Bendera Transnistria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Transnistria
Pemakaian Bendera dan bendera kapal negara; bendera perang
Perbandingan 1:2
Dipakai 25 Juli 2000 (resmi)
Rancangan Tiga garis horizontal berwarna merah, hijau, merah, dengan lambang komunis di pojok kiri atas bendera.
Varian bendera Transnistria
Pemakaian Bendera dan bendera kapal sipil
Perbandingan 1:2
Rancangan Tiga garis horizontal merah, hijau, merah.
Varian bendera Transnistria
Pemakaian Bendera Kepresidenan
Perbandingan 1:1
Rancangan Standar Presiden Republik Pridnestrovia Moldavia
Varian bendera Transnistria
Pemakaian Bendera nasional co-resmi
Perbandingan 1:2
Dipakai 12 April 2017
Rancangan Duplikat dari bendera Rusia, tetapi dengan rasio yang berbeda (1:2 bukan 2:3)

Bendera Transnistria mengadopsi bendera RSS Moldavia pada masa kekuasaan Uni Soviet dari tahun 1952 hingga 1990. Bendera ini mulai digunakan tahun 2000.

Transnistria adalah sebuah wilayah di Eropa Timur yang secara efektif berada di bawah kendali Republik Pridnestrovia Moldavia yang memisahkan diri dari Moldova, tetapi oleh komunitas internasional diakui sebagai unit administratif dari Moldova, yakni Unit Wilayah Administratif Tepi Kiri Dniester.

Republik Pridnestrovia Moldavia[sunting | sunting sumber]

Republik Pridnestrovia Moldovia, juga dikenal sebagai Transnistria (bahasa Rumania: Steagul Transnistriei; bahasa Rusia: Флаг Приднестровья, Flag Pridnestrov'ya; bahasa Ukraina: Прапор Придністров'я, Prapor Prydnidtrovaya), memiliki dua bendera nasional resmi. Bendera nasional resmi pertama terdiri dari tiga pita horizontal merah, hijau, dan merah, dengan lebar vertikal 3:2:3, dan di kanton atas terdapat elemen utama lambang Transnistria; palu arit emas dan bintang merah bertepi emas. Palu dan arit masuk ke dalam bujur sangkar konvensional, dan bintangnya dalam sebuah lingkaran bersyarat. Transnistria mengadopsi desain ini yang terdiri dari versi bendera Republik Sosialis Soviet Moldavia yang digunakan antara tahun 1952 dan 1990 dalam Undang-Undang tentang Simbol Negara tahun 2000. Bendera nasional resmi kedua terdiri dari tiga garis horizontal berwarna putih , biru, dan merah (seperti bendera Rusia namun dengan rasio 1:2, bukan 2:3)

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bendera Republik Sosialis Soviet Moldavia (RSS Moldavia) berfungsi sebagai bendera RSS Moldavia hingga Desember 1991. Ketika Moldova merdeka, beberapa wilayah di Transnistria menolak untuk mengibarkan bendera Moldova yang baru, dan terus mengibarkan bendera Uni Soviet. Terus digunakannya bendera eks-RSS Moldavia sangat populer dan secara resmi diperkenalkan kembali sebagai bendera Transnistria pada tahun 1991. Terlepas adanya pengaruh sosialis pada bendera dan lambang negaranya, Transnistria bukan merupakan negara sosialis. Ini adalah satu-satunya negara di dunia yang menggunakan palu dan arit pada benderanya.[1]

Bendera asli Transnistria, serta deskripsinya, disimpan di kediaman resmi Presiden Transnistria.[2]

Pada tahun 2009, Dewan Agung Transnistria membahas usulan untuk mengganti bendera sipil (yang polos merah-hijau-merah tanpa palu dan arit) dengan bendera baru berupa bendera tiga garis horizontal dalam warna putih, biru, dan merah, yang identik dengan bendera Federasi Rusia, tetapi dengan rasio aspek yang berbeda (1:2, bukan 2:3 seperti Rusia).[3] Alasan utama untuk bendera nasional co-resmi ini adalah untuk menunjukkan keinginan Transnistria untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan Rusia yang merupakan penjamin klaim kemerdekaan Transnistria dari Moldova. Dalam referendum tahun 2006, 97,2% warga Transnistria dilaporkan memilih mendukung peningkatan hubungan dengan Rusia. Bendera baru digunakan di samping bendera negara bagian. Pada tahun 2017, Dewan Agung mengeluarkan mosi membuat desain baru bendera nasional co-resmi Transnistria.[4]

Pemakaian[sunting | sunting sumber]

Hukum Transnistria mengizinkan penggunaan versi-versi sederhana dari bendera untuk digunakan oleh lembaga non-pemerintah (penggunaan pribadi dan komersial) tanpa palu arit dan bintang merah, dan memperhatikan bentuk atau ukurannya. Ukuran yang paling umum adalah 1:2, tetapi versi 2:3 juga digunakan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smoltczyk, Alexander (2014-04-24). "Transnistria: Soviet Leftover or Russian Foothold in Europe?". Der Spiegel (dalam bahasa Inggris). ISSN 2195-1349. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  2. ^ "Официальный сайт Президента Приднестровской Молдавской Республики — Закон ПМР «О ГОСУДАРСТВЕННОМ ФЛАГЕ ПРИДНЕСТРОВСКОЙ МОЛДАВСКОЙ РЕСПУБЛИКИ» — Законы". Official Site of the President of the PMR (Law of the Flag). 
  3. ^ "Transnistria considers broadening its state symbols". Moldova.org. 
  4. ^ "В ПМР российский флаг разрешили использовать наравне с государственным". РИА Новости (dalam bahasa Rusia). 20170412T1648. Diakses tanggal 2023-08-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]