Asimo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Model terbaru ASIMO berdasarkan konferensi pers terbaru

ASIMO (アシモ ashimo?) adalah robot humanoid yang dibuat oleh Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.

Menurut Honda, ASIMO merupakan akronim untuk "Advanced Step in Innovative MObility"(Langkah besar dalam pergerakan inovatif). Pernyataan resmi Honda tersebut bertentangan dengan persepsi umum yang mengira bahwa kata "ASIMO" berasal dari nama penemu Tiga Hukum Robotik, Isaac Asimov. Selain itu, dalam bahasa Jepang, pelafalan "ashimo" bisa berarti "kaki juga" (dari bahasa Jepang "脚も").

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

Model 2000 2004 2005
Berat 52 kg ? 54 kg
Tinggi 120 cm 130 cm
Lebar 45 cm 45 cm
Tebal 44 cm 37 cm
Kecepatan Berjalan 1.6 km/jam 2.5 km/jam 2.7 km/jam
1.6 km/jam (membawa 1 kg)
Kecepatan Berlari - 3 km/jam 6 km/jam (lurus)
5 km/jam (memutar)
Waktu Airborne - 0.05 detik 0.08 detik
Baterai Nickel metal hydride
38.4 V / 10 Ah / 7.7 kg
4 jam sampai terisi penuh
Lithium ion
51.8 V / 6 kg
3 jam sampai terisi penuh
Waktu beroperasi secara terus menerus 30 menit 40 menit sampai 1 jam (berjalan)
Banyak sendi 26 (dua pada kepala, lima pada tiap lengan, enam pada tiap paha, satu pada tiap tangan) 34 (tiga pada kepala, tujuh pada tiap lengan, dua pada tiap tangan, satu pada tubuh, enam pada tiap paha)

sources: [1]

Teknologi pengenalan[sunting | sunting sumber]

Asimo menggunakan sensor dan algoritma cerdas untuk menghindari rintangan dan menuruni tangga.

Pada Asimo model tahun 2000an, Honda telah menambahkan banyak fitur yang memungkinkan Asimo dapat berinteraksi lebih baik dengan manusia. Fitur-fitur ini termasuk dalam 5 kategori:

1. Pengenalan atas benda bergerak

Menggunakan informasi visual dari kamera yang terpasang di kepalanya, Asimo dapat mendeteksi gerakan beberapa objek serta menilai jarak dan arah. Aplikasi umum dari fitur ini meliputi: kemampuan untuk mengikuti gerakan orang dengan kamera, mengikuti seseorang, atau menyapa seseorang ketika dia mendekat.

2. Pengenalan postur dan gerak

Asimo juga dapat menafsirkan posisi dan pergerakan tangan, serta mengenali postur dan gerakan. Asimo dapat bereaksi dan diarahkan tidak hanya dengan perintah suara, tetapi juga dengan berbagai gerakan alami manusia. Hal ini memungkinkan untuk, misalnya, mengenali kapan jabat tangan ditawarkan atau kapan seseorang melambaikan tangan dan Asimo menanggapi dengan tepat. Ia juga dapat mengenali pergerakan arah seperti menunjuk.

3. Pengenalan lingkungan

Asimo dapat mengenali objek dan situasi dari lingkungannya dan bertindak dengan cara yang aman bagi dia sendiri maupun orang di dekatnya. Sebagai contoh, mengenali bahaya potensial seperti tangga, dan menghindari memukul manusia atau benda bergerak lainnya.

4. Membedakan suara

Asimo berkemampuan untuk mengidentifikasi sumber suara dan dapat membedakan antara suara manusia dan suara lainnya. Hal ini dapat menanggapi panggilan namanya, mengenali wajah orang ketika sedang diajak bicara, dan mengenali suara yang tidak biasa seperti suara dari sebuah objek jatuh atau tabrakan, dan memalingkan wajah ke arah itu. Asimo juga dapat menjawab pertanyaan, baik dengan mengangguk singkat, menggelengkan kepala atau menjawab secara lisan.

5. Pengenalan wajah

Asimo memiliki kemampuan untuk mengenali wajah, bahkan ketika Asimo atau manusia sedang bergerak. Secara individual Asimo dapat mengenali kurang lebih 10 wajah yang berbeda dan mengenali nama pemilik wajah jika sudah terdaftar sebelumnya.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]