Bajing, Kroya, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Donny Agustav
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanKroya
Kodepos53282
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Bajing adalah desa di kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini merupakan desa yang strategis karena wilayahnya terdapat pasar Kroya yang menjadi jalur perdagangan utama kebutuhan pokok di wilayah Cilacap. Selain itu banyak pula Pertokoan dan pusat perbelanjaan di sepanjang jalan A. Yani. Stasiun Kroya juga masuk wilayah Desa Bajing. Umumnya penduduk Desa Bajing mayoritas bermatapencaharian sebagai pedagang, wiraswasta, jasa, dan pegawai. Sebagian wilayahnya sudah menjadi lahan perkampungan, dan sudah sedikit persawahan yang tersisa.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Desa Bajing bersebelahan dengan desa pucung lor di bagian timur, kedawung di bagian utara dengan pembatasnya adalah pesawahan, desa kroya di sebelah selatan dan desa Bajing kulon di sebelah barat. Cukup unik karena wilayah Bajing pada bagian selatan sebagian berada di area selatan stasiun. Selain itu terdapat grumbul bernama Gading yang mencakup wilayah Bajing bagian timur.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Di desa Bajing bisa dibilang banyak dihuni oleh banyak pendatang meski penduduk lokal juga masih dominan. Mayoritas penduduk desa Bajing menganut agama Islam dengan dinaungi organisasi NU yang paling banyak. Penganut agama terbanyak kedua adalah Kristen Protestan dan Katholik. Hal ini terbukti karena di desa ini terdapat 2 buah gereja protestan dan 1 buah gereja Katholik. Kemudian penganut agama lain adalah Buddha yang juga memiliki sebuah bangunan Vihara Theravada. Salah satu masjid besar yang berada di desa Bajing adalah masjid Darusalam yang letaknya tepat di sebelah utara stasiun Kroya. Ada pula masjid LDII yang didirikan oleh para penganut Islam LDII, dan jaraknya hanya sekitar 80 meter dari pusat masjid Darusalam.