Ryu Murakami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ryū Murakami
Ryū Murakami pada 2005
Ryū Murakami pada 2005
Lahir19 Februari 1952 (umur 69)
Sasebo, Nagasaki,  Jepang
Pekerjaan
Kebangsaan Jepang
Genre
Aliran sastraPascamodernisme
Karya terkenal

Ryū Murakami (村上 龍, Murakami Ryū) (lahir 19 Februari 1952) adalah seorang novelis Jepang, penulis cerita pendek, penulis esai dan pembuat film. Novel-novelnya mengeksplorasi sifat manusia melalui tema-tema kekecewaan, penggunaan narkoba, surealisme, pembunuhan, dan perang, berlatar belakang gelap Jepang. Novel-novelnya yang paling terkenal adalah Almost Transparent Blue, 69, Coin Locker Babies, dan In the Miso Soup.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Murakami Lahir Ryūnosuke Murakami (村上龍之助, Murakami Ryūnosuke) di Sasebo, Nagasaki on 19 February 1952. Nama Ryūnosuke diambil dari protagonis di Daibosatsu-tōge , sebuah karya fiksi oleh Kaisan Nakazato. Murakami bersekolah di Sasebo. Ketika masih menjadi siswa SMA, ia bergabung membentuk band rock bernama Coelacanth, sebagai drummer. [1] Pada musim panas tahun ketiga di SMA, Murakami dan rekan-rekannya membarikade atap sekolah menengahnya [ mengapa? ] dan dia ditempatkan di bawah tahanan rumah selama tiga bulan. Selama waktu ini, ia bertemu dengan budaya hippie, yang memiliki pengaruh kuat padanya.

Setelah lulus dari sekolah menengah pada tahun 1970, Murakami membentuk band rock lain dan memproduksi beberapa film indie 8 milimeter . [2] Ia mendaftar di departemen Cetak saring di Sekolah Seni Gendaishichosha di Tokyo, tetapi keluar pada tahun pertama. Pada Oktober 1972, ia pindah ke Fussa, Tokyo dan diterima untuk program seni patung di Universitas Musashino . Dia menikahi istrinya, pemain keyboard, pada 1970-an dan putra mereka lahir pada 1980. [3] Pada awal 1990-an, Murakami mengabdikan dirinya untuk menyebarkan musik Kuba di Jepang dan mendirikan label, Murakami , di Sony Music.

Murakami memulai e-magazine JMM (Japan Mail Media) pada tahun 1999 dan masih menjabat sebagai pemimpin redaksi. Sejak 2006, ia juga menjadi pembawa acara talk show tentang bisnis dan keuangan yang disebut Kanburia Kyuden , yang disiarkan di TV Tokyo . [4] Tuan rumah adalah Eiko Koike . Pada tahun yang sama, ia memulai layanan streaming video , RVR (Laporan Video Ryu). Pada 2010, ia mendirikan perusahaan, G2010 [ ja ] , untuk menjual dan memproduksi e-book. [5] [6]

Pekerjaan[sunting | sunting sumber]

Karya pertama Murakami adalah novel pendek Almost Transparent Blue, yang ditulis ketika dia masih mahasiswa. [7] Ini berkaitan dengan pergaulan bebas dan penggunaan narkoba di kalangan pemuda yang tidak puas. Diklaim kritis sebagai gaya sastra baru, ia memenangkan Hadiah Gunzo untuk Penulis Baru pada tahun 1976, meskipun ada beberapa keberatan atas dasar dekadensi. Kemudian pada tahun yang sama, novelnya tersebut memenangkan Hadiah Akutagawa, [8] yang kemudian menjadi bestseller.

Pada tahun 1980, Murakami menerbitkan novel yang jauh lebih lama, ''Coin Locker Babies'', sekali lagi untuk pujian kritis, dan memenangkan Hadiah Anggota Baru Seni Noma Liberal ke-3 . Berikutnya adalah novel otobiografi ''69'', dan kemudian Ai to Gensou no Fascism (1987), berputar di sekitar perjuangan untuk mereformasi masyarakat survival of the fittest Jepang. [ ] Karyanya Topaz (1988) menyangkut ekspresi radikal seorang wanita sado-masokistik tentang seksualitasnya.

Murakami, The World in Five Minutes From Now (1994) ditulis sebagai sudut pandang dalam versi semesta paralel Jepang, dan dinominasikan untuk Hadiah Tanizaki ke-30 . Pada tahun 1996 ia melanjutkan otobiografinya 69 , dan merilis Koleksi Film dan Novel Murakami Ryū . Dia juga memenangkan Hadiah Taiko Hirabayashi. Pada tahun yang sama, ia menulis novel Topaz II , tentang seorang siswa sekolah menengah perempuan yang terlibat dalam berpacaran , yang kemudian diadaptasi sebagai film live-action Love and Pop oleh sutradara anime Hideaki Anno . Hits Populer -nya di Era Showa menyangkut peningkatan daya tembak dalam pertempuran antara lima laki-laki remaja dan lima perempuan yang menolak sosial

Pada tahun 1997 muncul novel thriller psikologis In the Miso Soup, yang dibuat di distrik lampu merah Kabuki-cho Tokyo , yang memenangkannya Hadiah Yomiuri untuk Fiksi tahun itu. Parasit ( Kyōsei chū , 2000) adalah tentang seorang hikikomori muda yang terpesona oleh perang. Itu memenangkannya Hadiah Tanizaki ke-36. Pada tahun yang sama Keluaran Dari Jepang yang Putus Asa ( Kibō no Kuni no Exodus ) bercerita tentang siswa sekolah menengah pertama yang kehilangan keinginan mereka untuk terlibat dalam masyarakat Jepang yang normal dan malah membuat yang baru melalui internet

Pada tahun 2001, Murakami menjadi terlibat dalam kelompok temannya Ryuichi Sakamoto , NML No More Landmines , yang menetapkan untuk menghapus ranjau darat dari bekas lokasi pertempuran di seluruh dunia.

Pada tahun 2004, Murakami mengumumkan publikasi Hello Work Berusia 13 Tahun , yang ditujukan untuk meningkatkan minat pada kaum muda yang memasuki dunia kerja. Hanto wo Deyo (2005) adalah tentang invasi Jepang ke Korea. Itu memenangkannya Penghargaan Seni Noma Liberal dan Penghargaan Budaya Mainichi Shuppan

Novel Audition dibuat menjadi film fitur oleh Takashi Miike. Murakami dikabarkan sangat menyukainya sehingga ia memberi Miike restunya untuk mengadaptasi Coin Locker Babies . Skenario untuk yang terakhir ini dikerjakan oleh sutradara Jordan Galland tetapi Miike gagal mengumpulkan dana yang cukup untuk itu. Adaptasi yang disutradarai oleh Michele Civetta saat ini sedang diproduksi.

Pada 2011, Utau Kujira memenangkan Mainichi Art Award.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Noble, Barnes &. "Almost Transparent Blue|Paperback". Barnes & Noble (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-17. 
  2. ^ Pilling, David (2013-09-27). "Ryu Murakami". Financial Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-17. 
  3. ^ Pilling, David (2013-09-27). "Ryu Murakami". Financial Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-17. 
  4. ^ "日経スペシャル カンブリア宮殿:テレビ東京". 日経スペシャル カンブリア宮殿:テレビ東京 (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2020-01-17. 
  5. ^ "「電子書籍は文字文化の革命」――作家・村上龍さんが電子書籍会社設立". ITmedia PC USER (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2020-01-17. 
  6. ^ ASCII. "iBookstoreとともに「村上龍電子本製作所」が始動". ASCII.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2020-01-17. 
  7. ^ "murakami ryu Archives". Japan Society of the UK (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-21. Diakses tanggal 2020-01-17. 
  8. ^ George, Joseph (2013-05-03). "The Future of Japan Is 'Very Dark', Says Ryu Murakami". Vice (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]