Batu ohen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batu ohen
Chrysoprase (Poland)
Umum
KategoriMineral
Rumus
(unit berulang)
SiO2
Sistem kristalTrigonal
Identifikasi
WarnaOlive to applegreen
PerawakanMicrocrystalline aggregates
BelahanNone
FrakturConchoidal, granular
Sifat dalamBrittle
Kekerasan dalam skala Mohs6.0–7.0
KilauGreasy, waxy
DiafaneitasNearly opaque to nearly transparent
Berat jenis2.651–2.91
Bias ganda0.004–0.009
DispersiNone
Fluoresensi ultraunguNone
Referensi[1]

Krisopras, batu ohen atau akik bawang adalah jenis batu permata kalsedon (bentuk silika kriptokristalin ) yang mengandung sejumlah kecil nikel . Warnanya biasanya hijau apel, tetapi bervariasi dari cyan seperti pirus hingga hijau tua. Varietas batu ohen yang lebih gelap juga disebut sebagai prase . (Namun, istilah prase juga digunakan untuk mendeskripsikan kuarsa yang mengandung klorit, dan sampai batas tertentu merupakan deskripsi warna, bukan variasi mineral yang ditentukan secara ketat.)

Batu ohen bersifat kriptokristalin, artinya terdiri dari kristal yang sangat halus sehingga tidak dapat dilihat sebagai partikel berbeda pada pembesaran normal. Hal ini membedakannya dari batu kristal, batu kecubung, kinyang emas, dan jenis kristal kuarsa lainnya. Anggota lain dari keluarga silika kriptokristalin termasuk akik, ahmar, dan unam . Tidak seperti banyak mineral silika yang tidak transparan, warna batu ohenlah yang membuatnya diinginkan, bukan pola penandaannya. Kata chrysoprase berasal dari bahasa Yunani χρυσός chrysos yang berarti 'emas' dan πράσινον prasinon yang berarti 'hijau'.

Berbeda dengan zamrud yang warna hijaunya disebabkan oleh adanya kromium, warna batu ohen disebabkan oleh sejumlah kecil senyawa nikel dalam bentuk inklusi yang sangat kecil. Nikel dilaporkan terdapat dalam bentuk silikat yang berbeda, seperti kerolit atau pimelit (bukan mineral NiO, bunsenit, seperti yang dilaporkan sebelumnya). Batu ohen dihasilkan dari pelapukan dalam atau lateritisasi serpentinit nikel atau batuan ofiolit ultrabasa lainnya. Di endapan Australia, batu ohen muncul sebagai urat dan nodul dengan goetit coklat dan oksida besi lainnya dalam saprolit kaya magnesit di bawah tutup besi dan silika.

Sumber batu ohen yang paling terkenal adalah Indonesia, Queensland, Australia Barat, Haneti Tanzania, Jerman, Polandia, Rusia, Arizona, Kalifornia, dan Brasil . Deposito di Tanzania tengah telah berproduksi secara konstan sejak tahun 1986. Deposit bijih batu ohen dan nikel silikat di Szklary, Silesia Bawah, Polandia, mungkin merupakan kejadian batu ohen terbesar di Eropa dan mungkin juga yang terbesar di dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mindat.org