Lompat ke isi

Bahasa Champagne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Champagne
champaignat
Dituturkan diPrancis, Belgia
WilayahChampagne-Ardenne, Île-de-France (Seine-et-Marne), Namur
Penutur
Bentuk awal
Dialek
Timur
Barat
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologcham1332[1]
Linguasfer51-AAA-hg
Status pemertahanan
Terancam

CRSingkatan dari Critically endangered (Terancam Kritis)
SESingkatan dari Severely endangered (Terancam berat)
DESingkatan dari Devinitely endangered (Terancam)
VUSingkatan dari Vulnerable (Rentan)
Aman

NESingkatan dari Not Endangered (Tidak terancam)
ICHEL Red Book: Severely Endangered
Champagne diklasifikasikan sebagai bahasa terancam berat (SE) pada Atlas Bahasa-Bahasa di Dunia yang Terancam Kepunahan
Referensi: [2][3]
Lokasi penuturan
Letak bahasa Champagne ("Champenois") bersama bahasa-bahasa Oïl lainnya.
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Champagne (lou champaignat) adalah sebuah bahasa Roman, salah satu langues d'oïl, dituturkan oleh minoritas penduduk provinsi Champagne dan Île-de-France di Prancis, serta beberapa kota di Belgia selatan (terutama munisipalitas Vresse-sur-Semois).

Sementara bahasa ini diklasifikasi sebagai sebuah bahasa daerah di Prancis, bahasa ini juga memiliki status pengakuan sebagai bahasa daerah di Walonia, sebuah daerah di Belgia. Bahasa Champagne dianggap sebagai bahasa terancam punah menurut UNESCO Red Book of Endangered Languages.[4]

Bahasa yang digunakan Chrétien de Troyes memiliki ciri-ciri bahasa Champagne dan Rashi menggunakan bahasa Champagne dalam komentar-komentarnya, tetapi sastra paling awal yang bertahan yang secara sadar dituliskan dalam bahasa Champagne baru tercatat sejak akhir abad ke-16. Le Bontemps de Carnaval de Chaumont diperbarui dan diterbitkan kembali pada tahun 1660. Bahasa yang digunakan berbeda dengan bahasa Prancis yang digunakan oleh utusan raja dengan bahasa Champagne dari penduduk setempat. Ciri dari sastra berbahasa Champagne abad ke-18 adalah noëls (nyanyian Natal), yang merangkai referensi kontemporer dan lokal ke dalam teks-teks saleh.

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Champenois". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "UNESCO Interactive Atlas of the World's Languages in Danger" (dalam bahasa bahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Rusia, and Tionghoa). UNESCO. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2022. Diakses tanggal 26 Juni 2011. 
  3. ^ "UNESCO Atlas of the World's Languages in Danger" (PDF) (dalam bahasa Inggris). UNESCO. 2010. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 31 Mei 2022. Diakses tanggal 31 Mei 2022. 
  4. ^ Moseley, Christopher, ed. (2010). Atlas of the World's Languages in Danger. Memory of Peoples (edisi ke-3rd). Paris: UNESCO Publishing. ISBN 978-92-3-104096-2. Diakses tanggal 2015-04-11. 

Bacaan lebih lanjut

[sunting | sunting sumber]