Bintang (sinetron)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bintang
GenreRoman
Remaja
PembuatSinemArt
PengarangSerena Luna
Penulis ceritaSerena Luna
SutradaraNoto Bagaskoro
PemeranAlyssa Soebandono
Ayudhia Bing Slamet
Meriam Bellina
Teddy Syach
Moudy Wilhelmina
Dina Lorenza
Samuel Zylgwyn
Karina Rachmadani
Umar Lubis
Ivan Permana
Penggubah lagu temaMelly Goeslaw & Krisdayanti
Lagu pembuka"Cinta" – Melly Goeslaw & Krisdayanti
Lagu penutup"Cinta" – Melly Goeslaw & Krisdayanti
Negara asalIndonesia
Bahasa asliIndonesia
Jmlh. episode232
Produksi
Produser eksekutifElly Yanti Noor
ProduserLeo Sutanto
Durasi60 menit (19:00-19:30 WIB)
Rumah produksiSinemArt
DistributorMedia Nusantara Citra
Rilis
Jaringan asliRCTI (6 Maret 2005-5 Agustus 2006)
TPI (11 Mei 2007-30 Agustus 2008)
RTV (13 Juli 2019-Sekarang)
Format gambarSDTV 480p
Format audioDolby Digital 5.1
Penampilan perdana6 Maret 2005 (2005-03-06)
Tanggal tayang asli6 Maret 2005 (2005-03-06) –
5 Agustus 2006 (2006-8-5)

Bintang adalah sinetron Indonesia produksi SinemArt ditayangkan mulai tanggal 6 Maret 2005 di RCTI. Pemainnya antara lain ialah Alyssa Soebandono, Ayudhia Bing Slamet, Meriam Bellina, Teddy Syach, Moudy Wilhelmina, Dina Lorenza, Samuel Zylgwyn, Karina Rachmadani, Umar Lubis dan Ivan Permana.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Penambahan[sunting | sunting sumber]

Putri Huan Zhu

Sinetron ini merupakan adaptasi versi Indonesia dari serial drama Tiongkok berjudul Princess Returning Pearl (Huan Zhu Ge Ge) atau dikenal juga dengan Putri Huan Zhu yang pernah tayang di Indosiar. Dari sinopsis sinetron Bintang, terlihat banyak kemiripan dengan drama Putri Huan Zhu. Beberapa kemiripan itu adalah:

  • Adam (Qian Long) mencintai Seruni (Xia Yuhe) dan menghasilkan anak perempuan bernama Bintang (Xia Ziwei)
  • Adam dan Seruni terpisahkan selama belasan tahun
  • Setelah besar, Bintang mencari ayahnya, Adam
  • Dalam pencariannya Bintang mendapat teman baru bernama Riang (Xiao Yan Zi)
  • Riang disangka Bintang, lalu menjadi anak Adam
  • Bintang bertemu Marlo (Fu Er Kang), anak orang kepercayaan Adam, dan mereka saling mencintai

Versi asli terdiri dari tiga seri dan beberapa pemain ada yang diganti. Bagian akhir sinetron Bintang agak berbeda dengan versi aslinya.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Bertahun-tahun yang lalu, dengan terpaksa Adam harus meninggalkan Seruni Mahadewi, istri yang sangat dicintainya, karena Adam dipaksa menikahi Belinda, wanita pilihan ibunya. Hati Seruni hancur. Dalam kepedihan dia kemudian membesarkan Bintang, putri tunggal mereka yang bahkan belum sempat melihat ayahnya.

Delapan belas tahun,, sebelum meninggal dunia Seruni memberikan sepucuk surat peninggalan Adam pada Bintang. Dia meminta Bintang pergi ke Jakarta untuk mencari ayahnya. Sebab Seruni tak lagi mampu merawat Bintang. Bintang menangis. Tapi mengikuti keinginan ibunya.

Bertemu dengan salah satu orang paling kaya di Jakarta seperti Adam ternyata sama sekali tak mudah. Berkali-kali Bintang mencoba. Tapi dia selalu gagal. Hingga dalam keputusasaannya Bintang bertemu dengan Riang. Anak jalanan yang badung dan banyak akal. Bintang dan Riang merasa begitu dekat. Hingga akhirnya mereka saling mengangkat saudara. Riang pun bertekad membantu Bintang bertemu dengan ayahnya lagi.

Riang mengajak Bintang mencegat Adam yang sedang menonton pertandingan balap mobil gokart. Tapi Bintang yang lemah lembut terjatuh dan tak mampu memanjat dinding. Akhirnya Bintang menitipkan surat itu pada Riang. Meminta Riang menyampaikannya pada Adam sementara Bintang menunggu di luar. Riang setuju.

Tak disangka Riang malah mengalami kecelakaan. Kesadarannya hilang tepat saat Adam salah tangkap. Adam menyangka Riang adalah putrinya yang hilang. Putri dari Seruni, satu-satunya wanita yang dicintainya hingga saat ini.

Adam membawa Riang pulang. Kedatangan Riang membuat Belinda marah bukan main. Belinda membenci Riang bahkan tanpa perlu mengenalnya. Belinda dibantu dengan pembantu setianya, Atik selalu berusaha mengacaukan hidup Riang. Tapi Riang dengan kecerdikannya selalu berhasil menghindar. Riang kemudian terperangkap di dalam rumah Adam.

Riang tak sanggup mengakui kesalahapahaman itu sebab dia takut dilaporkan ke polisi dengan tuduhan penipuan. Di lain pihak, Riang juga tak mampu menolak kehadiran Adam yang sangat menyayanginya, memberikannya kehangatan seorang ayah yang tak pernah dirasakannya seumur hidup.

Adam kemudian mengangkat Riang sebagai anak secara resmi. Bintang mengetahui hal itu dan sangat terpukul. Bintang berusaha menerobos masuk. Tapi dihalangi hingga celaka. Bintang kemudian ditemukan oleh Marlo, putra Krisna, orang kepercayaan Adam dan dibawa pulang. Marlo kemudian jatuh cinta pada Bintang. Dan bertekad membantu Bintang untuk mengembalikan kedudukan Bintang sebagai putri asli Adam. Masalahnya,

Adam kini sudah benar-benar jatuh hati pada Riang. Sedangkan Bintang sendiri pun juga sangat menyayangi Riang dan tak mau Riang celaka. Lantas dengan cara apa Marlo bisa membantu Bintang kembali pada Adam?

Sedangkan masalah yang ada dalam hidup mereka pun tak hanya terbatas pada keabsahkan status Bintang sebagai putri Adam. Berbagai masalah-masalah lain silih berganti mendatangi mereka. Mulai dari kelicikan Belinda yang tak jemu berusaha mencelakai Riang dan Bintang… Hubungan Belinda dan Adam yang tak pernah diwarnai oleh cinta… Jalinan cinta yang kemudian tumbuh antara Marlo dan Bintang… dan juga cinta segitiga antara Riang, Frans—adik marlo, dan Riva—putra Adam dari Belinda… kedatangan Eliza, Bunda Adam yang sangat keras dan tak mau dibantah kembali datang ke dalam kehidupan mereka untuk mengendalikan segalanya… Serta kedatangan Reina, seorang wanita cantik yang begitu mirip dengan Seruni dan membuat Adam kembali terkenang-kenang pada cintanya yang tak sampai.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]