Blang Miro, Simpang Tiga, Aceh Besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Blang Miro
Negara Indonesia
ProvinsiAceh
KabupatenAceh Besar
KecamatanSimpang Tiga
Kode Kemendagri11.06.18.2014 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Blang Miro merupakan salah satu gampong yang ada di Mukim Lamkrak, kecamatan Simpang Tiga, Kabupaten Aceh Besar, provinsi Aceh, Indonesia.Gampong ini memiliki tiga dusun yaitu Dusun Lhok Pawoh, Dusun Seulanga dan Dusun Lampeudaya.

Mata pencaharian penduduk Gampong Blang Miro didominasi oleh petani, pekebun, peternak dan juga pedagang harian di pasar Induk Lambaroe untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tempat bersejarah[sunting | sunting sumber]

Di Desa Blang Miro terdapat sebuah monumen bersejarah, yaitu masjid Tgk. Hj Fakinah (masyarakat setempat menyebutnya Tgk Faki) atau sering juga disebut sebagai "Mesjid Tuha". Masjid ini memiliki ukuran 12 x 12 meter dengan kondisi yang masih utuh sejak didirikan hingga sekarang. Mesjid ini berdenah bujur sangkar dengan struktur atap tumpang dua yang berbentuk limas. Jumlah tiang dalam ruangan dalam 16 tiang dengan bentuk penampang segi delapan yang berdiri di atas batu berbentuk lingkaran dan disusun empat tiang dari barat ke timur. Tempat ibadah ini digunakan oleh masyarakat sekitar untuk salat dan pengajian.