untuk membawa mereka ke luar hutan, sebuah serangan dari salah satu Adjucha yang masih tersisa meruntuhkan wilayah tersebut. Ashido pergi untuk melawan para Adjucha tersebut saat yang lainnya kembali ke permukaan. Saat ia hengkang, Rukia berjanji untuk kembali kepadanya. Di Las Noches, Ulquiorra memberitahu Orihime bahwa para temannya membutuhkan penyelamatan.
150"Oath! Back Here Alive Again"
Transkripsi: "Chikai! Futatabi Ikite Kono Basho e" (Jepang: 誓い!再び生きてこの場所へ)
28 November 200719 September 2009
Setelah memasuki Las Noches dan menemukan diri sendiri di sebuah garpu lima gigi, kelompok Ichigo terpecah dan masing-masing mengambil satu wadah. Saat Nel mengikuti Ichigo, Pesche dan Dondochakka melupakan pengarahan yang ia ambil dan berjalan ke wadah berbeda. Sementara itu, Ulquiorra menyatakan bahwa Orihime memberikan sumpah kesetiaannya kepada Aizen. Setelah itu, ia menjelaskan kepada Espada Nnoitra Gilga tentang jebakan-jebakan psikologi yang dibuat oleh Aizen agar Orihime tak dapat memberontak. Namun Orihime dapat menyelesaikannya dengan menghancurkan Orb of Distortion dengan melenyapkan keberadaannya, sebuah tindakan yang akan merusak seluruh rencana Aizen.
151"The Raging Storm! Encounter with the Dancing Arrancar"
Transkripsi: "Fukiareru Bōfū! Odoru Arankaru to no Sōgū" (Jepang: 吹き荒れる暴風!踊るアランカルとの遭遇)
5 Desember 200726 September 2009
Ichigo dan Nel melawan Privaron Espada Dordonii Alessandro Del Socacchio, dan Ichigo mulai menyerangnya. Uryū dan Chad masing-masing melawan sesosok arrancar, dan mantan kapten shinigami Gin Ichimaru dan Kaname Tōsen mengamati pertarungan tersebut melalui sistem surveillance di Las Noches. Meskipun Ichigo dan Dordonii dapat memberikan serangan, Dordonii melampaui mereka dengan mengeluarkan zanpakutō-nya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum
Spesifik
  1. ^ a b "Amazon.com: Bleach, Vol. 32: Bleach: Movies & TV". Amazon.com. Diakses tanggal 2010-12-05. 
  2. ^ "ぴえろ BLEACH =ブリーチ=" (dalam bahasa Japanese). Studio Pierrot. Diakses tanggal 2009-04-07. 
  3. ^ Kubo, Tite (December 1, 2009). Bleach, Volume 30. Viz Media. hlm. 196. ISBN 978-1-4215-2387-3. 
  4. ^ "List of Bleach episode titles (132-143)" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-14. Diakses tanggal 2008-10-14. 
  5. ^ "List of Bleach episode titles (144-154)" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-01. Diakses tanggal 2008-10-14. 
  6. ^ "Viz Officially Announces Bleach Anime". Anime News Network. 2006-03-15. Diakses tanggal 2009-04-13. 
  7. ^ "Bleach (English Dubbed) Season 7, Ep. 1 "Bleach 122"". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-02-18. 
  8. ^ "Bleach (English Dubbed) Season 9, Ep. 1 "Bleach 146"". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-02-18. 
  9. ^ "BLEACH 破面(アランカル)・虚圏(ウェコムンド)潜入篇 1" (dalam bahasa Japanese). Amazon.com. Diakses tanggal 2008-09-30. 
  10. ^ "BLEACH 破面(アランカル)・虚圏(ウェコムンド)潜入篇 5" (dalam bahasa Japanese). Amazon.com. Diakses tanggal 2008-09-30. 
  11. ^ "Bleach Uncut Box Set 7". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-10-04. 
  12. ^ "Bleach Uncut Box Set 8". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-10-04. 
  13. ^ "Bleach Uncut Box Set 9". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-10-04. 
  14. ^ "Bleach Series 7 Part 1". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-10-04. 
  15. ^ "Bleach Series 7 Part 2". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-10-04. 
  16. ^ "Bleach - Complete Series 7 DVD". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-10-04. 
  17. ^ a b "BLEACH~ブリーチ" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-11. Diakses tanggal 2009-04-13. 
  18. ^ a b "BLEACH~ブリーチ" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-26. Diakses tanggal 2009-04-13. 
  19. ^ "劇場版 「BLEACH ブリーチ」 The DiamondDust Rebellion もう一つの氷輪丸 -公式サイト" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diakses tanggal 2009-04-13.