Blanche dari Lancaster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Blanche dari Lancaster
Adipati Wanita Lancaster
Pasangan John dari Gaunt
Anak
Felipa dari Lancaster
Elizabeth dari Lancaster
Henry IV, Raja Inggris
Wangsa Wangsa Plantagenet
Ayah Henry, Adipati Pertama Lancaster
Ibu Isabel de Beaumont
Lahir 25 Maret 1345[1]
Kastil Bolingbroke, Lindsey
Meninggal 12 September 1368 (usia 23)
Kastil Tutbury, Staffordshire
Dikubur Katedral Santo Paulus, London

Blanche dari Lancaster (25 Maret 1345 – 12 September 1368) merupakan seorang anggota keluarga istana Inggris yang berasal dari Wangsa Plantagenet, putri dari kerajaan terjaya dan paling berkuasa, Henry dari Grosmont. Ia merupakan istri pertama John dari Gaunt, dan merupakan ibunda Raja Henry IV.[2]

Blanche dilahirkan pada tanggal 25 Maret 1345,[1] meskipun ia juga diperkirakan lahir pada tahun 1347.[3]

Ia merupakan putri Henry dari Grosmont, Adipati Pertama Lancaster dan istrinya Isabel de Beaumont. Ia dan kakak perempuannya Maud dari Leicester, dilahirkan di Kastil Bolingbroke di Lindsey. Maud menikah dengan Ralph de Stafford dan kemudian Wilhelm I dari Bayern;[2] namun Maud tidak memiliki keturunan sehingga adiknya menjadi ahli waris gelar-gelar dan wilayah ayahanda mereka.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pernikahan John dari Gaunt dan Blanche dari Lancaster di Biara Reading pada tanggal 19 Mei 1359 oleh Horace Wright (1914), Museum of Reading.[4]

Pada tanggal 19 Mei 1359, di Biara Reading , Reading, Berkshire, Blanche menikah dengan sepupu ketiga, John dari Gaunt, putra ketiga Raja Edward III. Seluruh keluarga kerajaan hadir ke pesta pernikahan itu dan Raja memberi Blanche hadiah-hadiah perhiasan yang mahal.[5]

Gelar Adipati Lancaster menjadi punah setelah kematian ayahandanya tanpa keturunan laki-laki pada tahun 1361. Namun John dari Gaunt menjadi Earl dari Lancaster, Earl dari Derby, Earl dari Lincoln dan Earl dari Leicester (meskipun Gaunt tidak menerima seluruh gelar tersebut sampai kematian kakak perempuan Blanche, Maud pada tahun 1362) karena ia menikah dengan Blanche. Kabupaten Lancaster (kreasi kedua) kemudian diberikan kepada Gaunt. Pengaruh yang terkait dengan gelar akan membawanya menjadi Lord High Steward.

Jean Froissart menggambarkan Blanche (setelah kematiannya) sebagai "jone et jolie" ("cantik dan muda").[6] Geoffrey Chaucer menggambarkannya "Putih" (tokoh utama didalam bukunya Book of the Duchess, yang diperkirakan diinspirasikan oleh Blanche).[7]

Pernikahan Gaunt dan Blanche diyakini bahagia, meskipun terdapat sedikit bukti yang kuat untuk ini. Asumsi itu tampaknya didasarkan pada kenyataan bahwa Gaunt memilih untuk dimakamkan dengan Blanche, meskipun dua pernikahan berikutnya; dan pada tema cinta, pengabdian dan kesedihan yang dinyatakan didalam puisi Chaucer, suatu argumen yang agak menyimpang karena sebagian dasar tema-tema ini adalah bahwa hubungan pasangan itu diidentifikasikan sebagai inspirasi untuk puisi itu. Blanche dan Gaunt memiliki tujuh orang anak, tiga darinya selamat sampai dewasa.

Makam Blanche dan John dari Gaunt didalam Katedral Santo Paulus, yang digambarkan didalam etsa tahun 1658 oleh Wenceslaus Hollar. Etsa itu mencakup sejumlah ketidakakuratan, misalnya tidak menampilkan pasangan itu bergandengan tangan.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Blanche meninggal di Kastil Tutbury, Staffordshire pada tanggal 12 September 1368 ketika suaminya berada di luar negeri.[8] Ia berusia dua puluh tiga tahun pada saat kematiannya,[1] meskipun Froissart menyatakan bahwa ia meninggal pada usia sekitar dua puluh dua tahun.[9] Diduga Blanche terjangkit wabah Kematian Hitam yang melanda Eropa pada saat itu. Upacara pemakamannya dilangsungkan di Katedral Santo Paulus, London yang dihadiri oleh sebagian besar kaum bangsawan dan klerus. John dari Gaunt memperingati kematiannya setiap tahun selama sisa hidupnya dan membentuk organisasi pada kematiannya sendiri.

Pada tahun 1373, Jean Froissart menulis sebuah puisi yang panjang Le Joli Buisson de Jonece, untuk mengenang Blanche dan Philippe dari Hainaut (ibunda Gaunt yang meninggal pada tahun 1369).

Diduga pada salah satu peringatan hari kematian Blanche Geoffrey Chaucer, seorang pengawal muda dan penulis puisi istana ditugaskan untuk menulis The Book of the Duchess untuk menghormatinya. Meskipun niat Chaucer dapat didefinisikan dengan kepastian yang mutlak, banyak yang percaya bahwa setidaknya salah satu tujuan dari puisi itu membuat John dari Gaunt melihat kesedihannya untuk mendiang istrinya menjadi berlebihan, dan memintanya untuk mencoba untuk mengatasinya.

Pada tahun 1374, enam tahun setelah kematiannya, John dari Gaunt menugaskan sebuah makam ganda untuk dirinya sendiri dan Blanche dari Henry Yevele. Monumen megah di dalam tempat paduan suara Katedral Santo Paulus diselesaikan oleh Yevele pada tahun 1380, dengan bantuan dari Thomas Wrek, dengan biaya total sebesar £592. Gaunt sendiri meninggal pada tahun 1399, dan dimakamkan disamping makam Blanche. Makam itu terkenal karena memperlihatkan tangan kanan mereka yang bergabung. Sebuah kapel obiit dibangun pada tahun 1399 dan 1403.[10]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Blanche dan John dari Gaunt memiliki tujuh orang anak:[11]

Karya Tulis[sunting | sunting sumber]

Geoffrey Chaucer ditugaskan oleh Gaunt untuk menulis puisi setelah kematian Blanche yang berjudul The Book of the Duchess. Puisi ini menceritakan sebuah kisah mimpi seorang pujangga. Pada saat berkelana di sebuah hutan, penyair itu menemukan seorang ksatria berpakaian hitam, dan bertanya akan kesedihannya. Ksatria itu yang diartikan mewakili John dari Gaunt, berduka atas tragedi yang menyedihkan, yang mencermin Gaunt sendiri yang berkabung panjang untuk Blanche.

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c . Cawley, Charles. Medieval Lands, England, Kings (1066–1603)
  2. ^ a b The Complete Peerage
  3. ^ L.A. Loschiavo, 'The birth of "Blanche the Duchesse": 1340 versus 1347', Chaucer Review, vol. 13 (1978), pp. 128–32.
  4. ^ BBC, Your Paintings: The Marriage of John of Gaunt and Blanche of Lancaster at Reading Abbey, 19 May 1359 by Horace Wright, 1914. BBC
  5. ^ Mortimer, Ian (2008). The Perfect King The Life of Edward III, Father of the English Nation. Vintage. p. 335. 
  6. ^ Jean Froissart, Le Joli Buisson de Jonece, ed. A. Fourrier (Geneva, 1975), p. 55 (lines 246–47).
  7. ^ Geoffrey Chaucer, The Book of the Duchess, lines 905, 910, 942, 946, 950
  8. ^ J.J.N. Palmer, 'The historical context of the Book of the Duchess: a revision', Chaucer Review, vol. 8 (1974), pp. 253–61. Blanche was traditionally supposed to have died in 1369, but Palmer's evidence that she died the year before is now widely accepted by all scholars.
  9. ^ Froissart. Joli Buisson, p. 55 (lines 246–47).
  10. ^ O.D. Harris, '"Une tresriche sepulture": the tomb and chantry of John of Gaunt and Blanche of Lancaster in Old St Paul's Cathedral, London', Church Monuments, vol. 25 (2010), pp. 7–35.
  11. ^ Charles Cawley, Medieval Lands, Kings of England 1066–1603. Retrieved 6 March 2011