Burung gereja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Burung gereja
Passer domesticus April 2009-1.jpg
Passer domesticus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Subordo:
Infraordo:
Superfamili:
Famili:
Passeridae

Illiger, 1811
Genera

Passer
Petronia
Carpospiza
Montifringilla

Burung gereja disebut juga burung pingai adalah jenis burung pipit kecil yang berasal dari keluarga Passeridae. Burung gereja mendiami kota-kota dalam jumlah yang sangat besar.[1] Sparrow merupakan burung yang jinak dari semua burung liar dan memiliki tingkat adaptasi yang tinggi terhadap lingkungannya seperti perubahan kondisi cuaca, ketersediaan pakan maupun predator. Oleh karena itu, burung gereja dianggap sebagai burung yang tidak takut didekat manusia atau disebut human dominated ecosystem.[2] Tak heran, jika jenis ini paling banyak dijumpai di kota-kota besar Indonesia.Pada umumnya, burung gereja berbentuk kecil, berwarna cokelat-kelabu, gemuk, berekor pendek, dan memliki paruh yang kuat.[1] Makanan burung ini adalah biji dan serangga kecil.[1] Pada awalnya, sparrow berasal dari Eropa, Afrika, dan Asia, kemudian burung ini disebarkan ke Australia dan Amerika oleh penduduk.[1] Saat ini House Sparrow (jenis burung gereja) lebih banyak ditemukan Amerika Utara, Australia, dan Amerika Selatan.[1]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Passer[sunting | sunting sumber]

Jenis Passer terdiri dari beberapa jenis, yaitu:[3]

Petronia[sunting | sunting sumber]

Jenis Petronia terdiri dari beberapa jenis, yaitu:[3]

Carpospiza[sunting | sunting sumber]

Jenis Carpospiza terdiri dari beberapa jenis, yaitu:[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e (Inggris) Breeding Birds in the Wider Countryside Diarsipkan 2008-02-27 di Wayback Machine., www.bto.org. Diakses pada 12 Juni 2010.
  2. ^ "Burung Gereja, Si Mungil di Sekitar Kita..." Mongabay.co.id (dalam bahasa Inggris). 2013-09-02. Diakses tanggal 2021-09-18. 
  3. ^ a b c (Inggris) Clement, Peter; Harris, Alan; Davis, John (1993). Finches and Sparrows: an Identification Guide. Christopher Helm. ISBN 0-7136-8017-2.