Audition (film 1999)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Audition
Poster rilis teatrikal
SutradaraTakashi Miike
ProduserSatoshi Fukushima
Akemi Suyama
Toyoyuki Yokohama
SkenarioDaisuke Tengan
Berdasarkan
Audition karya Ryu Murakami
PemeranRyo Ishibashi
Eihi Shiina
Penata musikKōji Endō
SinematograferHideo Yamamoto
PenyuntingYasushi Shimamura
Perusahaan
produksi
AFDF
Creators Company Connection
Omega Project Inc.
DistributorVitagraph Films (AS)
Tanggal rilis
2 Oktober 1999 (Festival Film Internasional Vancouver)
3 Maret 2000 (Jepang)
Durasi115 menit
NegaraJepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
$131,296

Audition (オーディション, Ōdishon) adalah sebuah film horor Jepang 1999, yang disutradarai oleh Takashi Miike dan dibintangi oleh Ryo Ishibashi dan Eihi Shiina. Film tersebut berdasarkan pada sebuah novel dengan nama yang sama karya Ryu Murakami, dari sebuah permainan latar karya Daisuke Tengan.[1] Film tersebut ditayangkan di Festival Film Internasional Vancouver 1999[1] dan dirilis di bioskop-bioskop Jepang pada 3 Maret 2000.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Ryo Ishibashi sebagai Shigeharu Aoyama (青山 重治, Aoyama Shigeharu)
  • Eihi Shiina sebagai Asami Yamazaki (山崎 麻美, Yamazaki Asami)
  • Jun Kunimura sebagai Yasuhisa Yoshikawa (吉川泰久, Yoshikawa Yasuhisa)
  • Miyuki Matsuda sebagai Ryoko Aoyama (青山良子, Aoyama Ryoko)
  • Toshie Negishi sebagai Rie (リエ)
  • Tetsu Sawaki sebagai Shigehiko Aoyama (青山 重彦, Aoyama Shigehiko)
  • Shigeru Saiki sebagai Toastmaster (酒場のマスター, Sakaba no masutā)
  • Ken Mitsuishi sebagai Direktur (ディレクター, Direkutā)
  • Ren Ohsugi sebagai Shimada (芝田)
  • Renji Ishibashi sebagai Pria tua di kursi roda (車椅子の老人, Kurumaisu no rōjin)

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film AUDITION bercerita tentang Shigehiru Aoyama (Ryo Ishibashi) yang telah menjadi seorang single father. Aoyama memutuskan untuk mengadakan sebuah audisi bintang film yang nantinya akan di produksi oleh perusahaan di mana dirinya bekerja. Sebenarnya Aoyama memiliki misi tersendiri yaitu mengaudisi untuk mencari pengganti istrinya yang telah bertahun – tahun meninggal. Sebelumnya Aoyama masih bisa bertahan melajang selama 10 tahun sepeninggal istrinya. namun karena desakan dari anaknya yang menginjak usia remaja, ia pun memutuskan untuk mencari istri barunya melalui audisi filmnya yang baru tersebut.

Aoyama pun mendapatkan seorang wanita yang mampu menarik perhatiannya dari audisi bintang film tersebut. Wanita yang memenuhi kriterianya tersebut bernama Asami (Eihi Shiina). Di mulai dari terpilihnya Asami dari audisi tersebut, mereka berdua pun mulai menjalin hubungan. Terlepas dari daran dan pendapat dari rekan kerjanya tersebut yang menyatakan ketidaksukaannya kepada gadis yang menarik hatinya tersebut, ia tetap melanjutkan hubungan nya bersama dengan wanita tersebut. Padahal rekan kerjanya sendiri sudah mengatakan kepadanya bahwa pada diri Asami tersebut terdapat sesuatu yang tidak beres. Namun tidak mengurungkan niat Aoyama untuk mengajak Asami untuk berkencan dan bisa move on dari istrinya yang sudah lama meninggal. Hati kecil Aoyama tetap saja menyimpan rasa penasaran tentang sosok sebenarnya dari wanita yang misterius tersebut.

Namun suatu hari pun Asami menghilang dengan tiba – tiba dari kehidupan Aoyama. Dengan rasa penasaram yang dimiliki Aoyama kepada Asami, ia pun mulai mencari wanita yang menarik hatinya tersebut. Hingga akhirnya Aoyama pun menemukan rahasia gelap yang dimiliki oleh gadis yang menawan hatinya tersebut. Aoyama mengetahui bahwa selama ini ia jatuh cinta pada seorang wanita yang begitu sadis. Asami memiliki masa lalu yang buruk. Ia pernah membunuh mantan bos nya dulu. Aoyama pun harus menerima masalah yang sangat ngeri dan mengancam jiwanya serta anak lelaki satu – satunya.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Audition melakukan penayangan perdana dunianya pada 2 Oktober 1999 di Festival Film Internasional Vancouver.[3][4]

Remake[sunting | sunting sumber]

Pada Juni 2014, Deadline mengabarkan bahwa produser eksekutif Mario Kassar mulai mengerjakan adaptasi berbahasa Inggris dari Audition.[5] Richard Gray ditempatkan menjadi sutradara dan penulis latar remake tersebut.[6] Pemfilmannya dimulai pada musim gugur 2014.[7] Alur cerita film tersebut akan mengambil dari novel Murakami dan filmnya akan mengambil tempat di Amerika Utara.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Audition (1999)". AllMovie. Diakses tanggal 2013-10-14.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  2. ^ オーディション (dalam bahasa Jepang). JMDB. Diakses tanggal 2013-10-14.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ Crow, Jonathan. "Audition (1999)". AllMovie. 
  4. ^ "The 18th Vancouver International Film Festival". Festival Film Internasional Vancouver. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Januari 2000. Diakses tanggal 6 November 2015. 
  5. ^ a b YAMATO, JEN. "'Terminator,' 'Basic Instinct' Producer Piecing Together 'Audition' Remake". Deadline. Diakses tanggal 9 Juli 2014. 
  6. ^ Child, Ben. "Hollywood to remake Audition: English-language version of cult Japanese horror planned". The Guardian. Diakses tanggal 9 Juli 2014. 
  7. ^ "Takashi Miike's 'Audition' Gets U.S. Remake". Bloody Disgusting. Diakses tanggal 9 Juli 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]