Gentasari, Kroya, Cilacap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gentasari
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenCilacap
KecamatanKroya
Kodepos
53282
Kode Kemendagri33.01.06.2011 Edit the value on Wikidata
Luas. km²
Jumlah penduduk10000 jiwa
Kepadatan500 penduduk/km²

Desa Gentasari terletak di Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Cilacap. Sebagian besar penduduknya menanam padi di area persawahan, menanam palawija di pekarangan, dan memproduksi sejumlah produk olahan pangan.

Di era 1990-an, Desa Gentasari dikenal sebagai sentra penghasil jamu tradisional. Keberadaan produksi jamu mampu menggerakkan ekonomi masyarakat sehingga sejumlah pelaku bisnis hidup berkecukupan dan sejahtera. Popularitas jamu asal Gentasari mampu menembus pasar nasional dan internasional.

Di desa ini terdapat Museum Soesilo Soedarman. Fasilitas pendidikan di Gentasari antara lain adalah SMP Negeri 4 Kroya dan SMA Negeri 2 Kroya. Terdapat juga terdapat fasilitas kesehatan berupa Puskesmas Kroya II. Jarak ke ibu kota kecamatan Kroya) kurang lebih 7km, yang dapat ditempuh dengan kendaraan umum angkutan pedesaan ataupun kendaraan pribadi.

  Di Gentasari juga terdapat Museum Soesilo Soedarman yang dahulu merupakan kediaman dari kakek dari Soesilo Soedarman, Eyang Dipakarsa.