Karyamukti, Pataruman, Banjar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Profil Desa Karyamukti Kecamatan Pataruman Kota Banjar[sunting | sunting sumber]

Karyamukti
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Barat
Kota Banjar
Kecamatan Pataruman
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Karyamukti adalah salah satu desa di Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Indonesia.

1. Kondisi Umum Desa Secara geografis Desa karyamukti terletak di antara 10700’0’’E – 108030’0’’E Bujur Timur dan 07030’0’’S - 0700’0’’S Lintang Selatan. Secara topografi desa karyamukti termasuk kategori daerah dataran tinggi dengan ketinggian +200 meter dari permukaan laut (mdpl). Adapun batas – batas wilayah desa karyamukti, adalah sebagai berikut: a. Sebelah Utara : Desa Mulyasari Kecamatan Pataruman b. Sebelah Timur : Desa Puloerang Kecamatan lakbok kab. Ciamis c. Sebelah Selatan : Desa Kutawaringin kec. Purwadadi kab. Ciamis d. Sebelah Barat : Desa batulawang kec. Pataruman Desa Karyamukti merupakan desa yang penduduknya mayoritas beragama Islam, dengan suku sunda. Dalam bidang Pendidikan, Desa Karyamukti memiliki 5 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yakni Melati 1, Melati 2, Kenanga Darul Huda, Cempaka, dan Mekar Muda. Tingkat Sekolah Dasar, memiliki 3 SD yakni SDN 1 Karyamukti, SDN 2 Karyamukti, SDN 3 Karyamukti dan Desa Karyamukti juga memiliki Madrasah Iftidaiyah Batulawang, serta untuk tingkat SMP/MTS, Desa Karyamukti memiliki MTS Karyamukti.

2. Sejarah Desa Karyamukti Desa ini merupakan desa hasil pemekaran dari desa Batulawang sesuai dengan Surat Keputusan Gubernur Tanggal 7 Juni 1979. Nama Batulawang sebenarnya berada di wilayah desa Karyamukti tepatnya di Dusun Sukaharja yang kini disebut Batulawang. Konon katanya menurut cerita orang tua yang kini masih hidup bahwa dahulu di zaman Belanda bahwa di Batulawang Kolot tersebut pernah dijadikan tempat Kantor Pemerintahan yaitu Desa Batulawang, karena mungkin kondisi yang kurang strategis maka beralih ke sebelah selatan sukaharja yang kini yaitu Kantor Desa Batulawang tepatnya di Dusun Cimanggu. Setelah terjadi pemekaran Desa maka sebagai desa yang baru dibentuklah Nama Desa KARYAMUKTI dan nama tersebut merupakan sebuah prakarsa tokoh dan respon warga masyarakat yang memiliki arti yaitu Karya adalah Gawe/Kerja sedangkan Mukti adalah Subur Makmur, jadi Masyarakat Desa Karyamukti yang menduduki desa yang baru diharapkan giat dalam bekerja menuju masyarakat yang subur, makmur, sejahtera dan mandiri. Sebagai desa yang baru, desa ini ketika itu dipimpin oleh Bapak Satriya dan dia saat itu menjabat sebagai Sekretaris Desa Batulawang dan dia merupakan pimpinan pertama Desa Karyamukti setelah pemekaran.

3. Wilayah Administrasi Desa Karyamukti Desa Karyamukti kecamatan Pataruman Kota Banjar Jawa Barat memiliki luas wilayah yakni 808.295 Ha dengan panjang jalan 26 Km, serta pembagian wilayah Dusun, RW dan RT. Desa Karyamukti memiliki 3 Dusun, yakni Dusun Cigadung dengan Jumlah RW 2- RT 13, Dusun Pabuaran dengan jumlah RW 2 – RT 14, serta Dusun Sukaharja dengan jumlah RW 2 – RT 7.

4. Kondisi Demografi - Iklim

  Keadaan iklim di Desa Karyamukti adalah tropis dengan suhu rata-rata 29oC, suhu minimum 20oC dan suhu maksimum 36oC, dengan curah hujan 1.650,00 mm.

- Jenis Pekerjaan

  Penduduk usia kerja adalah penduduk usia 15 tahun ke atas. Jenis pekerjaan di Desa Karyamukti pada Tahun 2008 sampai dengan tahun 2012 dominan pada jenis mata pencaharian Pertanian.

- Sumber Daya Alam

  Desa Karyamukti merupakan salah satu desa paling ujung timur Kota Banjar yang tiang penyangga ekonominya berada pada sector pertanian, dengan kondisi seperti ini maka jenis tanaman yang cukup produktif untuk dikembangkan adalah padi, kacang hijau, kedelai, dan tanaman kehutanan seperti Rambutan, kelapa, pisang, dan kayu-kayuan.

5. Orbitasi - Jarak ke ibu kota kecamatan 13,00 Km - Lama jarak tempuh ke ibu kota Kecamatan dengan kenderaan bermotor 45 Menit - Jarak ke ibu kota kabupaten/kota 15,00 Km - Lama jarak tempuh ke ibu kota Kabupaten/kota dengan kenderaan bermotor 1,00 Jam - Jarak ke ibu kota provinsi 180,00 Km - Lama jarak tempuh ke ibu kota Provinsi dengan kenderaan bermotor 10,00 Jam

Banjar, 25 Maret 2015

4 Jumadil Akhir 1436 H

Di Susun oleh Kelompok 16 Praktik Lapangan III DESALUK IPDN