Baranya (region)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Peta region Baranya

Baranya atau Baranja (bahasa Hongaria: Baranya, ˈbɒrɒɲɒ; bahasa Jerman: Branau; bahasa Serbo-Kroasia: Baranja / Барања, bǎraɲa) adalah wilayah geografis dan historis yang terletak di antara sungai Donau dan Drava. Wilayahnya terbagi antara Hongaria dan Kroasia. Wilayahnya meliputi Kabupaten Baranya di Hongaria, dan Kabupaten Osijek-Baranja di Kroasia. Kota terbesar di Baranya adalah Pécs (berpenduduk 158.942 jiwa) yang terletak di Hongaria.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kabupaten Baranya di abad ke-14

Dalam sejarah, wilayah Baranya merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi, Kekaisaran Hun, Kerajaan Ostrogoth, Kerajaan Langobardi, Kerajaan Avar, Kekaisaran Franka, Kepangeranan Balaton, Kekaisaran Bulgaria, Kerajaan Hongaria, Kekaisaran Turki, Monarki Habsburg, Kekaisaran Austria dan Austria-Hongaria. Sejak 1918/1921, wilayah itu dibagi antara Hongaria dan Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia (kemudian disebut Yugoslavia).

Bangsa Slavia tiba di Baranya pada abad ke-6, dan pada abad ke-9, merupakan bagian dari Kerajaan Balaton Slavia. Orang Hongaria tiba di daerah itu pada abad ke-9, dan Kabupaten Baranya muncul sebagai salah satu komitatus pertama Kerajaan Hongaria, pada abad ke-11. Komitatus ini tidak hanya mencakup wilayah Kabupaten Baranya modern, tetapi juga sebagian Slavonia modern di sisi selatan sungai Drava, yang kini merupakan bagian dari Kroasia.

Pada abad ke-16, Daulah Utsmani merebut Baranya, dan memasukkannya ke dalam Sanjak Mohács, unit administratif Utsmani yang berpusat di kota Mohaç. Kemudian, Sanjak Peçuy dibuat yang teritorinya meliputi bagian barat laut Sanjak Mohaç. Setelah pemerintahan Ottoman didirikan di daerah itu, pendatang dari Bosnia mulai berdatangan.[1] Pada akhir abad ke-17, Baranya direbut oleh Monarki Habsburg, dan dimasukkan ke dalam Kabupaten Baranya. Orang Kroasia mulai berdatangan dari Bosnia ke Slavonia dan Baranja secara besar-besaran setelah Turki angkat kaki, dan populasi ini sekarang dikenal sebagai Šokci.[2]

Pada tahun 1918, seluruh wilayah itu direbut oleh pasukan Serbia dan dikelola oleh Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia yang baru dibentuk (kemudian dikenal sebagai Yugoslavia). Untuk waktu yang singkat (tahun 1918-1919), Baranya menjadi bagian dari provinsi Banat, Bačka dan Baranja yang diperintah oleh Pemerintahan Rakyat di Novi Sad. Berdasarkan isi Perjanjian Trianon (bagian dari perdamaian Versailles) pada tahun 1920, wilayah Baranya secara resmi dibagi antara Hongaria dan Yugoslavia, tetapi secara de facto tetap berada di bawah administrasi Yugoslavia sampai tahun 1921. Pada 14 Agustus 1921, Republik Serbia-Hongaria di Baranya-Baja didirikan. Wilayahnya mencakup bagian utara region Baranya dan Bačka, yang diserahkan ke Hongaria melalui Traktat Trianon. Pada tanggal 21-25 Agustus 1921, republik itu dihapuskan dan sebagian wilayahnya dimasukkan ke dalam Hongaria, seperti yang dijanjikan oleh Perjanjian Trianon. Bagian utara Baranya di Hongaria diperintah oleh otoritas kabupaten Baranya.

Bagian selatan (Yugoslavia) dari wilayah itu adalah bagian dari Kabupaten Novi Sad antara tahun 1918 dan 1922, lalu bagian dari Oblast Bačka antara tahun 1922 dan 1929, dan pada tahun 1929 dimasukkan ke dalam Banovina Donau, provinsi Kerajaan Yugoslavia. Pada tahun 1941, Baranja Yugoslavia diduduki oleh Hongaria, tetapi dikembalikan ke Yugoslavia pada tahun 1944. Pada tahun 1944-1945, Baranya Yugoslavia merupakan bagian dari Provinsi Otonom Vojvodina, lalu pada 1945 diserahkan ke Republik Rakyat Kroasia.

Selama Perang Kemerdekaan Kroasia pada tahun 1991, Baranya berada di bawah kendali pemerintahan separatis Oblast Otonom Serbia di Slavonia Timur, Baranja dan Srem Barat, yang kemudian menjadi bagian dari Republik Krajina Serbia yang tidak diakui. Setelah perang berakhir (tahun 1995), wilayah ini diintegrasikan secara damai ke dalam Kroasia pada tahun 1998, sesuai Perjanjian Erdut. Menurut perjanjian, wilayah itu di bawah kendali administrasi Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 1996 hingga 1998, lalu dikembalikan ke Kroasia. Saat ini, wilayah Baranja Kroasia merupakan bagian dari Kabupaten Osijek-Baranja.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nihad Kulenović, 2016, Cross border cooperation between Baranja and Tuzla Region, http://baza.gskos.hr/Graniceidentiteti.pdf #page=234
  2. ^ Hadžihusejnović-Valašek, Miroslava (Maret 1993). "Baranja je "tvrd orah". Analiza istraživanja i popularizacije tradicijske baranjske folklorne glazbe" [Baranja is "tough nut". Records and popularisation analysis of traditional Baranja folk music] (PDF). Studia ethnologica Croatica (dalam bahasa Kroasia). Departemen Etnologi dan Antropologi Budaya, Fakultas Humaniora dan Ilmu Sosial, Universitas Zagreb. 4 (1): 194. ISSN 1330-3627.