Bismillah Cinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bismillah Cinta
Poster Bismillah Cinta.jpg
Genre
PembuatMega Kreasi Films
PengarangTim Kreatif MKF
SutradaraBobby Moeryawan
Pemeran
Penggubah lagu temaUngu
Lesti Kejora
Lagu pembuka"Bismillah Cinta" - Ungu
Lesti Kejora
Lagu penutup"Bismillah Cinta" - Ungu
Lesti Kejora
Penata musikIswara Giovani
Negara asal Indonesia
Bahasa asliBahasa Indonesia
Jmlh. episode49 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifSubagio Samtani
Produser
  • Sonu Samtani
  • Sonya Mukhi
  • Shalu Mulani
KameraKamera Tunggal
Durasi120 Menit
Rumah produksiMega Kreasi Films
Distributor
Rilis
Jaringan asliIndosiar
Tanggal tayang asli13 April (2021-04-13) –
23 Mei 2021 (2021-5-23)
Kronologi
Didahului olehMega Series Suara Hati Istri
Dilanjutkan olehMega Series Suara Hati Istri: Zahra
Pranala luar
[www.megakreasifilms.com Situs web]

Bismillah Cinta adalah sebuah sinetron Ramadan yang ditayangkan di Indosiar mulai tanggal 12 April 2021 pukul 18:00 WIB. Dibintangi pasangan selebritis yang baru saja menikah pada 6 Februari 2021 lalu, Ali Syakieb & Margin Wieheerm.[1] Diproduksi oleh Mega Kreasi Films, Ali Syakieb kembali berakting dengan istri tercinta yaitu Margin Wieheerm serta juga turut dibintangi pemain lainnya seperti Lian Firman, Firstriana Aldila, Dewi Affandi, Kevin Gutomo, Shinta Bachir, Dolly Martin & Woro Gia. Sinetron ini menceritakan tentang kehidupan cinta penuh kontroversi antara ustadz muda Rehan dengan Jannah, pemandu karaoke. Cinta penuh perjuangan pun terjadi, ketika hubungan keduanya banyak ditentang oleh orang-orang di sektiar mereka. Sinetron Bismillah Cinta ini diadaptasi berdasarkan serial drama Malaysia yang sangat populer berjudul Nur.

Dalam menyambut bulan suci Ramadan untuk mengisi lagu jalur suara sinetron tersebut, para personil grup band Ungu menyanyikan singel religinya yang berjudul Bismillah Cinta dengan berkolaborasi bersama sang diva dangdut Lesti Kejora. Dalam judul yang sama, lagu tersebut sempat menjadi trending nomor satu di YouTube Indonesia hanya dalam hitungan hari setelah dirilis pertama kali. Lagu Bismillah Cinta sekaligus menjadi salah satu lagu di album terbaru Ungu. Lagu Bismillah Cinta sendiri berhasil menembus 10 juta penonton di YouTube. Pencapaian tersebut hanya butuh waktu satu minggu, sejak lagu Bismillah Cinta dirilis. Banyak penggemar Ungu dan Lesti Kejora yang memprediksi bahwa lagu tersebut bakal menembus 10 juta penonton. Dan prediksi itu rupanya benar. Terpantau hingga Kamis (8/4/2021) sore, lagu Bismillah Cinta telah ditonton 10.258.840 kali di YouTube.[2][3][4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Reihan, lelaki muda anak seorang Ustad jatuh hati kepada Jannah, gadis yang bekerja sebagai pemandu karaoke. Reihan merasa bahwa Allah menuntun dirinya untuk bisa melindungi dan menolong kaum yang tersingkirkan dan orang-orang yang dianggap berdosa. Beberapa orang merasa kecewa kepada Ustad Reihan karena diketahui dirinya sering datang ke tempat karaoke. Jannah pun berganti nama menjadi Jeni karena suatu hal. Ia sendiri merasa bingung, kenapa Allah menciptakan neraka jika memang benar-benar mencintai hambanya. Akankah kisah cinta Reihan dan Jannah dengan latar belakang yang sangat berbeda bisa bersatu?

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran
Ali Syakieb Reihan/Rehan
Margin Wieheerm Jannah/Jeni
Firstriana Aldila Mawar
Lian Firman Panji
Kevin Gutomo Jeffrey
Dewi Affandi Fitri
Dolly Martin Akbar
Shinta Bachir Wina
Woro Gia Lisa
Alino Oktavian Hartawan
Indra Rooney Danu
Wenny Rosaline Tante Merry
Diego Mandor Pesantren
Adrian Aliman Bram
Soraya Van Kraayenoord Dokter

Jalur suara[sunting | sunting sumber]

Ungu kembali dengan singel baru. Karya baru ini adalah singel religi bertajuk “Bismillah Cinta” yang juga berkolaborasi dengan penyanyi dangdut muda, Lesti Kejora. Kolaborasi ini adalah sesuatu yang segar untuk band yang digawangi oleh Pasha (vokalis), Makki (bass), Enda (gitar), Oncy (gitar), serta Rowman (drum) dan juga Lesti Kejora. Ini kedua kalinya Ungu berkolaborasi dengan penyanyi dangdut setelah sebelumnya bersama Iis Dahlia di lagu “Hampa Hatiku” (2008). Sedangkan ini adalah kali pertama bagi Lesti berkolaborasi dengan band dalam sebuah lagu.

“Bismillah Cinta” ditulis oleh Pasha, vokalis Ungu. Ada tiga pesan di dalamnya, yakni tentang kebahagiaan para umat Muslim akan kehadiran bulan Ramadhan, tentang pandemi yang membatasi banyak hal, dan hubungan cinta jarak jauh. Namun, karena keyakinan yang kuat, keduanya sama-sama berjuang untuk melewati ujian yang ada. “Lagu ini adalah lagu religi yang ringan dan mudah dipahami. Pesannya jelas, nuansa Ramadhan-nya sangat kuat. Menulis lagu ini pun tidak membutuhkan waktu lama. Suara Lesti mewarnai lagu ini dan memberikan satu nilai lebih. Semoga “Bismillah Cinta” bisa menghibur dan memberikan semangat baru bagi mereka yang mendengarkan lagunya, terutama para pecinta musik Lesti dan Ungu,” ujar Pasha mewakili Ungu.

Untuk video musiknya, Ungu dan Lesti melakukan syuting bersama. Namun, dilakukan secara terpisah. Hal ini dikarenakan lagu yang mereka bawakan bernuansa religi dan mewakili cerita lagu yang mengisahkan hubungan jarak jauh. “Semua orang bisa menyanyikan “Bismillah Cinta” dan dan menikmatinya. Semoga setelah mendengarkan “Bismillah Cinta”, ada hikmah positif untuk kehidupan kita. Semoga banyak yang senang dengan “Bismillah Cinta”, lagunya meledak, dan menjadi sejarah baru,” kata Lesti.

“Dalam rangka bulan Ramadan 1442 H, Indosiar telah mempersiapkan Mega Seri Ramadan terbaik berjudul “Bismillah Cinta” produksi MKF yang diperankan oleh Ali Syakieb dan Margin Wieheerm. Mereka adalah pasangan artis suami istri yang baru pertama kali bermain bersama dalam satu judul. Di saat bersamaan, Ungu yang comeback ke industri musik Indonesia akan berkolaborasi dengan Lesti DA, penyanyi dangdut yang sedang bersinar terang dan menjadi kesayangan seluruh masyarakat Indonesia. Lalu, terciptalah lagu religi “Bismillah Cinta” ciptaan Pasha Ungu yang indah, megah, dan sangat sempurna dinyanyikan oleh Lesti DA dan Ungu. Kolaborasi ini merupakan yang pertama kali dan dipersiapkan khusus sebagai soundtrack mega series “Bismillah Cinta” yang akan tayang selama bulan Ramadhan di Indosiar. Insya Allah, “Bismillah Cinta” menjadi lagu religi yang sukses dan disukai oleh seluruh masyarakat Indonesia. Amin,” jelas Harsiwi Achmad selaku Direktur Surya Citra Media.

“Kolaborasi Ungu dengan Lesti Kejora ini sangat unik karena adanya perbedaan genre di antara mereka. Namun, hal ini menjelaskan sekali bahwa tidak ada batasan untuk berkarya di dunia musik. Semoga fans Ungu dan Lesti termotivasi untuk melakukan hal positif setelah mendengarkan “Bismillah Cinta”,” ucap Yonathan Nugroho, Managing Director Trinity Optima Production.[5]

Penghargaan & Nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Hasil
2021 Indonesian Television Awards 2021 Program Ramadan Drama Terpopuler Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2021-02-07). "5 Cerita Pernikahan Ali Syakieb dan Margin Wierheem". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2021-04-14. 
  2. ^ "Sinetron Bismillah Cinta Tayang Perdana 12 April 2021 di Indosiar, Ini 5 Fakta Mega Series Ramadhan". Sriwijaya Post. Diakses tanggal 2021-04-14. 
  3. ^ Liputan6.com (2021-04-11). "Ali Syakieb Adu Akting dengan Istrinya, Margin Wieheerm dalam Mega Series Bismillah Cinta di Indosiar Selama Ramadan". liputan6.com. Diakses tanggal 2021-04-14. 
  4. ^ "AKHIRNYA Lagu Bismillah Cinta Tembus 10 Juta Views, Lihat Momen Ungu dan Lesti Kejora di Balik Layar". Tribun Kaltim. Diakses tanggal 2021-04-18. 
  5. ^ "Ungu dan Lesti Kejora Berkolaborasi Lewat Single "Bismillah Cinta"". Trinity Optima Production. 2021-04-06. Diakses tanggal 2021-04-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]