Bahasa Bayern Tengah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Bayern Tengah
Mittelbairisch[1]
Dituturkan diJerman(Oberbayern dan Niederbayern)
Austria (Austria Hulu dan Austria Hilir, Salzburg, Steiermark, Burgenland)
Penutur bahasa
(tidak ada perkiraan jumlah yang tersedia)
Alfabet Latin (Alfabet bahasa Jerman)
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottologcent1967[2]
{{{mapalt}}}
Dialek bahasa Bayern
  Bahasa Bayern Tengah

Bahasa Bayern Tengah, juga dikenal sebagai Bahasa Austro-Bayern Tengah, membentuk subkelompok dialek bahasa Bayern di sebagian besar Austria dan negara bagian Bayern, Jerman di sepanjang sungai Danube, di sisi utara Alpen Timur. Bahasa itu dituturkan di daerah 'Altbayern' di Oberbayern (dengan München), Niederbayern dan di wilayah yang berdekatan di daerah Oberpfalz sekitar Regensburg, di Austria Hulu dan Austria Hilir, di Wina (lihat bahasa Jerman Wina), di negara bagian Salzburg, serta wilayah di utara dan timur Steiermark dan Burgenland.

Perbedaan[sunting | sunting sumber]

Ada perbedaan yang nyata dalam bahasa di dalam kelompok, tetapi perubahan terjadi di sepanjang kesinambungan dialek barat-timur di kedua sisi perbatasan bersejarah di Kadipaten Bayern dengan Kadipaten Austria kemudian. Itu berarti bahwa bahasa Wina dan München yang berbeda itu sangat berbeda satu sama lain, tetapi dua dialek dari dua kota tetangga di antaranya akan sangat mirip. Namun, karena pengaruh pusat-pusat politik yang bersesuaian, perubahan yang terputus saat ini terlihat di sepanjang perbatasan nasional antara Austria dan Jerman. Secara umum, bahasa Wina memiliki beberapa ciri yang membedakannya dari dialek bahasa Bayern lainnya karena pengaruh bahasa yang dituturkan oleh orang-orang yang pindah ke Wina dari banyak wilayah Austria-Hongaria selama abad ke-19.

Ciri[sunting | sunting sumber]

Ciri bahasa Bayern Tengah adalah pemvokalan l dan r setelah e atau i. Misalnya viel bahasa Jerman Baku menjadi vui (dalam bahasa Bayern Tengah Barat) atau vüü (dalam bahasa Bayern Tengah Timur). Perbatasan antara subkelompok barat dan timur secara kasar bertepatan dengan perbatasan antara Bayern dan Austria.

Di seluruh subkelompok, konsonan letup seperti p, t, k dilembutkan menjadi b, d, g.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ethnologue entry
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Central Bavarian". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.