Biriba

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biriba
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Annona mucosa

Sinonim[2]
  • Annona sieberi A. DC.
  • Rollinia deliciosa Saff.
  • Rollinia mucosa (Jacq.) Baill.
  • Rollinia orthopetala A. DC.

Biriba atau srikaya nanas[3] (Latin: Annona mucosa) adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga sirsak (Annonaceae) yang berasal dari daerah tropis Amerika Selatan. Tumbuhan ini dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan subtropis untuk diambil buahnya yang dapat dimakan. Selain itu, kayunya cocok untuk konstruksi perahu karena tahan lama.[4]

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Biriba adalah pohon tropis yang tumbuh cepat, tahan banjir, menyukai sinar matahari, dengan panjang daun hingga 35 cm. Tingginya bisa mencapai 4–15 m, yang dapat menghasilkan buah dari biji dalam waktu 3 tahun.[5] Buahnya besar, berbentuk mengerucut atau bulat, berwarna hijau saat mentah, saat matang menjadi kuning. Permukaannya dipenuhi duri-duri lembut atau tonjolan-tonjolan yang memar dan menghitam jika dipegang, sehingga memberikan penampilan yang tidak menarik. Kelezatan ini, dan umur simpannya yang kurang dari seminggu, telah membatasi budidaya komersialnya. Namun, pohon ini semakin populer untuk budidaya pekarangan di daerah tropis.

Daging buahnya sangat lembut dan manis, rasanya seperti pai lemon meringue. Beberapa laporan mengenai rasanya sangat enak, yang lainnya lebih moderat. Biasanya dimakan langsung, meskipun beberapa koki menggunakannya untuk memasak, dan wine biriba telah dibuat di Brasil.[2]

Kultivar[sunting | sunting sumber]

Perbanyakan biasanya dilakukan dengan biji, yang dapat bertahan selama 2 tahun jika disimpan dalam keadaan kering dan gelap, meskipun pelapisan udara dan pencangkokan dapat dilakukan untuk mengawetkan kultivar tertentu.[5] Mencangkok ke batang bawah Annona montana (sirsak gunung) atau Annona glabra (sirsak gundul) menyebabkan kekerdilan. Tidak banyak upaya yang dilakukan untuk membangun kultivar unggul dan terdapat variabilitas genetik yang cukup besar. Regnard mungkin adalah kultivar yang paling terkenal yang diperkenalkan ke Filipina pada tahun 1917. Kemudian kultivar yang terbesar adalah biribá do Alto Solimoes yang dikembangkan di Brasil, yang beratnya bisa mencapai 4 kg, yang mungkin menjadi buah terbesar dalan keluarga Annonaceae setelah Annona mannii dan Sirsak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Verspagen, N.; Erkens, R.H.J. (2020). "Annona mucosa". 2020: e.T142423363A142423374. doi:10.2305/IUCN.UK.2020-2.RLTS.T142423363A142423374.en. 
  2. ^ a b "Biriba". Hort.purdue.edu. Diakses tanggal 19 July 2018. 
  3. ^ Sulistiowati, Tri; Suryanto, Venny (05 Oktober 2017). "Kuning dan berduri, srikaya nanas banyak dicari". kontan.co.id. Diakses tanggal 28 Februari 2024. 
  4. ^ "Biriba". Fruitipedia.com. Diakses tanggal 19 July 2018. 
  5. ^ a b "Rollinia" (PDF). Ctahr.hawaii.edu. Diakses tanggal 19 July 2018.