Lompat ke isi

Berkik-puyuh

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Berkik-puyuh
Thinocoridae Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliThinocoridae Edit nilai pada Wikidata
Gray, 1845

Berkik-puyuh adalah famili kecil, Thinocoridae, dari burung perandai kecil yang suka berteman yang telah beradaptasi dengan pola makan herbivora . Keluarga ini terbagi menjadi dua genera, Attagis dan Thinocorus, masing-masing berisi dua spesies. Keluarga ini mempunyai sebaran di Amerika Selatan, di wilayah Andean dan Patagonian . Hubungan dengan keluarga lain dalam ordo Charadriiformes tidak pasti; Ada anggapan bahwa kelana-tanah Australia, burung-sepatu, dan berkik-kembang adalah kerabat terdekat mereka.[1] Burung kelana-tanah khususnya memiliki ekologi makan yang serupa, meskipun biologi perkembangbiakannya sangat berbeda. Nama umum keluarga ini menyesatkan, karena mereka tidak menyerupai berkik sejati dan tidak berkerabat dekat dengan puyuh [2] Namun satu spesies Thinocorus rumicivorus diketahui memakan pelengkap kelopak bunga berdaging Calceolaria uniflora, spesies Scrophularaceae. Dalam proses memakan pelengkap kaya gula ini, mereka juga menyerbuki bunga.[3]

Mereka menyerupai grouse, burung puyuh dan grouse tanah, hanya saja sayapnya panjang. [2] Berkik-puyuh dalam genus Thinocorus berukuran lebih kecil, mulai dari ukuran burung gereja hingga berkik sejati, sedangkan genus Attagis lebih besar, seukuran ptarmigan . Mereka memiliki kaki pendek (tetapi jari kaki panjang) dan ekor. Warna bulu mereka umumnya samar . Terdapat beberapa dimorfisme seksual pada bulu spesies Thinocorus, jantan memiliki wajah, leher, dan dada berwarna abu-abu.

Seedsnipes menghuni berbagai lingkungan yang keras, termasuk lahan rumput, padang rumput, gurun semi-kering, dan habitat pegunungan. Berkik-puyuh perut-merah dapat berpergian hingga ke garis salju (5500 m).

2–3 butir telurnya diletakkan di lubang dangkal di tanah.

Gambar Marga Jenis
</img> Attagis (Saint-Hilaire and Lesson, 1831)
</img> Thinocorus Eschscholtz, 1829


Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ van Tuinen, Marcel; Waterhouse, David & Dyke, Gareth J. (2004): Avian molecular systematics on the rebound: a fresh look at modern shorebird phylogenetic relationships. Journal of Avian Biology 35(3): 191-194.
  2. ^ a b Fjeldså, J. (1996) "Family Thinocoridae (Seedsnipes)" in del Hoyo, J.; Elliot, A. & Sargatal, J. (editors). (1996). Handbook of the Birds of the World. Volume 3: Hoatzin to Auks. Lynx Edicions. ISBN 84-87334-20-2
  3. ^ Sérsic, A. N.; Cocucci, A. A. (1996). "A Remarkable Case of Ornithophily in Calceolaria : Food Bodies as Rewards for a Non-nectarivorous Bird*". Botanica Acta (dalam bahasa Inggris). 109 (2): 172–176. doi:10.1111/j.1438-8677.1996.tb00558.x.