Bayam kakap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bayam kakap
Amaranthus hybridus

Status konservasi
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliAmaranthaceae
SubfamiliAmaranthoideae
GenusAmaranthus
SpesiesAmaranthus hybridus
Linnaeus, 1753
Tata nama
Sinonim taksonAmaranthus patulus

Amaranthus hybridus, biasa disebut bayam hijau, bayam kakap, bayam halus, atau bayam merah, merupakan salah satu spesies tumbuhan berbunga tahunan. Ini adalah spesies bayam berdaun ramping yang sekarang ditemukan di sebagian besar Amerika Utara dan diperkenalkan ke Eropa dan Eurasia.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Amaranthus hybridus tumbuh dari akar tunggang pendek dan tingginya bisa mencapai 2,5 m. Ini adalah tanaman dengan daun yang mulus tanpa bulu.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Amaranthus hybridus awalnya merupakan tanaman pionir di Amerika Utara bagian timur. Telah dilaporkan telah ditemukan di setiap negara bagian kecuali Wyoming, Utah, dan Alaska . Hal ini juga ditemukan di banyak provinsi di Kanada, dan di beberapa bagian Meksiko, Hindia Barat, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan . Ini telah dinaturalisasi di banyak tempat dengan iklim hangat. Tumbuh di berbagai tempat, termasuk di habitat yang terganggu.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Ini sangat bervariasi, dan banyak spesies Amaranthus lainnya diyakini merupakan hibridisasi alami atau berasal dari A. hybridus .

Sebagai gulma[sunting | sunting sumber]

Meskipun mudah dikendalikan dan tidak terlalu kompetitif, tanaman ini dikenal sebagai gulma berbahaya pada tanaman di Amerika Utara.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Biji dan daun yang dimasak bisa dimakan.[1]

Tanaman ini digunakan untuk makanan dan obat-obatan oleh beberapa kelompok penduduk asli Amerika dan pengobatan tradisional Afrika . Ini adalah salah satu spesies yang dikonsumsi sebagai Quelite quintonilli di pasar makanan Meksiko.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Elias, Thomas S.; Dykeman, Peter A. (2009) [1982]. Edible Wild Plants: A North American Field Guide to Over 200 Natural Foods. New York: Sterling. hlm. 72. ISBN 978-1-4027-6715-9. OCLC 244766414.