Bahasa Erromintxela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Erromintxela
Dituturkan diSpanyol, Prancis
WilayahNegeri Basque
Penutur bahasa
500–1.000  (1997)[1]
Campuran Basque-Romani
Kode bahasa
ISO 639-3emx
Glottologerro1240[2]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Erromintxela (pengucapan bahasa Basque: [eromintʃela] ( simak)) adalah bahasa yang dituturkan oleh orang-orang Rom yang tinggal di Pais Vasco, yang juga dikenal dengan sebutan "Erromintxela". Bahasa ini kadang juga disebut "Basque Caló"[3] atau Errumantxela[4] dalam bahasa Inggris; caló vasco, romaní vasco atau errominchela dalam bahasa Spanyol; dan euskado-rromani[5] atau euskado-romani[6] dalam bahasa Prancis. Walaupun sudah ada catatan terperinci mengenai bahasa ini dari akhir abad ke-19, penelitian linguistik baru benar-benar dimulai pada tahun 1990-an.

Bahasa Erromintxela merupakan keturunan dari bahasa yang dituturkan oleh orang Rom Kalderash dari abad ke-15 yang memasuki Negeri Basque dari Prancis.[7] Bahasa ini berbeda dengan bahasa Caló yang dituturkan oleh orang Rom di Spanyol dan bahasa Cascarot yang dituturkan oleh orang Rom di negeri Basque Utara. Erromintxela merupakan bahasa campuran dengan kosakata dari bahasa Romani Kalderash, tetapi menggunakan tata bahasa Basque (mirip dengan bagaimana bahasa Angloromani orang Rom di Inggris mencampur kosakata Romani dengan tata bahasa Inggris). Berkembangnya bahasa campuran merupakan dampak dari integrasi orang-orang Erromintxela dalam masyarakat Basque. Namun, bahasa ini saat ini sedang mengalami kemunduran dan hanya terdapat sekitar 1000 penutur yang tersisa di wilayah pesisir Labourd dan di wilayah pegunungan Soule, Navarre, Gipuzkoa dan Biscay.[8]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Argüello, Xabier Ijito euskaldunen arrastoan El País (2008)
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Erromintxela". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  3. ^ Ethnologue Languages of Spain Diakses 3 July 2009.
  4. ^ Matras, Y. A Linguistic Introduction Cambridge University Press (2002) ISBN 0-521-63165-3
  5. ^ Langues d'Europe et de la Méditerranée (LEM) La langue rromani en Europe Diakses 3 Juli 2009.
  6. ^ Lougarot, Nicole Bohémiens Gatuzain Argitaletxea: 2009 ISBN 2-913842-50-X
  7. ^ Brea, Unai Hiretzat goli kherautzen dinat, erromeetako gazi mindroa Argia, San Sebastián (03-2008)
  8. ^ Agirrezabal, Lore Erromintxela, euskal ijitoen hizkera Argia, San Sebastián (09-2003)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]