Bahasa Inggris California

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Inggris California
WilayahCalifornia, Amerika Serikat
Penutur bahasa
(tidak ada perkiraan jumlah yang tersedia)
Kode bahasa
ISO 639-3
GlottologTidak ada
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode. Untuk pengenalan mengenai simbol IPA, lihat Bantuan:IPA

Bahasa Inggris California secara kolektif mengacu pada dialek-dialek Bahasa Inggris Amerika yang berasal dari California. Pergeseran vokal yang khas pertama kali dicatat oleh ahli bahasa pada 1980-an di California Selatan dan Wilayah Teluk San Francisco di California Utara,[1] mengindikasikan aksen yang muncul terutama di antara kalangan penutur muda, kulit putih, wilayah perkotaan, dan pesisir.[2][3] Sejak saat itu, dialek California menjadi populer dalam budaya hiburan Amerika dari penutur remaja dan dewasa muda yang berasal dari pesisir California.[4] Bahasa Inggris California lainnya yang terdokumentasi mencakup aksen "pedesaan" yang sering dikaitkan dengan orang California kulit putih pedesaan dan pedalaman, aksen yang lebih tua yang pernah diucapkan oleh orang Amerika keturunan Irlandia di San Francisco, dan jenis Bahasa Inggris Chicano yang sering diasosiasikan kepada Orang Amerika keturunan Meksiko. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang California sendiri memahami batas linguistik antara California Utara dan Selatan.[5]

Ahli bahasa yang mempelajari bahasa Inggris seperti yang dituturkan di California sebelum dan dalam periode segera setelah Perang Dunia II cenderung menemukan sedikit pola yang unik di wilayah tersebut.[3][6] Namun, karena California menjadi negara bagian Amerika Serikat yang paling beragam, penutur bahasa Inggris dari berbagai latar belakang mulai mengambil elemen-elemen linguistik yang berbeda satu sama lain sehingga tercipta beberapa dialek yang baru secara cepat.[7] Saat ini, sebagian besar bahasa Inggris California pada dasarnya masih sangat mirip dengan Bahasa Inggris Amerika Umum, khususnya dengan aksen Amerika Barat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gordon, Matthew J. (2004). "The West and Midwest: phonology." Kortmann, Bernd, Kate Burridge, Rajend Mesthrie, Edgar W. Schneider and Clive Upton (eds). A Handbook of Varieties of English. Volume 1: Phonology, Volume 2: Morphology and Syntax. Berlin / New York: Mouton de Gruyter. p. 347.
  2. ^ Podesva, Robert J., Annette D'Onofrio, Janneke Van Hofwegen, and Seung Kyung Kim (2015). "Country ideology and the California Vowel Shift." Language Variation and Change 48: 28-45. Cambridge University Press.
  3. ^ a b "California English." Do You Speak American? PBS. Macneil/Lehrer Productions. 2005.
  4. ^ Ward (2003): "Aksen umum pada penutur muda tampaknya menunjukkan jenis yang baru lahir dalam proses, [tetapi] kurangnya rentang usia generasi yang sebenarnya dalam penelitian menghalangi kesimpulan yang terlalu kuat. Hinton juga menyarankan kemungkinan bahwa usia pola khusus juga bisa menjadi fungsi penilaian usia, yang mana gaya bicara prokem remaja California diadopsi karena nilai gengsi, tetapi tidak terlalu dipakai ketika beranjak dewasa."
  5. ^ "SAGE Journals: Your gateway to world-class journal research" (dalam bahasa Inggris). doi:10.1177/0075424207307780. 
  6. ^ Walt Wolfram and Ben Ward, editors (2006). American Voices: How Dialects Differ from Coast to CoastAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan. Malden, MA: Blackwell Publishing. hlm. 140, 234–236. ISBN 978-1-4051-2108-8. 
  7. ^ "Do you speak American? - California English". PBS. Diakses tanggal October 28, 2013.