Bebek kesturi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bebek kesturi
Biziura lobata

Male during breeding season
Female
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22679830
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoAnseriformes
FamiliAnatidae
GenusBiziura
SpesiesBiziura lobata
(Shaw, 1796)
Tata nama
ProtonimAnas lobata
Distribusi

Distribution of the musk duck
EndemikAustralia

Bebek kesturi (Biziura lobata) adalah itik yang bersifat sangat akuatik yang berasal dari Australia bagian selatan. Ia adalah satu-satunya anggota genus Biziura yang masih hidup. Kerabat yang punah, bebek kesturi Selandia Baru atau bebek de Lautour (B. delautouri), pernah hidup di Selandia Baru, tetapi hanya diketahui dari tulang subfosil prasejarah. Ia sekitar 8% lebih panjang dibandingkan spesies yang masih hidup, dengan kepala yang sangat besar.

Nama umum hewan ini didapat dari bau rusa kesturi khas yang dikeluarkannya selama musim kawin. Bebek kesturi cukup umum ditemui di lembah Murray-Darling dan Cooper Creek, dan di daerah yang lebih basah dan subur di selatan benua: sudut barat daya Australia Barat, Victoria, dan Tasmania.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Jantan dewasa berusia 60 hingga 70 cm (24 hingga 28 in) panjang dan mempunyai lobus besar dan kasar di bawah paruh; perempuan berusia 47 hingga 55 cm (19 hingga 22 in) panjang dan tanpa hiasan. Bulu mereka yang berwarna abu-abu tua kecokelatan, sedikit bergaris-garis tidak mencolok dan tidak berbeda antar jenis kelamin. Spesies ini memiliki berat rata-rata 2.398 g (5,287 pon) pada pria dan 1.551 g (3,419 pon) pada betina, dengan betina terkecil berbobot hanya 993 g (2,189 pon) dan jantan terbesar dengan berat mencapai 3.170 g (6,99 pon) . Rata-rata, mereka adalah bebek penyelam terberat kedua di dunia setelah bebek kesturi biasa, dengan bebek kesturi jantan sebenarnya sedikit lebih berat daripada eider biasa jantan, namun eider betina lebih besar daripada bebek kesturi betina karena ukuran seksual spesies tersebut lebih kecil. dimorfisme. [2] Bebek kesturi mengapung sangat rendah di air, hampir seperti burung kormoran, dan kakinya yang besar berselaput berada di belakang tubuhnya. Bebeknya ditutupi bulu berwarna coklat tua.

Di daerah asalnya, ekor yang mengipasi memiliki ciri khas sehingga membedakan spesies ini dari bebek bintik (Stictonetta naevosa) yang memiliki ukuran, warna, dan kebiasaan serupa. Bebek berparuh biru (Oxyura australis) memiliki bentuk ekor yang serupa, tetapi warna utama bulu jantan saat berkembang biak adalah coklat kastanye yang jauh lebih kaya. Namun, bebek betina dan jantan yang bulunya tidak kawin sangat mirip, dan jika seseorang tidak terlalu mengenal sedikit perbedaan perilakunya, mereka tidak dapat dibedakan dari bebek kesturi betina dari kejauhan. Bebek kesturi jantan pada musim kawin biasanya terlihat jelas karena lobus paruhnya yang besar.

Ekologi dan status[sunting | sunting sumber]

Jantan dewasa dengan lobus paruh besar bersolek.Storm King Dam, Queensland selatan, Australia

Spesies ini lebih menyukai danau dan lahan basah yang dalam dan tenang dengan perairan terbuka dan hamparan alang-alang. Mereka jarang muncul dari air dan tidak nyaman di lahan kering. Mereka jarang terbang: lepas landas dilakukan dengan susah payah, dan pendaratan dilakukan dengan canggung, dengan sudut rendah tanpa ada upaya untuk menurunkan kaki. Namun, jika diperlukan, bebek kesturi terbang dengan cepat dan jarak jauh, dengan kepakan sayap yang cepat dan dangkal.

Di dalam air, bebek kesturi menunjukkan ketangkasan yang mudah, memutar dan memutar di permukaan dengan kedua kaki dan ekor. Secara umum, bebek kesturi tetap berada di dalam air sepanjang hari, bermalas-malasan dan makan secara bergantian, meskipun terkadang mereka muncul untuk duduk di atas batang kayu atau di lahan kering untuk sementara waktu. Mereka tinggal di air pada malam hari, tidur nyenyak di luar daratan dengan kepala terselip di tubuh atau di bawah sayap.

Bebek kesturi sangat betah berada di bawah permukaan, menyelinap ke bawah kepala terlebih dahulu dengan sedikit riak, dan tetap berada di bawah air selama satu menit, sering kali muncul ke permukaan hanya beberapa saat sebelum menyelam lagi. Mereka menyelam untuk menghindari predator atau teman yang tidak diinginkan, dan untuk mencari makanan, biasanya di perairan yang cukup dalam. Mereka dapat turun hingga setidaknya 6 m (sekitar 20 kaki). Makanan utamanya adalah kumbang air, udang, siput air tawar dan kerang, dan sejenisnya, ditambah dengan berbagai tanaman air dan beberapa ikan.

Saat tidak berkembang biak, burung dewasa umumnya menyendiri. Jantan dewasa menguasai dan mempertahankan wilayah, tidak termasuk laki-laki lain dan seringkali juga perempuan. Burung yang lebih muda – remaja dan dewasa yang belum kawin – membentuk kawanan di perairan yang lebih besar pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Tidak diketahui pada usia berapa mereka mencapai kematangan seksual di alam liar, namun mungkin memerlukan waktu beberapa tahun. Mereka merupakan spesies berumur panjang dan masih mampu berkembang biak ketika berumur 20 tahun atau lebih.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Musim kawin bebek kesturi bervariasi menurut curah hujan dan ketinggian air, tetapi biasanya terjadi antara bulan Juli dan Januari, dengan jumlah sarang terbanyak terjadi pada bulan September atau Oktober, musim semi di Australia. Meskipun ada sejumlah penelitian yang lebih umum, sedikit yang diketahui tentang peternakan itik kesturi. Selama musim kawin, mereka mengeluarkan bau musky yang menjadi asal muasal nama umum spesies tersebut. Selain itu, pada musim tersebut, pejantan mengiklankan diri mereka dengan keras dengan rangkaian suara yang berulang-ulang: pertama, cipratan ker-plonk yang dilakukan dengan kaki di atas permukaan air; lalu dua panggilan cuc cuc yang lembut dan tajam; lalu peluit keras dan dengusan dalam. Urutan ini dapat dimulai kapan saja, siang atau malam, dengan atau tanpa tampilan visual terkait, dan diulangi setiap 4 atau 5 detik selama setengah jam setiap kalinya. Meskipun bebek kesturi jantan memiliki lobus kasar yang besar di bawah paruh dan membengkak selama musim kawin, lobus ini tidak terhubung dengan rongga vokal dan tampaknya hanya untuk tujuan visual.

Betina memilih lokasi terpencil untuk bersarang, biasanya di alang-alang tinggi yang jauh dari daratan dan terlindung oleh perairan dalam, atau di bawah naungan semak yang menjorok, namun terkadang di berbagai tempat inovatif, seperti di tunggul pohon, di batang kayu berlubang, atau bahkan di bawah perahu yang terbalik. Sarangnya berupa platform sederhana dari bahan tanaman yang diinjak-injak dengan cangkir kecil, dilapisi dengan bahan tanaman halus dan, setelah telur diletakkan, banyak bagian bawahnya. Ia tampaknya tidak mampu membawa bahan sarang dan harus bergantung pada apa pun yang ada dalam jangkauannya. Setelah sarangnya selesai, dia menarik alang-alang dari atas untuk membuat kanopi, menyembunyikannya dari pandangan. Saat meninggalkan sarang untuk mencari makan, ia diam-diam menyelinap ke dalam air dan tenggelam, tidak muncul ke permukaan sampai ia berada jauh dari sarang.

Ukuran sarang tidak diketahui: sebanyak 10 telur telah dihitung dalam satu sarang, tetapi kemungkinan besar ini adalah hasil dari sarang yang dibuang: tiga atau empat telur dianggap lebih mungkin. Dalam kebanyakan kasus, hanya satu anak itik yang bertahan, terkadang dua. Mereka mampu berenang dan menyelam dalam beberapa hari, setelah itu mereka mungkin meninggalkan sarangnya. Anak-anaknya tinggal dekat dengan induknya setidaknya selama beberapa bulan, kadang-kadang menungganginya sebagai permulaan. Mereka dapat mematuk makanan di permukaan dan menyelam sedikit saat masih kecil, namun induknya terus menyediakan sebagian besar makanannya hingga mereka hampir dewasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2016). "Biziura lobata". 2016: e.T22679830A92831295. doi:10.2305/IUCN.UK.2016-3.RLTS.T22679830A92831295.en. 
  2. ^ CRC Handbook of Avian Body Masses, 2nd Edition by John B. Dunning Jr. (Editor).