Bidasoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bidasoa
Rio Bidasoa.jpg
Ciri-ciri fisik
Mulut sungai  
 - koordinat 43°22′22″N 1°47′31″W / 43.37278°N 1.79194°W / 43.37278; -1.79194 (Atlantic Ocean-Adour)Koordinat: 43°22′22″N 1°47′31″W / 43.37278°N 1.79194°W / 43.37278; -1.79194 (Atlantic Ocean-Adour)
Panjang 66 km (41 mi)[1]
Debit air  
 - rata-rata 24,7 m3/s (870 cu ft/s)
Daerah Aliran Sungai
Ukuran cekungan 705 km2 (272 sq mi)[1]

Bidasoa (bahasa Basque: [bidasoa], bahasa Spanyol: [biðaˈsoa]; bahasa Perancis: Bidassoa) adalah sebuah sungai di País Vasco, utara Spanyol dan selatan Perancis yang sebagian besar mengalir dari selatan ke utara. Sungai yang hilirnya di kota kecil Oronoz-Mugairi (munisipalitas Baztan) di Provinsi Navarra ini sebenarnya gabungan dari beberapa sungai di dekat desa Erratzu, dengan aliran Baztan yang muncul di sisi timur laut Gunung Autza (1.306 m) dianggap sebagai sumber Bidasoa. Sungai ini bergabung dengan Laut Kantabria (Teluk Viscaya) di antara kota Hendaye dan Hondarribia.

Bandara San Sebastián di Txingudi, fasilitas SNCF di Hendaye, Irun di kejauhan dan Jembatan Santiago terbentang di perbatasan

Sungai ini terkenal sebagai perbatasan pada bidang hilirnya.[2] Bagian ini diseberangi tidak hanya oleh pesawat terbang pada ketinggian rendah tapi oleh jalur komunikasi penting Eropa, yaitu AP8 E5 E80 - E70 A63 (jalur cepat, koneksi di tol Biriatu), jalan utama N1 - N10 (koneksi memutar Saizar akibat sungai) dan jaringan kereta api besar Perancis dan Spanyol,[2] yaitu RENFE dan SNCF. Selain jalur-jalur utama tersebut, jalur regional lainnya yang juga melintasi sungai ini, antara lain kereta api regional EuskoTren (terminus di Hendaye)[2] dan jembatan ganda (pejalan kaki/kendaraan) lainnya yang menghubungkan kota-kota di perbatasan, seperti Jembatan Santiago yang bersejarah (Jalur St. James). Bagian sungai ini termasuk lanskap perkotaan (area pembangunan).

Sebelum bertemu dengan laut, sungai ini membentuk sebuah teluk yang disebut Txingudi yang berada di antara kota-kota tersebut dan Irun,[2] situs yang disebut sebagai Lahan Basah Kepentingan Internasional pada tahun 2002, dengan luas total 1,28 km2. Sisi Hondarribia menjadi tempat Bandara San Sebastian yang melayani penerbangan-penerbangan domestik[2] dan saat ini mengundang kontroversi terkait skema perpanjangan dan peningkatannya.

Pengucapan dan etimologi[sunting | sunting sumber]

Sungai ini termasuk area kontak linguistik, sehingga nama sungai ini diucapkan secara berbeda tergantung pada bahasanya, disebut pengucapan bahasa Basque: [biˈdas̺oa] dalam bahasa Basque, pengucapan bahasa Spanyol: [biðaˈsoa] dalam bahasa Spanyol, dan pengucapan bahasa Perancis: [bidasoa] dalam bahasa Perancis. Penelitian linguistik dan sejarah menunjukkan nama itu berasal dari frasa bahasa Latin "Via od Oiassonem" (yang kemudian diubah menjadi kata dalam bahasa Basque Bidasoa) mengacu pada jalan yang pada zaman Romawi menghubungkan kota País Vasco Pompaelo dengan Oiasso, yang mungkin ada di sepanjang sungai.

Aliran sungai dan anak sungai[sunting | sunting sumber]

Bidasoa di Elizondo

Bidasoa mengalir melalui wilayah Navarra sepanjang 66 km, kecuali untuk panjang 10 km terakhir, tempat sungai ini menjadi garis perbatasan antara Perancis dan Spanyol, serta batas antara provinsi Gipuzkoa dan Labourd, bagian dari País Vasco. Sejalan dengan panjang sungai, sebagian besar daerah batas air berada di Navarra (684 km2). Cekungan sungai menahan 105 aliran dan sungai permanen yang mencapai panjang 497 km, wilayah yang memperoleh curah hujan secara teratur. Tepi cekungan Navarra (lanskap pedesaan) dihuni oleh 22.000 penduduk. Sekitar 70% dari penduduk tersebut telah mengolah limbahnya sebelum bercampur ke sungai.

Tapi, untuk panjang 15 kilometer pertama yang tidak tetap, sungai ini menempel dengan sungai lainnya yang bersebelahan di Gipuzkoa, seperti Urumea, Oria, dan lain-lain, dan menyatu di Teluk Viscaya. Dari kota Doneztebe, jalan utama N-121 terbentang di sepanjang sungai sampai memutar menyeberangi sungai dari tol Biriatu melalui AP-8 (jalur cepat). Kemudian sungai memasuki daerah Behobia dan kota-kota kecil utama di tepi muara.

Anak-anak sungai utama Bidasoa adalah sungai kecil Zeberia (panjang 10,80 km), Ezkurra (20,90 km), Latsa (11,10 km), dan Endara (9,90 km). Selain itu, terdapat sungai-sungai dan aliran sungai kecil lain yang bersatu dengan Bidasoa .

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Ríos: Río Bidasoa". Inst. Geográfico Vasco Andres Urdaneta Euskal Geografi Elkargoa. Diakses tanggal 20-10-2013. 
  2. ^ a b c d e "Comarca del Bajo Bidasoa (Bidasoa Beherea)". Inst. Geográfico Vasco Andres Urdaneta Euskal Geografi Elkargoa. Diakses tanggal 20-10-2013. 

Referensi[sunting | sunting sumber]