Binangun, Pataruman, Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Binangun
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KotaBanjar
KecamatanPataruman
Kode Kemendagri32.79.02.2006 Edit the value on Wikidata
Luas-
Jumlah penduduk- ± 5000 jiwa
Kepadatan-

Binangun adalah salah satu desa di Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Indonesia.

Wilayah Geografi[sunting | sunting sumber]

Binangun adalah wilayah Desa di Kecamatan Pataruman, Kabupaten/Kota Banjar Provinsi Jawa Barat. (Kode Pos 46316)

Kantor Kepala Desa Binangun di Jalan Tentara Pelajar no. 538

Desa Binangun memiliki perbatasan: - Arah Utara berbatasan dengan Kelurahan Hegarsari dan Kelurahan Mekarsari - Arah Selatan berbatasan dengan Desa Sukajaya - Arah Timur berbatasan dengan Desa Sukamukti - Arah Barat berbatasan dengan Desa Neglasari.

Berdasarkan data "Kecamatan Pataruman Dalam Angka 2019 - (Data tahun 2018) " terdiri dari 3 (tiga) Kedusunan, 14 (empat belas) Rukun Warga / RW dan 38 (tiga puluh delapan) Rukun Tetangga/RT. Luas wilayah Desa Binangun 6,50177 km2, jumlah pendududk 5.096 jiwa, dengan kepadatan penduduk 784 jiwa per Km2. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani, luas area sawah mencapai 338 Hektar, dan berkebun.dengan hasil produksi utama Jagung, Ubi kayu, Kacang tanah dan ubi jalar.

Salah satu wisata yang cukup terkenal di desa Binangun adalah Lembah Pajamben, yang menyajikan wisata panorama. Karena letaknya di perbukitan memungkinkan dari lokasi ini melihat panorama Kota Banjar dari atas bukit. Sehingga banyak orang yang berkunjung untuk sekadar bersantai dan mengambil foto di lokasi tersebut.

Namun hasil pantauan (terbaru), Lembah Pajamben sudah tidak aktif lagi