Kepangeranan Balaton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kepangeranan Balaton
846–875
Kerajaan Koceľ
Ibu kota Mosapurc (Zalavár)
Agama
Bentuk pemerintahan Kepangeranan
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Didirikan 846
 -  Dibubarkan 875
Pendahulu
Pengganti
Coats of arms of None.svg Kekhaganan Avar
Kepangeranan Hongaria Flag of Hungary (895-1000).svg
Sekarang bagian dari  Hongaria
 Kroasia
 Slovenia
 Serbia
 Austria

Kepangeranan Balaton (bahasa Slowakia: Blatenské kniežatstvo,bahasa Slovenia: Blatenska kneževina) atau Kepangeranan Pannonia Hilir adalah sebuah kepangeranan Slavia yang pernah menjadi vasal Kerajaan Franka,[1] atau menurut sejarawan yang lain[2] sebuah comitatus Kerajaan Franka yang pada awalnya dipimpin oleh seorang dux (Pribina) dan kemudian oleh seorang comes (anak laki-laki Pribina, Kocel). Negara ini merupakan salah satu negara Slavia pertama (gelar Kocel adalah "Comes de Sclauis" - Graf Slavia)[3] dan terletak di kawasan Transdanubia di Hongaria modern. Wilayahnya juga mencakup sebagian wilayah Slovenia, Kroasia, Serbia dan Austria modern.

Pada awal abad ke-9, banyak orang Karantania yang datang ke wilayah Kepangeranan Pannonia Hilir yang dijuluki "Carantanorum regio" atau "Orang-Orang Tanah Karantania" oleh sumber-sumber Latin. Orang Karantania/Slavia Alpen adalah nenek moyang orang-orang Slovenia modern. Nama Karantania (Quarantani) masih digunakan pada abad ke-13.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bartl 2002, hlmn. 19–20.
  2. ^ Szőke, Béla Miklós (2007). Henning, Joachim, ed. New findings of the excavations in Mosaburg (PDF). Post-Roman Towns, Trade and Settlement in Europe and Byzantium: The heirs of the Roman West. Walter de Gruyter. hlm. 435. ISBN 978-3-11-018356-6. 
  3. ^ Luthar 2008, hlm. 105.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]