Batak, Bulgaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batak, Bulgaria
Lambang kebesaran Batak, Bulgaria
Batak, Bulgaria di Bulgaria
Batak, Bulgaria
Batak, Bulgaria
Lokasi Batak, Bulgaria
Koordinat: 41°57′N 24°13′E / 41.950°N 24.217°E / 41.950; 24.217Koordinat: 41°57′N 24°13′E / 41.950°N 24.217°E / 41.950; 24.217
NegaraBulgaria
Provinsi
(Oblast)
Pazardzhik
Pemerintahan
 • MayorPetar Paunov
Ketinggian
1.036 m (3,399 ft)
Populasi
 (31.12.2009)
 • Total3,498
Zona waktuUTC+2 (EET)
 • Musim panas (DST)UTC+3 (EEST)
Kode Pos
4580
Kode area telepon03553

Batak (Bulgaria: Батак [ˈbɐtak]) adalah sebuah kota di Provinsi Pazardzhik, Bulgaria, tidak jauh dari kota Peshtera. Batak adalah pusat administrasi Kotamadya Batak. Pada Desember 2009, kota ini memiliki populasi 3.498 jiwa.[1]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Panorama Batak
Panorama Batak
Bendungan Batak
Bendungan Batak

Batak terletak di lereng barat laut Pegunungan Rodopi, pada ketinggian 1.036 m di atas permukaan laut. Dikelilingi oleh banyak puncak, dibalut dengan hutan pinus dan cemara berusia seabad. Iklimnya adalah benua sedang dengan karakteristik angin hangat selatan. Batak dinyatakan sebagai kota pada tahun 1964 dan berpenduduk 4.019 jiwa.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Zaman Kuno[sunting | sunting sumber]

Gereja Rusia di Batak
Rumah Balinova
Monumen Trendafil Balinov
Gereja di Batak
Gereja St. Nedelya di Batak

Ada banyak monumen arkeologi dari zaman paling kuno di wilayah Batak. Penemuan Zaman Batu Tua ditemukan pada tahun 1958. Alat, benda, bejana keramik, ornamen serta tulang badak ditemukan yang membuktikan bahwa iklim lebih hangat di Kuarter. Dua puluh benteng Trakia, Thrakia-Romawi, Bizantium dan Slavia, gereja dan biara, serta gundukan Trakia, jembatan Romawi, tambang, pabrik dan situs arkeologi lainnya terdaftar.

Sejarah Pemukiman dan Sejarah Abad Pertengahan[sunting | sunting sumber]

Asal usul Batak secara pasti tidak diketahui karena kurangnya data sejarah. Pandangan sebelumnya bahwa pemukiman tersebut didirikan oleh orang Bulgaria yang melarikan diri dari pemaksaan masuk Islam di lembah Chepino pada abad ke-16 saat ini ditolak karena diyakini bahwa pemukiman tersebut jauh lebih tua. Hal ini dibenarkan oleh prasasti di air mancur Biara Perawan Maria Krichim yang dibangun oleh masyarakat Batak pada tahun 1592, surat perintah milik feodal Sultan Suleiman I (1520–1566), yang juga menyebutkan desa Batak, serta sisa-sisa banyak gereja dan biara yang dibakar oleh Ottoman selama masuk Islam di wilayah ini. Asal usul nama Batak juga belum diketahui secara pasti. Dalam legenda lama hal ini terkait dengan kepala suku Tsepina Batoy, sedangkan profesor sejarah Yordan Ivanov dan Vasil Mikov menduga bahwa Batak adalah Potok, pemukiman asal suku Kuman yang ada antara abad ke-11 dan ke-13. Namun, dapat dipastikan bahwa nama desa tersebut adalah nama Bulgaria, bukan nama Turki seperti yang dinyatakan oleh beberapa penulis.

Pemerintahan Utsmaniyah[sunting | sunting sumber]

Selama berabad-abad pemerintahan Ottoman, banyak hajduk di wilayah Batak membalas dendam pada Turki atas serangan terhadap rakyat Bulgaria – Strahil Voivoda, Deli Arshenko Payaka, Gola Voda, Todor Banchev, Beyko, Yanko Kavlakov, Mityo Vranchev, dll. Saat ini nama-nama pemberontak lama tetap ada, seperti Haydushka Skala, Haydushka Polyana, Haydushko Kladenche, Sablen Vrah, Karvav Chuchur, serta banyak sosok pahlawan lainnya.

Pengerjaan kayu, perdagangan dan penginapan dikembangkan di Batak pada masa Kebangkitan Nasional Bulgaria. Kemakmuran penduduk berpengaruh bagi kemakmuran pendidikan - sebuah sekolah sekuler dibuka pada tahun 1835 dan Gereja St. Nedelya dibangun pada tahun 1813 di tempat Todor Balinov (walikota desa pada saat itu), yang disumbangkan olehnya khusus untuk pembangunan gereja. Dibangun selama 75 hari dengan hasil karya warga Batak.. Batak telah banyak melahirkan tokoh-tokoh Kebangkitan Bulgaria, seperti ulama seperti Archimandrite Yosif, Nikifor, Kiril dan lain-lain, yang bekerja di Biara Rila, sebuah pusat Nasional Bulgaria. Kebangkitan. Sastrawan terkenal adalah Georgi Busilin dan Dragan Manchov.

Pemberontakan April dan Kejahatan Perang Ottoman[sunting | sunting sumber]

Artikel Utama: Pembantaian Batak (Bulgaria)

Penduduk Batak ikut serta dalam Pemberontakan April 1876. Penduduk Batak memberontak pada tanggal 22 April di bawah pimpinan voivoda (Gubernur) Petar Goranov. Pada tanggal 30 April desa tersebut dikepung oleh laskar Ottoman yang disebut bashi-bozouk, Orang Pomak dari desa-desa sekitarnya. Pertempuran dilakukan selama lima hari. Benteng terakhir para pemberontak adalah Gereja St. Nedelya.

Pada akhirnya lima ribu orang terbunuh dan desa tersebut terbakar habis menjadi abu. Berita tentang kekejaman tersebut menyebar ke seluruh dunia, sebagian besar dibantu oleh tulisan Januarius MacGahan untuk London Daily News. Kemarahan masyarakat menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi Rusia untuk menyatakan perang terhadap Turki. Pada tanggal 20 Januari 1878 masyarakat Batak yang selamat dari pemberontakan dengan antusias menyambut kedatangan tentara Rusia.

Batak Hari Ini[sunting | sunting sumber]

Saat ini Batak adalah kota modern yang telah direnovasi dan terkenal dengan monumen bersejarah serta resor dan pusat wisata. Sistem pembangkit listrik tenaga air utama – Batak Hydropower Cascade – dengan lima bendungan dan tiga stasiun pembangkit listrik tenaga air dibangun pada tahun 1950an. Rumah peristirahatan, kompleks wisata, dan vila telah dibangun di sepanjang tepian Waduk Batak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (dalam bahasa Inggris) Bulgarian National Statistical Institute - towns in 2009 Diarsipkan November 13, 2010, di Wayback Machine.