Bleach (musim 1)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bleach
Musim 1
Bleach 01 - The Substitute.jpg
Gambar sampul volume pertama versi DVD
Negara asalJepang
Jumlah episode20
Rilis
Saluran asliTV Tokyo
Tanggal tayang05 Oktober 2004 (2004-10-05) –
22 Februari 2005 (2005-02-22)
Kronologi Musim
Selanjutnya →
Musim 2
Daftar episode Bleach

Agent of the Shinigami arc (死神代行篇, Shinigami Daikō Hen) adalah musim pertama dari serial anime Bleach. Episode-episode tersebut disutradarai oleh Noriyuki Abe, dan diproduksi oleh TV Tokyo, Dentsu dan Studio Pierrot.[1] Dalam perilisan berbahasa Inggris oleh Viz Media, judulnya diterjemahkan menjadi The Substitute.[2] Episode-episode tersebut berdasarkan pada serial manga Bleach buatan Tite Kubo, yang meliputi dua puluh episode. Alur episode-episode tersebut mengisahkan petualangan Ichigo Kurosaki setelah menjadi seorang shinigami dan memegang tugas-tugas shinigami Rukia Kuchiki.

Musim tersebut awalnya disiarkan dari Oktober 2004 sampai Februari 2005 di Jepang pada saluran TV Tokyo. Penayangan berbahasa Inggris pertama dari serial tersebut adalah dari September 2006 sampai Januari 2007. Serial tersebut ditayangkan di blok pemprograman Bionix di saluran YTV di Kanada dan Adult Swim di Amerika Serikat,[3] dengan Bionix menayangkan acara tersebut sehari setelahnya. Serial tersebut mulai tayang di Inggris pada September 2007 di saluran AnimeCentral.[4]

Episode-episode tersebut memakai tiga karya musik tema: satu lagu pembuka dan dua lagu penutup. Lagu pembukanya adalah singel Orange Range "Asterisk".[5] Lagu penutupnya untuk tiga belas episode pertama adalah "Life is Like a Boat" karya Rie Fu,[5] sementara tujuh episode berikutnya memakai lagu "Thank You!!" karya Home Made Kazoku.[6]

Musim tersebut dirilis pada lima kompilasi DVD, yang masing-masing terdiri dari empat episode dari acara tersebut. Mereka dirilis di Jepang dari 2 Februari 2005 sampai 1 Juni 2005.[7] Perilisan DVD oleh Viz Media dilakukan dari 5 November 2007 sampai 31 Juli 2007.[2][8] Kompilasi pertamanya, dengan sampul yang menampilkan karakter utama serial tersebut Ichigo Kurosaki, dinominasikan di American Anime Awards pada 2007 untuk rancangan kemasan DVD terbaik.[9] Sebuah kotak koleksi DVD, yang berisi seluruh dua puluh episode dari musim tersebut, dirilis oleh Viz Media pada 30 Oktober 2007.[10] Manga Entertainment merilis dua DVD berisi musim pertama di Britania Raya pada 5 November 2007 dan 3 Maret 2008.[11][12] Sebuah kompilasi dari dua volume tersebut dirilis pada 5 Mei 2008.[13]

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulTanggal tayang asliTanggal tayang bahasa Inggris [14]
1"The Day I Became a Shinigami"
Transkripsi: "Shinigami ni Natchatta Hi" (Jepang: 死神になっちゃった日)
5 Oktober 20048 September 2006
Ichigo Kurosaki adalah seorang pelajar SMA berusia lima belas tahun dengan rambut jingga, mata coklat, dan kemampuan untuk melihat roh-roh. Saat ia berusaha melindungi roh seorang gadis kecil dari sebuah hollow, ia menyaksikan pertikaian antara roh laki-laki dan seorang shinigami perempuan. Kemudian, Ichigo didatangi lagi oleh wanita yang sama di kamarnya. Ia memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Rukia Kuchiki, dan menjelaskan kepada Ichigo tentang tugas dasar shinigami adalah tindakan pembersihan roh. Hollow tersebut, yang bernama Fishbone D, kembali untuk menghisap energi spiritual tingkat tinggi Ichigo, menyerang rumah Ichigo, dan melukai Rukia. Dalam rangke menyelamatkan keluarganya, Ichigo memasukkan kekuatan Rukia ke dirinya sendiri dan menjadi shinigami agar sukses mengalahkan hollow tersebut.
2"A Shinigami's Work"
Transkripsi: "Shinigami no Oshigoto" (Jepang: 死神のお仕事)
12 Oktober 200415 September 2006
Setelah mengetahui bahwa Rukia memasuki kelasnya, Ichigo menyadari bahwa ia kehilangan kekuatannya dan ia harus bertindak sebagai penggantinya, sampai kekuatannya dapat kembali, Meskipun mula-mula ia menolak tanggung jawab, Ichigo kemudian menerimanya setelah menyadari bahwa ia tak dapat memajukan sebuah mata yang buta jika ia berhadapan lagi dengan hollow.
3"The Older Brother's Wish, the Younger Sister's Wish"
Transkripsi: "Ani no Negai, Imōto no Negai" (Jepang: 兄の願い、妹の願い)
19 Oktober 200422 September 2006
Ichigo menemukan bahwa salah satu teman sekelasnya, Orihime Inoue, diuntit oleh roh kakaknya yang berubah menjadi hollow Acidwire karena Orihime berhenti mendoakannya, yang menjadikannya terhambat untuk memenuhi tugasnya. Saat Ichigo terpaksa memakai kekuatannya lagi, kemampuannya untuk meredam para hollow kembali dan ia akhirnya memajukan keinginannnya untuk menjadi shinigami, untuk membunuh Acidwire. Namun, sebelum ia dapat melakukannya, kakak Orihime dapat kembali ke alam baik dan jantannya, mengekspresikan cintanya kepadanya dan berterima kasih kepadanya sebelum dikirim ke Soul Society, tempat dimana para shinigami dan roh-roh bermukim, melalui zanpakuto milik Ichigo.
4"Cursed Parakeet"
Transkripsi: "Noroi no Inko" (Jepang: 呪いのインコ)
26 Oktober 200429 September 2006
Teman Ichigo Yasutora "Chad" Sado mendatangi seekor burung terkutuk yang didiami oleh roh seorang bocah kecil, Yui'ichi Shibata, namun gagal merasuki burung tersebut karena sesosok hollow bernama Shrieker yang telah menguntit roh bocah tersebut. Chad diserang oleh Shrieker sebelum Rukia datang untuk membantunya.
5"Beat the Invisible Enemy!"
Transkripsi: "Mienai Teki o Nagure!" (Jepang: 見えない敵を殴れ!)
2 November 20046 Oktober 2006
Dengan bantuan Rukia, Chad bertarung melawan Shrieker meskipun tak dapat melihatnya. Ichigo kemudian datang dan mengalahkan Shrieker. Namun karena Shrieker aslinya adalah pembunuh saat hidup, ia masuk ke Gerbang Neraka alih-alih diselesaikan Soul Society. Jiwa yang mendiami burung tersebut dibebaskan untuk dibawa ke Soul Society.
6"Fight to the Death! Ichigo vs. Ichigo"
Transkripsi: "Shitō! Ichigo VS Ichigo" (Jepang: 死闘!一護VSイチゴ)
9 November 200413 Oktober 2006
Dalam rangka agar Ichigo bertransformasi menjadi shinigami saat Rukia tak ada, ia menjual beberapa permen jiwa dari Toko Urahara untuknya. Namun permen tersebut aslinya adalah sebuah modsoul, sebuah prajurit buatan dari Soul Society yang dibuat untuk menghancurkan para hollow. Saat berada di dalam tubuh Ichigo, modsoul tersebut mengamuk sesambil merusak citra sosial Ichigo.
7"Greetings from a Stuffed Lion"
Transkripsi: "Nuigurumi kara Konnichiwa" (Jepang: ぬいぐるみからコンにちは)
16 November 200420 Oktober 2006
Ichigo bertarung dengan modsoul yang mendiami tubuhnya, namun kemudian terhenti oleh sesosok hollow yang lewat. Secara bersama-sama, mereka mengalahkan hollow tersebut. Saat Kisuke Urahara, pedagang yang menjual gigainya kepada Rukia, yang datang untuk mengambil pernak-pernik yang "memberontak", Ichigo mengambil lagi modsoul tersebut dan menempatkannya di sebuah mainan singa dan diberi nama "Kon" yang sempat melukai pundaknya. Sementara itu di Soul Society, seorang shinigami dikirim untuk mengambil kemampuan Rukia.
8"June 17, Memories in the Rain"
Transkripsi: "Roku Gatsu Jū-shichi Nichi, Ame no Kioku" (Jepang: 6月17日、雨の記憶)
23 November 200427 Oktober 2006
Ichigo dan keluarganya datang ke makam ibunya pada peringatan kematiannya. Disana, seorang shinigami dikirim untuk menarik kemampuan Rukia karena ia melanggar aturan Soul Society dengan memberikan kekuatannya kepada Ichigo. Pertempuran terjadi saat para saudari Ichigo, Karin dan Yuzu diserang oleh sesosok hollow.
9"Unbeatable Enemy"
Transkripsi: "Taosenai Teki" (Jepang: 倒せない敵)
30 November 20043 November 2006
Ichigo bertarung dengan hollow tersebut, yang bernama Grand Fisher, hollow yang membunuh ibu Ichigo. Pada akhirnya, Ichigo mengalahkan hollow tersebut saat ia kabur sebelum ia dibunuh. Shinigami yang dikirim ke Rukia pergi dengan sebuah peringatan saat ia menyaksikan kemampuan Ichigo.
10"Assault on Trip at Sacred Ground!"
Transkripsi: "Burari Reijō Totsugeki no Tabi!" (Jepang: ぶらり霊場突撃の旅!)
7 Desember 200410 November 2006
Saat cenayang/bintang TV populer Don Kanonji mengubah roh menjadi hollow saat eksorsisme, Ichigo terpaksa menyelesaikan masalah tersebut. Setelah hollow tersebut kalah, Kanonji terkejut saat ia menyadari soal apa yang ia lakukan. Dengan semangat kecil dari Ichigo, Kanonji datang ke kakaknya, dan memberikan sanjungannya kepada Ichigo, meskipun Ichigo bersikap obyektif.
11"The Legendary Quincy"
Transkripsi: "Densetsu no Kuinshī" (Jepang: 伝説のクインシー)
14 Desember 200417 November 2006
Pada misi melawan hollow lainnya, Ichigo membujuk Uryū Ishida, seorang teman sekelasnya untuk masuk ke sebuah klan yang dikenal sebagai Quincy, para manusia yang dapat memakai kekautan spiritual untuk memanifestasikan sebuah busur untuk melawan para hollow. Uryū mendeklarasikan dirinya sendiri menjadi musuh para shinigami dan menantang Ichigo untuk sebuah kompetisi memburu para hollow.
12"A Gentle Right Arm"
Transkripsi: "Yasashii Migiude" (Jepang: やさしい右腕)
21 Desember 200424 November 2006
Kontes antara Ichigo dan Uryū melibatkan ratusan hollow di Kota Karakura, yang membahayakan beberapa teman Ichigo. Chad terpaksa melawan sesosok hollow dalam rangka menyelamatkan Karin. Pada pertarungan tersebut, ia akhirnya dapat menghabisi hollow tersebut, dan mengembangkan sebuah kemampuan baru, lengan kanan bersenjata yang dapat mengeluarkan ledakan energi yang disebut "Lengan Kanan Raksasa"
13"Flower and Hollow"
Transkripsi: "Hana to Horō" (Jepang: 花とホロウ)
28 Desember 20041 Desember 2006
Situasi memburuk saat makin banyak hollow yang masuk ke dunia manusia, menyerang sekolah dimana Orihime dan para temannya berada. Saat mempertahankan mereka, Orihime mengembangkan kekuatannya sendiri, Shun Shun Rikka, sekelompok makhluk mirip peri yang datang dari penjepati rambut yang diberikan kepadanya oleh saudaranya, dan mengalahkan para hollow tersebut. Setelah itu, Urahara membawa Orihime dan Chad untuk membantu mereka dengan kekuatan baru mereka saat Rukia dan Ichigo bertarung melawan Uryū.
14"Back to Back, a Fight to the Death!"
Transkripsi: "Senaka Awase no Shitō!" (Jepang: 背中合わせの死闘!)
11 Januari 20058 Desember 2006
Legiun hollow memaksa Ichigo dan Uryū untuk bersatu dalam pertarungan saat yang lainnya menonton. Sesosok hollow raksasa bernama Menos Grande datang ke TKP, dan disingkirkan setelah Ichigo memberikan sebuah luka dengan dibantu oleh kekuatan dari Uryū. Namun, ia membebaskan terlalu banyak kekuatan spiritual pada proses tersebut. Gelombang kekuatannya menyebabkan Ichigo kehilangan hati nuraninya, dan Uryū menyelamatkannya dengan menyeluarkan energi khusus melalui busurnya.
15"Kon's Great Plan"
Transkripsi: "Kon no Uhauha Daisakusen" (Jepang: コンのウハウハ大作戦)
18 Januari 200515 Desember 2006
Mengalami salah perlakuan dari Ichigo, Kon pergi untuk menemukan pemilik yang lebih baik. Namun, ia menyadari bahwa ia diperlakukan tak semestinya oleh para garis karena penampilannya. Ichigo berniat untuk berteman dengan Uryū namun ditolak. Rukia menjadi berseteru dengan keberadaannya dengan para manusia. Ketimbang membahayakan Ichigo, ia pergi untuk menemui para pemburu yang baru datang dari Soul Society. Ichigo menyusul Rukia hanya untuk melawan dua Shinigami yang menghadangnya.
16"Encounter, Renji Abarai!"
Transkripsi: "Abarai Renji, Kenzan!" (Jepang: 阿散井恋次、見参!)
25 Januari 200522 Desember 2006
Ichigo berhadapan melawan Letnan Shinigami Renji Abarai. Renji mengeluarkan jurus Shikai dari zanpakutō-nya, yang melampaui kekuatan Ichigo.
17"Ichigo Dies!"
Transkripsi: "Ichigo, Shisu!" (Jepang: 一護、死す!)
1 Februari 20055 Januari 2007
Ichigo kembali melawan Renji, yang menyerangnya dengan energi jiwanya. Saat Renji nyaris jatuh, komandannya Byakuya Kuchiki, saudara Rukia, maju dan mengalahkan Ichigo dengan kekuatan lebih. Rukia kembali Soul Society saat Ichigo menghadapi kematian, dan Ichigo menjadi sekarat saat kekuatannya dilucuti. Ia kemudian diselamatkan oleh Urahara, yang sepakat untuk membantunya dalam menyelamatkan Rukia, yang menghadapi hukuman mati di Soul Society. Namun, Ichigo harus sepakat untuk melatih Urahara untuk mendapatkan lagi kekuatannya.
18"Reclaim! The Power of the Shinigami!"
Transkripsi: "Torimodose! Shinigami no Chikara!" (Jepang: 取り戻せ!死神の力!)
8 Februari 200512 Januari 2007
Saat hari terakhir sekolanya berakhir, Ichigo menyadari bahwa tak ada seorangpun selain Orihime, Chad dan Uryū yang tampaknya mengingat Rukia, karena pembersihan pikiran yang dilakukan oleh Soul Society. Ia mulai berlatih di Toko Urahara, mula-mula bertarung melawan asisten perempuan dari toko tersebut, Ururu Tsumugiya untuk mendapatkan lagi kontrol atas tubuh jiwanya. Saat pelatuhan memasuki babak dua, roh Ichigo dilepas dari tubuhnya dan jatuh ke lubang. Ia harus meraih lagi kekuatan ichigami-nya dalam tiga hari, atau berresiko menjadi hollow. Sementara itu, Yoruichi Shihōin, seekor kucing yang dapat berbicara, menawarkan diri untuk melatih Chad dan Orihime untuk mengendalikan dan menghimpun kekuatan mereka sehingga mereka dapat bergabung dengan Ichigo untuk datang ke Soul Society dan menyelamatkan Rukia.
19"Ichigo Becomes a Hollow!"
Transkripsi: "Ichigo, Horō ni Ochiru!" (Jepang: 一護、ホロウに墜ちる!)
15 Februari 200519 Januari 2007
Di Soul Society, hukuman Rukia diangkat dan ia hanya hengkang selama dua puluh lima hari. Di lubang, Ichigo berjuang untuk menghindari proses menjadi hollow. Transformasinya nyaris selesai saat ia memasuki pikirannya sendiri, berhadapan dengan jiwa dalamnya, Zangetsu, yang membantunya mempertahankan kekuatan ishigami yang ia miliki. Dalam keadaan tersebut, Ichigo keluar dari lubang tersebut dengan seragam ishigami-nya, mengenakan topeng hollow. Memecahkan topeng tersebut, Ichigo memasuki tahap pelatihan berikutnya, untuk bertarung dengan Urahara.
20"Gin Ichimaru's Shadow"
Transkripsi: "Ichimaru Gin no Kage" (Jepang: 市丸ギンの影)
22 Februari 200526 Januari 2007
Saat bertarung dengan Urahara, Ichigo menyadari bahwa Zangetsu adalah nama dari zanpakutō-nya. Setelah mengetahui nama tersebut, pedang tersebut berubah menjadi bentuk shikai yang lebih kuat saat Ichigo melepaskan ledakan energi yang melepaskan topi Urahara, merampungkan tahap ketiga dalam pelatihannya. Sementara itu, Orihime dan Chad menyelesaikan pelatihan mereka dengan Yoruichi. Seluruh kelompok, termasuk Uryū, yang berlatih sendirian, menghimpun Soul Society memakai sebuah gerbang yang dibuat oleh Yoruichi dan Urahara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum
Spesifik
  1. ^ "ぴえろ BLEACH =ブリーチ=" (dalam bahasa Japanese). Studio Pierrot. Diakses tanggal 2009-04-07. 
  2. ^ a b "VIZ Media . products - Bleach - Vol. 1 (DVD)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-10. Diakses tanggal 2007-05-23.  Viz media product info for Bleach DVD collection 01 on the Viz website.
  3. ^ "Adult Swim Picks up Bleach". Anime News Network. 2006-03-30. Diakses tanggal 2009-04-12. 
  4. ^ "UK's AnimeCentral Channel Launches on Sky Digital". Anime News Network. 2007-09-13. Diakses tanggal 2009-04-12. 
  5. ^ a b "BLEACH~ブリーチ" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-09-25. Diakses tanggal 2009-04-08. 
  6. ^ "BLEACH~ブリーチ" (dalam bahasa Japanese). TV Tokyo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2005-02-07. Diakses tanggal 2009-04-08. 
  7. ^ 死神代行篇 (dalam bahasa Japanese). Aniplex. Diakses tanggal 2009-12-31. 
  8. ^ "Bleach, Vol. 5 (DVD)". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-10. Diakses tanggal 2009-01-17. 
  9. ^ George, Richard (2007-02-13). "NYCC 07: Viz Anime Dominates Award Noms". IGN. Diakses tanggal 2007-03-26. 
  10. ^ "VIZ Media . products - Bleach Uncut Season 1 (DVD Box Set)". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-09. Diakses tanggal 2007-12-25. 
  11. ^ "Bleach - Series 1 Part 1". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-04-14. 
  12. ^ "Bleach - Series 1 Part 2". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-04-14. 
  13. ^ "Bleach Complete Series 1". Amazon.com. Diakses tanggal 2011-04-14. 
  14. ^ "Bleach (English Dubbed) Season 1, Ep. 1 "Bleach 1"". Amazon. Diakses tanggal 18 Februari 2011.