Bantar, Wanareja, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bantar
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanWanareja
Kodepos
53265
Kode Kemendagri33.01.15.2002 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Bantar adalah desa di kecamatan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia.

Desa bantar ini terletak di kecamatan wanareja kabupaten cilacap, desa ini memiliki banyak tempat-tempat yang menarik banyaknya curug yang terdapat di desa ini menjadi daya tarik tersendiri untuk desa ini, seperti contoh curug pengantin konon diberi nama curug pengantin karena dahulu ada sebuah pengantin yang tidak direstui oleh kedua orang tuanya akhirnya mereka pergi ke sebuah curug dan pada saat disana karena mereka saling mencintai dan ingin bersama akhirnya mereka melompat dari ketinggian, sampai sekarang ini curug ini sering dikunjungi oleh orang-orang sekitarnya.

Di Desa bantar ini dekat dengan sungai,tentu hal ini bermanfaat dengan adanya sungai warga desa bantar banyak warga yang bekerja mengambil pasir disungai itu, dan didesa bantar kebanyakan orang berpenghasilan dari karet, karena harga karet yang lumayan untuk kehidupan sehari-hari warga,membuat warga antusias menanam pohon karet.

keadaan budaya yang ada di desa bantar ini seperti sintren, ebeg(kuda lumping),dll.

Secara geografis didominasi oleh wilayah perbukitan dan hulu sungai citanduy yang menjadi batas wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat membentang. Masyarakat mayoritas bekerja sebagai petani dengan menggarap lahan berupa ladang, persawahan dan perkebunan meliputi perkebunan karet dan buah pepaya.