Belut moray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Foto belut moray yang diambil di maladewa tahun 2006

Belut Moray adalah kumpulan belut dari family Muraenidae. Belut ini memiliki 200 spesies berbeda, seperti Belut Moray Tawar (Gymnothorax pllyuranodon). Belut yang terkecil yaitu Belut Moray Snyder's dengan panjang maksimum 11,5 cm, dan belut terpanjang yaitu Moray Ramping (Slender moray) yang dapat tumbuh sepanjang 4 meter. Adapun belut yang terbesar dalam hal massa total ialah Belut Moray Raksasa (Gymnothorax javanicus) yang mencapai panjang 3 meter dan berat 36 Kg.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Moray menghabiskan waktunya bersembunyi di terumbu karang. Kebanyakan dari Belut Moray menampakkan kepala dan mulutnya yang dipenuhi gigi tajam, yang dapat menimbulkan luka bagi penyelam ketika mencoba mengusiknya. Belut Moray adalah hewan nokturnal. Belut Moray juga memiliki lendir seperti belut lainnya. Pada beberapa jenis Moray, lendir tersebut mengandung racun. Belut Moray memiliki kulit yang lebih tebal dengan kepadatan tinggi, sel goblet pada epidermis memungkinkan lendir yang ada akan diproduksi lebih tinggi dari spesies belut lain. Ia memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan udang pembersih. Belut membiarkan udang membersihkan sisa makanan di dalam mulutnya agar sisa makanan tidak membusuk.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Belut moray memiliki 2 set rahang .

Dalam hal mempertahankan hidup, Belut Moray memangsa moluska seperti gurita, cumi-cumi, sotong, krustasea, hingga bangkai hewan laut. Ia juga pemangsa dominan di lingkungannya. Meski demikian, Moray diburu oleh beberapa predator lain seperti kerapu besar, hiu, barakuda, hingga ular laut.

Habitat[sunting | sunting sumber]

belut moray hijau di meksiko

Belut Moray dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, meskipun terbesar dari spesiesnya hidup di terumbu karang dan perairan yang hangat. Mereka hidup di kedalaman beberapa meter. Beberapa dari mereka juga ada yang hidup di muara dan hilir aliran air tawar.[1]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Belut Moray kawin ketika menjelang akhir musim panas. Belut moray melakukan pembuahan dengan cara bertelur, yang berarti telur dan sperma akan dibuahi di luar rahim, di perairan sekitarnya, yang dikenal sebagai pemijahan. Lebih dari 10.000 telur dilepaskan pada satu waktu, yang kemudian berkembang menjadi bayi belut. Dibutuhkan waktu hingga setahun untuk larva belut tumbuh menjadi dewasa.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ News, Opening Hours 10am-5pm Address 1 William StreetSydney NSW 2010 Australia Phone +61 2 9320 6000 www australian museum Copyright © 2021 The Australian Museum ABN 85 407 224 698 View Museum. "Freshwater Moray, Gymnothorax polyuranodon (Bleeker, 1853)". The Australian Museum (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-02.