Kepangeranan Balaton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kepangeranan Balaton

846–875
Kerajaan Koceľ
Kerajaan Koceľ
Ibu kotaMosapurc (Zalavár)
Agama
PemerintahanKepangeranan
Era SejarahAbad Pertengahan
• Didirikan
846
• Dibubarkan
875
Didahului oleh
Digantikan oleh
Coats of arms of None.svg Kekhaganan Avar
Kepangeranan Hongaria Flag of Hungary (895-1000).svg
Sekarang bagian dari Hongaria
 Kroasia
 Slovenia
 Serbia
 Austria

Kepangeranan Balaton (bahasa Slowakia: Blatenské kniežatstvo,bahasa Slovenia: Blatenska kneževina) atau Kepangeranan Pannonia Hilir adalah sebuah kepangeranan Slavia yang pernah menjadi vasal Kerajaan Franka,[1] atau menurut sejarawan yang lain[2] sebuah comitatus Kerajaan Franka yang pada awalnya dipimpin oleh seorang dux (Pribina) dan kemudian oleh seorang comes (anak laki-laki Pribina, Kocel). Negara ini merupakan salah satu negara Slavia pertama (gelar Kocel adalah "Comes de Sclauis" - Graf Slavia)[3] dan terletak di kawasan Transdanubia di Hongaria modern. Wilayahnya juga mencakup sebagian wilayah Slovenia, Kroasia, Serbia dan Austria modern.

Pada awal abad ke-9, banyak orang Karantania yang datang ke wilayah Kepangeranan Pannonia Hilir yang dijuluki "Carantanorum regio" atau "Orang-Orang Tanah Karantania" oleh sumber-sumber Latin. Orang Karantania/Slavia Alpen adalah nenek moyang orang-orang Slovenia modern. Nama Karantania (Quarantani) masih digunakan pada abad ke-13.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bartl 2002, hlm. 19–20.
  2. ^ Szőke, Béla Miklós (2007). Henning, Joachim, ed. New findings of the excavations in Mosaburg (PDF). Post-Roman Towns, Trade and Settlement in Europe and Byzantium: The heirs of the Roman West. Walter de Gruyter. hlm. 435. ISBN 978-3-11-018356-6. 
  3. ^ Luthar 2008, hlm. 105.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]