Honda Prelude

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Honda Prelude
1998 Honda Prelude VTi Automatic 2.2 Front.jpg
Informasi
ProdusenHonda
Masa produksi1978–2001
PerakitanSayama, Japan
Bodi & rangka
KelasSports coupe
Bentuk kerangka2-door coupe
Tata letakFF layout

Honda Prelude adalah sports coupe yang diproduksi oleh pabrikan mobil Jepang Honda dari tahun 1978 hingga 2001. Coupe dua pintu secara longgar berasal dari Honda Accord dan berlangsung selama lima generasi. Prelude digunakan oleh Honda untuk memperkenalkan rantai penjualan ritel Honda Jepang, Honda Verno , dengan rilis model internasional berikut segera setelahnya.

Pesaing pendahuluan secara tradisional termasuk Toyota Celica , Nissan Silvia dan Mitsubishi Eclipse . Produksi Prelude ditutup pada tahun 2001 setelah diperkenalkannya Honda Integra DC5 .

Nama Prelude pada awalnya adalah merek dagang dari Toyota , tetapi secara ramah diberikan kepada Honda untuk digunakan. Prelude mematuhi serangkaian nama kendaraan bertema musik yang digunakan Honda pada saat itu, bersama dengan Accord , Quintet , Concerto , Jazz dan Ballade .

Generasi pertama (1978–1982)[sunting | sunting sumber]

First generation (SN)
Honda Prelude 2D.jpg
Informasi
Masa produksi1978–1982
PerancangShinya Iwakura, Hiroshi Kizawa (1978)
Penyalur daya
Mesin/Enjin1,602 cc EL 8-valve I4
1,751 cc EK CVCC 12-valve I4
Transmisi2-speed automatic
3-speed automatic
5-speed manual
Dimensi
Jarak sumbu roda2320 mm (91,3 in)
Panjang4090 mm (161,0 in)
Lebar1635 mm (64,4 in)
Tinggi1290 mm (50,8 in)
Berat kosong900 kg (1980 lb)

Pada 24 November 1978, Prelude diluncurkan ke pasar Jepang. [1] Ia memiliki perdana dunianya di AutoRAI 1979 di Amsterdam, dua bulan kemudian. [2] Di Jepang itu hanya tersedia di saluran penjualan dealer yang baru didirikan Honda Verno . Rantai dealer ini juga memperkenalkan Honda Quint , Honda Ballade, dan Honda Vigor yang berbasis Accord sebagai sedan dan hatchback terbesarnya. Strut independen empat roda, rem, dan mesin semuanya dipinjam dari Accord generasi pertama, tetapi sasis semua baru dan dikembangkan oleh chief engineer Hiroshi Kizawa secara tegas untuk Prelude. [3] Diukur 4.090   mm (panjang)   x 1,635   mm (lebar)   x 1,290   mm (tinggi), memiliki profil yang cukup rendah dan lebar. Jarak sumbu roda adalah 2.320   mm, dan 60   mm lebih pendek dari Accord asli. [4] Honda tampaknya telah mengikuti keberhasilan pengenalan contoh Toyota Celica dengan mengambil mobil kecil, seperti Accord, memasang mesin yang lebih kuat, dan memberi bagasi pendek, dan kap mesin panjang. Prelude (dan periode Accord ) adalah mobil pertama di bawah dua liter yang menerima power steering standar. [5] Prelude juga mendapat manfaat dari pengalaman Honda dengan mobil roadster seperti Honda S800 dan Coupe 1300.

Prelude adalah model Honda pertama yang menawarkan kekuatan moonroof sebagai peralatan standar, yang akhirnya menjadi merek dagang Prelude. Di Jepang, Prelude tersedia dengan sunroof logam geser, sementara versi AS menerima bagian atas kaca yang membebaskan ruang kepala lebih banyak. [3] Pembeli Jepang bertanggung jawab atas pajak jalan sedikit lebih tahunan atas Civic yang lebih kecil, yang juga memiliki mesin yang lebih kecil. Sementara dipasarkan sebagai 2 + 2, kursi belakang tidak dapat digunakan untuk siapa pun yang lebih besar dari anak kecil. [2]

Ulasan awal untuk Pembukaan sangat baik. "Ya," tulis Brock Yates untuk Motor Trend , "dengan ukuran apa pun, mobil yang sangat bagus. Mesin, seperti semua Honda, mewujudkan fabrikasi yang, menurut pendapat saya, hanya dilampaui oleh margin tersempit oleh Mercedes-Benz. Ini adalah mobil kecil yang relatif kuat menurut standar siapa pun. " Motor Trend mengukur Prelude awal menyelesaikan seperempat mil dalam 18,8 detik pada 70 mpj. Dalam hal pondasi, sebagian besar adalah Honda Accord, meskipun paketnya yang lebih ringkas dan bobot yang lebih rendah memungkinkan untuk kecepatan maksimal dan konsumsi bahan bakar yang sedikit lebih tinggi. [2]

Tampilan belakang SN Prelude

Mesin standar pada saat diperkenalkan adalah "EL" SOHC delapan katup 1.602   cc (non-CVCC) sebaris empat berperingkat 80 PS (59 kW) jam 5.000   rpm dan 12,9 kg⋅m (127 N⋅m; 93 lb⋅ft) pada 3.500   rpm. [1] Itu tetap satu-satunya mesin yang tersedia untuk sebagian besar pasar, selain dari AS dan Jepang. Ini menampilkan choke non-otomatis dengan tiga posisi dan karburator dua barel. Pada bulan September 1978, SOHC 12-katup 12-katup 1.751 yang lebih besar   cc CVCC inline-empat diperkenalkan di Jepang, dengan peringkat 90 PS (66 kW) pada 5,300   rpm (SAE gross). [1] Otomatis memiliki lima tenaga kuda lebih sedikit. [4] Butuh hingga Maret 1979 untuk Prelude muncul di Amerika Serikat, kemudian dengan 72 hp (54 kW) pada 4,500   rpm dan 94 lb⋅ft (127 N⋅m) dengan 3.000   rpm (SAE net) dari mesin 1,8 yang lebih besar. [6] Mesin EK memanfaatkan pendingin oli engine dan sistem pengapian yang dikendalikan transistor.

Pilihan transmisi adalah manual lima percepatan standar atau awalnya semi-otomatis "Hondamatic" dua percepatan, yang pada Oktober 1979 telah digantikan oleh otomatis tiga percepatan yang menggunakan gigi akhir sebagai overdrive. Selain kain standar yang ditawarkan di sebagian besar model, opsi 'Eksekutif' juga ditawarkan di beberapa pasar yang menambahkan power steering dan pelapis kulit Connolly . Honda menggunakan desain kluster pengukur pusat tunggal di mobil ini yang menampung speedometer dan takometer dalam satu unit gabungan di mana kedua jarum instrumen menyapu busur yang sama. Mereka juga menempatkan unit radio AM / FM kompak di tempat tinggi di sebelah cluster gauge. Prelude menampilkan wiper intermiten, kaca berwarna, dan buka bagasi dari jarak jauh. 1980 melihat diperkenalkannya mesin CVCC-II yang menggunakan penggunaan catalytic converter dan beberapa penyempurnaan lain yang meningkatkan kemampuan berkendara, Prelude juga menerima facelift ringan pada tahun 1981. Facelift ini berarti kembalinya ke dasbor yang lebih tradisional, daripada "Meter Target Konsentrasi" yang banyak dikritik yang digunakan sebelumnya. [7] Prelude 1981 juga menerima strip trim stainless steel di sepanjang bumper dan cetakan samping, serta gril baru. 313.000 unit diproduksi oleh Honda dari 1978-1982, dengan 80% dijual di luar Jepang.

Prelude diluncurkan di Eropa pada tahun 1979, tetapi bukan penjual yang kuat, harga yang diminta tinggi tidak membantu peluang keberhasilan penjualan.

Generasi kedua (1982–1987)[sunting | sunting sumber]

Honda Prelude
2nd Honda Prelude 2.0Si.jpg

Prelude generasi kedua dirilis di Jepang pada 25 November 1982 dan di seluruh dunia pada musim semi 1983. Mengendarai pada platform yang sama sekali baru, Prelude awalnya tersedia dengan A18A atau ET-2, 1,8   Mesin karburator kembar L 12-katup, menghasilkan 105   PS (77)   kW). [8] Di Jepang, Asia dan Eropa, kemudian tersedia dengan mesin PGM-FI DOHC 16-katup 2-liter (JDM = BA1, EU = BA2) meskipun mesin ini tidak dirilis di Eropa hingga tahun 1986. JDM B20A menghasilkan 160 PS (118 kW) pada 6300  rpm, sedangkan B20A1 Eropa hanya menghasilkan 137 hp (102 kW) . Ini adalah generasi pertama Prelude yang memiliki lampu pop-up, yang memungkinkan klip depan lebih aerodinamis, mengurangi hambatan. Namun, membuka lampu depan, terutama pada kecepatan yang lebih tinggi, menghasilkan gaya hambat yang jauh lebih besar. Desain tidak mempertahankan generasi pertama, yang jauh lebih aerodinamis dan dengan permukaan kaca yang besar. Seperti pendahulunya, itu cukup dilengkapi, dengan udara " mini-gran turismo " daripada mobil sport. [9] Ini juga menawarkan, sebagai opsi, rem anti-lock "ALB" baru Honda. [8]

Di Jepang, Prelude adalah salah satu model utama yang dijual di saluran penjualan dealer Honda Jepang, yang disebut Honda Verno , yang menawarkan produk yang berorientasi kinerja. Semua produk Honda Verno , seperti Vigor , pada awalnya berbagi lampu tersembunyi yang diperkenalkan dengan Prelude generasi ini yang akan membantu mengidentifikasi produk "olahraga" dari Honda di Jepang, tetapi pendekatan ini berumur pendek. Model dengan mesin 2.0 liter dianggap sebagai mobil tingkat atas di Jepang karena pembeli Jepang bertanggung jawab atas pajak jalan tahunan yang lebih tinggi atas mobil dengan mesin 1,8 liter. Orang Jepang 1,8 memiliki CVCC dan mengklaim 125 PS (92 kW) , jauh lebih dari model ekspor.

Ketika mesin DOHC 16-katup 2-liter keluar, kap mesin harus sedikit dimodifikasi karena mesin yang lebih besar tidak muat di bawah kap mesin yang asli. Mesin 1,8 liter asli dikembangkan khusus untuk Prelude untuk memungkinkan kap mesin rendah, bahkan memiringkan mesin ke belakang untuk membuatnya lebih rendah lagi. [8] Versi Eropa juga melihat sedikit modifikasi pada lampu belakang dan revisi bumper depan dan belakang yang sekarang serasi warna. Karena bobot mobil yang cukup rendah ( 1025 kg or 2260 lb ) dan tenaga tinggi (mesin 16-katup menghasilkan 160 PS or 118 kW dalam trim Jepang), mobil itu relatif gesit dibandingkan dengan pesaingnya, yang sebagian besar Prelude belum sampai saat itu.

Model Amerika Utara 1983 dapat dikenali dari roda baja standar yang dicat dengan cincin trim cerah (meskipun pelek alloy opsional). Model dasar 1984-87 memiliki penutup roda penuh gaya Civic. Di Kanada, trim "Special Edition" telah dibuat, yang pada dasarnya sama dengan model AS "sport injected" 2.0Si. Injeksi bahan bakar diperkenalkan dalam model "Si" pada tahun 1985. Amerika Utara 1,8 menawarkan 100 hp (75 kW) , sedangkan 2.0 kemudian memiliki 110 hp (82 kW) .

Versi Prelude ini jauh lebih populer di Inggris daripada pendahulunya, dan terjual dengan baik pada saat mobil sport menurun popularitasnya dan banyak pabrikan menarik diri dari sektor pasar ini; termasuk Ford , yang tidak menggantikan Capri setelah kepunahannya pada tahun 1986, meskipun itu telah menjadi salah satu dari 10 mobil baru paling populer di Inggris baru-baru ini pada tahun 1980. Lineup Eropa awalnya terdiri dari basis Prelude, tanpa power steering, dan EX yang lengkap yang juga tersedia dengan transmisi otomatis dan rem ALB. [8]

1986 Honda Prelude SE Rear 
1986–1987 Honda Prelude Si coupe (Australia) 
1986–1987 Honda Prelude Si coupe (Australia) 
Honda Prelude. 1987, Base 1.8L DOHC, twin carb. (Canada) 
Honda Prelude. 1987, Base 1.8L DOHC, twin carb. (Canada) 

Generasi ketiga (1987-1991)[sunting | sunting sumber]

Third generation (BA3/4/5/7)
1991 Honda Prelude Si 4WS coupe (2015-07-24) 01.jpg
Informasi
Masa produksi1987–1991
PerancangMasato Nakano, Tomoyuki Arai, Yusuke Saito (1985)[10]
Penyalur daya
Mesin/Enjin
Transmisi4-speed automatic
5-speed manual
Dimensi
Jarak sumbu roda2565 mm (101 in)
Panjang4460 mm (175,6 in) (1988-89)
4511 mm (177,6 in) (1990-91)
Lebar1694 mm (66,7 in) (Japan)
1709 mm (67,3 in)
Tinggi1295 mm (51 in) (1988-89)
1250 mm (49,2 in) (1990-91)
Berat kosong1060 kg (2337 lb) - 1340 kg (2954 lb) (depending on model)
Kotak kemudi belakang Honda Prelude Mk III

Pada 9 April 1987, Prelude generasi ketiga dirilis di pasar domestik Jepang dan dirilis akhir tahun itu di seluruh dunia, menjadi model tahun 1988 di Amerika Utara. Menampilkan gaya evolusioner dari pendahulunya, membagikan isyarat desain dari Honda NSX yang akan diperkenalkan kemudian pada tahun 1989. Prelude menampilkan fitur-fitur inovatif pada masanya seperti koefisien drag 0,34, pilar atap yang terbuat dari logam berkekuatan tinggi dan fitur khasnya, pilihan yang tersedia dari sistem kemudi empat roda mekanis pertama di dunia yang tersedia dalam mobil penumpang produksi massal. Honda mengharapkan 30% pembeli untuk melakukan setir empat roda, tetapi mobil itu sukses besar di pasar dalam negeri dan 80% pembeli melakukannya di tahun pertama. [11]

Prelude generasi ketiga secara eksklusif ditenagai oleh varian mesin Honda B20A , versi karburator dasar dengan katup valvetrain SOHC 12, atau varian DOHC dengan injeksi bahan bakar PGM-FI Honda dan 16 katup. Mesin dimiringkan ke belakang oleh 18 derajat, yang memungkinkan untuk membuat kap 30 mm (1,2 in) lebih rendah dari pada generasi sebelumnya. [11]

Diterima dengan baik oleh para juri penghargaan European Car of the Year untuk tahun 1988, berada di urutan ketiga dalam sebuah kontes di mana Peugeot 405 adalah pemenang yang melarikan diri dan Citroen AX berada di urutan kedua. Ini adalah salah satu penampilan terbaik oleh mobil buatan Jepang atau merek sampai Nissan Micra memenangkan penghargaan lima tahun kemudian.

Mesin Honda Prelude generasi ketiga:



</br>

B20A / B20A1 - 2.0L DOHC PGM-FI 160/143   PS (Jepang / Eropa) </br> B20A3 - 2.0L SOHC 12v carb 104   hp Amerika Utara </br> B20A4 - 2.0L SOHC 12v carb 114 PS (84 kW) Global, kecuali Amerika Utara </br> B20A5 - 2.0L DOHC PGM-FI 135 hp (101 kW) Amerika Utara </br> B20A6 - 2.0L DOHC PGM-FI 142 PS (104 kW) Oseania </br> B20A7 - 2.0L DOHC PGM-FI 150 PS (110 kW) Eropa </br> B20A8 - 2.0L DOHC PGM-FI 133 PS (98 kW) Eropa </br> B20A9 - 2.0L DOHC PGM-FI 140 PS (103 kW) Eropa </br> B21A - 2.1L DOHC PGM-FI 145 PS (107 kW) Jepang (Amerika Serikat) </br> B21A1 - 2.1L DOHC PGM-FI 140 hp (104 kW) Amerika Utara </br>

Pada 1987, Road &amp; Track menerbitkan ringkasan uji yang menunjukkan Honda Prelude 2.0Si 4WS 1988 mengungguli setiap mobil tahun itu di slalom, dengan kecepatan 65,5 mph (105,4 km/h) , bahkan mobil eksotis terbaik seperti Porsche dan Ferrari . Sebagai referensi, Chevrolet Corvette C4 1988 mengambil trek yang sama di 64,9 mph (104,4 km/h) .

Honda Prelude adalah Car of the Year majalah Wheels untuk tahun 1987.

Penyegaran pertengahan siklus dan Pendahuluan INX[sunting | sunting sumber]

SiStates Prelude 1990 Langka

Prelude generasi ketiga facelift terungkap di Jepang pada 21 November 1989. Bumper depan dan belakang direvisi pada Prelude baru. Bumper depan dan lampu belakang menampilkan indikator yang jelas dan desain lampu parkir yang direvisi. Banyak bagian interior juga direvisi, termasuk bezel dasbor, gagang pintu, dan sakelar jendela. Versi Jepang Si dengan B20A diberi peringkat 140  PS dengan mesin JDM dan diberi peringkat 37 MPG.

Seiring dengan facelift, model Prelude baru diperkenalkan ke pasar domestik Jepang , Prelude INX. Menampilkan lampu tetap, dengan fasia depan sangat mirip dengan coupe Honda Legend kontemporer dan Honda Accord pada periode waktu yang sama. Ini juga menampilkan trim krom pada bumper depan dan belakang lampu depan, cetakan samping, lampu ekor dan kedua kaca depan dan belakang untuk meningkatkan fokus pada kemewahan daripada sporty. Prelude INX bersamaan dengan perubahan persyaratan pencahayaan Amerika Utara di Amerika Serikat dan Kanada, dan fokus yang lebih besar pada keselamatan ditawarkan dengan rem anti-kunci yang tersedia dan airbag samping pengemudi opsional yang secara eksklusif ditawarkan pada model Si / SR / S.

Di AS, Prelude facelift memulai debutnya untuk model tahun 1990, dengan model 2.0S karburet dihentikan. 2.0Si yang diinjeksi bahan bakar menjadi model entry-level, digantikan oleh model Si baru dengan mesin B21A1, dengan Si 4WS atau Si ALB (ABS) sebagai model trim opsional. Versi revisi dari B20A5, yang disebut B21A1 tersedia. Mengebor sampai 83 mm (3,3 in) dengan total pemindahan 2056   cc memproduksi hingga 145 hp (108 kW) dan memiliki liner silinder khusus yang menampilkan FRM (serat yang diperkuat logam) yang dilaporkan sangat tangguh. Ini menyebabkan keausan ring piston dini berkontribusi terhadap konsumsi oli yang sangat tinggi.

Untuk pasar Kanada, model S, SR dan SR 4WS diperkenalkan untuk tahun 1990. Pada tahun 1991, model SR ALB dan SE diperkenalkan. Model SE lebih dekat dengan model JDM dan EDM karena sepenuhnya dipilih dengan interior kulit dan dilengkapi dengan 4WS dan ALB.

Prelude SiStates dan Prelude SiTCV[sunting | sunting sumber]

Honda merilis dua model trim edisi khusus baru di Jepang pada tahun 1989 untuk facelift Prelude, Prelude SiStates dan Prelude SiTCV. Mobil-mobil ini adalah produksi terbatas dan sangat sedikit yang dibangun. Katalog SiStates menunjukkan 3000 dibangun. Mereka berdua menampilkan standar 4WS, ALB, transmisi LSD kental, TCS (hanya SiTCV), roda kemudi dan tuas transmisi berbalut kulit, insulasi tambahan yang mematikan suara pada firewall dan kap mesin, dan banyak lagi fitur yang biasanya menjadi pilihan. SiStates juga menampilkan versi Jepang dari mesin 2.1 B21A 1 2.1 yang disebut B21A dengan nilai 150 PS (110 kW) . Dua perbedaan utama dari SiStates adalah bahwa ia memiliki lebar yang sama dengan Prelude yang dijual di Amerika Utara, dari mana ia mengambil namanya, karena cetakan samping yang lebih luas. Yang lainnya adalah lebih dari 2,0 liter, batasan perpindahan mesin di Jepang karena alasan asuransi. Lebar ekstra dan mesin yang lebih besar digabungkan untuk menempatkan Prelude SiStates di braket pajak yang jauh lebih tinggi; sementara penjualan melambat ini juga menargetkan beberapa pembeli status lapar. Model SiStates hanya tersedia dengan transmisi otomatis MY8A LSD. Model SiTCV tersedia dengan transmisi MY8A otomatis atau D2E4 manual 5 kecepatan.

Generasi keempat (1991–1996)[sunting | sunting sumber]

Fourth generation (BA8/9, BB1-BB4)
1996 Honda Prelude Si coupe (2015-07-09) 01.jpg
Informasi
Masa produksi1991–1996
Penyalur daya
Mesin/Enjinsee chart
Transmisi4-speed automatic
5-speed manual
Dimensi
Jarak sumbu roda2550 mm (100,4 in)
Panjang4440 mm (174,8 in)
Lebar1765 mm (69,5 in)
Tinggi1290 mm (50,8 in)
Berat kosong1288 kg (2840 lb)

Pada tanggal 19 September 1991, Prelude generasi keempat diperkenalkan di Jepang, dan di Eropa dari awal 1992. Mobil ini memiliki distribusi bobot 58% depan dan 42% belakang. Sistem kemudi empat roda diubah menjadi versi elektronik dan kapasitas mesin ditingkatkan dari 2,1 liter menjadi 2,2 liter untuk model dasar "S" (mesin SOHC F22A1 , 135 PS (99 kW; 133 hp) pada 5.200 rpm, 203 N⋅m (150 ft⋅lbf) pada 4000 rpm) dan model " VTEC " (DOHC VTEC H22A1 , 190 PS (140 kW; 187 hp) pada 6.800 rpm, 207 N⋅m (153 ft⋅lbf) pada 5500 rpm), dengan 2,3 liter untuk "Si" (DOHC H23A1 , 160 PS (118 kW; 158 hp) pada 5.800 rpm, 212 N⋅m (156 ft⋅lbf) pada 5300 rpm). Si Jepang datang dengan F22B (2,2 L DOHC non-VTEC, 160 PS (118 kW; 158 hp) ). Model VTEC memiliki sistem rem yang ditingkatkan, mulai dari 10.3 "(262   mm) rotor depan ke 11,1 "(282   mm) rotor depan dan menggunakan caliper dan bantalan rem yang lebih besar, mirip dengan yang ditemukan di Honda Vigor . Pendekatan gaya mirip dengan Honda Ascot Innova selama periode waktu yang sama.

Selain itu, model 2.0i, single overhead cam (SOHC) dirilis di Eropa, dengan peringkat 133 PS (98 kW; 131 hp) . 1993 adalah tahun terakhir ketika nama "Si-VTEC" (BB4) digunakan, dan mulai tahun 1994 disingkat menjadi " VTEC " dan tetap seperti itu sepanjang sisa generasi. Di beberapa negara, Prelude dengan mesin 2.2 VTEC disebut VTi-R. Kemudian 96 SI / SR pendahuluan diperkenalkan dengan mesin 2.3 Non-VTEC. Di Kanada, Si disebut SR, dan VTEC disebut SR-V. Karena dimensi lebar dan perpindahan mesin yang melebihi peraturan pemerintah Jepang untuk kendaraan yang diklasifikasikan "kompak", generasi Prelude ini mewajibkan pemilik Jepang untuk pajak tahunan, dan sebagai hasilnya Prelude dikenal sebagai mobil mewah di Jepang.

Model ini juga menandai akhir dari lampu utama pop-up. Prelude 1992 menggabungkan fitur desain lain yang juga menjadi "standar Prelude". Bagian belakang dibulatkan dan cukup tinggi dibandingkan dengan garis batang persegi sebelumnya. Fasia depan mobil menjadi lebih lebar dengan lampu tetap. Kaca moonroof membuka jalan bagi sunroof sliding baja yang tidak lagi ditarik ke dalam mobil tetapi meluas keluar dan melewatinya.

Lampu belakang biru muda yang diperkenalkan pada generasi ketiga dilanjutkan. Model selanjutnya (1994 dan seterusnya) juga menampilkan speedometer tembus dan jarum tachometer. Semua model VTEC & SE menerima interior kulit. Yang juga ditampilkan adalah sistem audio 8 speaker (Sistem Speaker Gathers DSP 8) yang mencakup speaker dasbor tengah dan subwoofer belakang, sedangkan versi AS hanya menerima 7 speaker (speaker dasbor tengah tidak termasuk). Versi Jepang juga termasuk sistem kontrol iklim digital. Versi Kanada menerima beberapa opsi yang tidak tersedia di Amerika Serikat. Misalnya, Prelude Jepang memiliki cermin lipat listrik serta penghapus kaca depan, sementara pasar Kanada adalah yang memiliki cermin berpemanas dan kursi berpemanas opsional. Model Jepang datang dengan aksesoris opsional Honda Access seperti rak ski Typus, di bawah lampu dash, penutup sandaran kepala, filter udara kabin, dan tikar. Beberapa pasar domestik Jepang generasi keempat Prelude VTECs tidak datang dengan opsi-opsi seperti sunroof dan kemudi 4-roda, karena dimungkinkan untuk melewati opsi-opsi ini ketika membeli di Jepang. Prelude generasi keempat juga berbagi beberapa komponen suspensi dengan Honda Accord generasi kelima (1994-97). Ini juga berbagi banyak komponen suspensi dengan Prelude generasi ke-5 yang tidak dilengkapi sistem ATTS.

Model dan Pasar[sunting | sunting sumber]

Model Engine Steering Chassis

code
Markets
Code C/R Power  Japan  USA  Canada  Europe  Australia
Si F22B 9.5:1 160 PS 2WS BA8 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
4WS BA9 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
SiR VTEC H22A 10.6:1 200 PS 2WS BB4 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
4WS BB8 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
S F22A1 8.8:1 135 PS 2WS BA8 X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
Si H23A1 9.8:1 160 PS 2WS BB2 X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
4WS BB2 X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
SE (1995) H23A1 9.8:1 160 PS 2WS BB2 X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
VTEC (93-96) H22A1 10.0:1 200 PS 4WS BB1 Yes check.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
Prelude F22A1 8.8:1 133 PS 2WS BA8 X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
SR H23A1 9.8:1 160 PS 2WS BB2 X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
4WS BB2 X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
SR-V (93-96) H22A1 10.0:1 190 PS 2WS BB1 X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
2.0i F20A4 9.5:1 133 PS 2WS BB3 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
2.3i H23A2 9.8:1 160 PS 2WS BB2 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
4WS BB2 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
2.2i VTEC

(93-96)
H22A2 10.0:1 185 PS 2WS BB1 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
4WS BB1 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
CV/S F22A1 8.8:1 131 PS 2WS BA8 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg
Si H23A1 9.8:1 160 PS 4WS BB2 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg
SRS (91-93) H23A1 9.8:1 160 PS 4WS BB2 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg
VTi-R (94-96) H22A1 10.0:1 190 PS 4WS BB1 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg

Mobil Keamanan F1[sunting | sunting sumber]

Prelude digunakan di Formula Satu sebagai Safety Car-nya selama Grand Prix Jepang 1994 . [12]

Generasi kelima (1997-2001)[sunting | sunting sumber]

Fifth generation (BB5-BB9)
2001 Prelude SE (cropped).jpg
Informasi
Masa produksiNovember 1996–October 2001
Penyalur daya
Transmisi4-speed automatic
5-speed manual
Dimensi
Jarak sumbu roda2586 mm (101,8 in)
Panjang4521 mm (178 in)
Lebar1753 mm (69 in)
Tinggi1316 mm (51,8 in)
Berat kosong1340 kg (2954 lb) (Base)
1380 kg (3042 lb) (SH)
Interior

Diperkenalkan pada 7 November 1996, generasi kelima mempertahankan tata letak FF dengan suspensi depan independen dan distribusi berat 63/37. Sebagian besar generasi kelima Honda Prelude datang dengan 16-inci (410 mm) velg aluminium dengan ban all-season 205/50 R16 87V, menampilkan rem depan 11.1 "seperti model '96 VTEC, dan kebanyakan Prelude juga menerima hub lima lug (bukan hub roda empat lug model lama ). Prelude hanya tersedia dalam tiga model untuk Kanada dan dua model untuk AS (Base dan Type SH). Semua model datang dengan velg 16 inci dan 200HP (203 PS). Trim Si 2.0i dan JDM hadir dengan roda baja 195/60 R15, dan Xi JDM dilengkapi dengan roda baja 14 ". Berbeda dengan pasar Amerika Utara Preludes, JDM Prelude datang dengan wiper kaca depan, kecuali Xi.

Prelude generasi kelima menandai kembalinya gaya tubuh yang lebih persegi dari generasi ketiga (1987-1991), dalam upaya untuk mengekang penjualan gaya tubuh generasi keempat yang merosot. Semua model dan paket trim tetap berada dalam kode sasis BB (BB5-BB9) dan ditempatkan pada mesin seri-H atau Seri-F :

Model Engine Steering Chassis

code
Markets
Code C/R Power  Japan  USA  Canada  Europe  Australia
Xi F22B 8.8:1 135 PS 2WS BB5 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
Si F22B 9.2:1 160 PS 2WS BB5 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
4WS BB7 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
SiR H22A 10.6:1 200 PS 2WS BB6 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
4WS BB8 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
SiR S-spec H22A 11.0:1 220 PS 2WS BB6 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
Type S H22A 11.0:1 220 PS 2WS BB6 Yes check.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg
Base H22A4 10.0:1 203 PS 2WS BB6 X mark.svg Yes check.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
Type SH H22A4 10.0:1 203 PS 2WS BB6 X mark.svg Yes check.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
SE H22A4 10.0:1 203 PS 2WS BB6 X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg X mark.svg
2.0i F20A4 9.5:1 133 PS 2WS BB9 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
2.2 VTi H22A5 (97–98)

H22A8 (99–01)
10.0:1

11.0:1
185 PS

200 PS
2WS BB6 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
4WS BB8 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
2.2 VTi-S H22A5 (97–98)

H22A8 (99–01)
10.0:1

11.0:1
185 PS

200 PS
2WS BB6 X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg X mark.svg
Si F22Z6 10.0:1 160 PS 2WS BB5 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg
VTi-R H22A4 (97–98)

H22Z1 (99–01)
10.0:1 200 PS 2WS BB6 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg
ATTS H22A4 (97–98)

H22Z1 (99–01)
10.0:1 200 PS 2WS BB6 X mark.svg X mark.svg X mark.svg X mark.svg Yes check.svg

Penyegaran 1999[sunting | sunting sumber]

Untuk model tahun 1999, Prelude menerima penyegaran pertengahan siklus, ini termasuk tambahan tenaga 5 hp (4 kW) untuk manual ( 200 hp (149 kW) dan otomatis ( 195 hp (145 kW) dari 190 hp (142 kW) model transmisi, gril depan baru dengan lencana "Prelude" kecil, sistem penyaringan udara kabin, dan perubahan warna yang tersedia.

Pasar Kanada[sunting | sunting sumber]

Prelude pasar Kanada sangat mirip dengan model AS, meskipun semua dilengkapi dengan kursi berpemanas sebagai perlengkapan standar, dan menerima reservoir cairan pencuci 4,5L sebagai ganti 2.5L spesifikasi AS yang lebih kecil. [13] Pada tahun 2001, Kanada menerima pengganti untuk Type SH, level trim SE. SE secara mekanis identik dengan model dasar, dilengkapi dengan jok kulit berpemanas yang dipanaskan, pelek Type SH Enkei , spoiler Tipe SH, kenop yang dibungkus kulit, dan kit trim serat karbon yang disimulasikan pada panel pintu dan panel audio. SE tidak menerima side skirt berwarna seperti standar Tipe SH, dan juga tidak menampilkan sistem transfer torsi aktif (ATTS). Aksesori dealer untuk kendaraan Kanada termasuk: panel audio serat karbon, pelindung matahari, pengubah CD 6-cakram-dalam, pengubah CD yang dipasang di bagasi, pemutar kaset, rak atap, kit lambang berlapis emas, finisher knalpot berlapis emas, kenop kulit, masker hidung penuh dan setengah, sistem keamanan, dan tikar kargo.

Jepang-Eksklusif Tipe S[sunting | sunting sumber]

1998 Honda Prelude VTi
1997–2001 Honda Prelude VTi-R ATTS, Australia

Satu versi Prelude generasi kelima, model berperforma tinggi yang disebut Tipe S , hanya tersedia di Jepang. Dilengkapi dengan mesin 2.2   L H22A , menampilkan VTEC dan memproduksi 217 hp (162 kW; 220 PS) di 7.200   rpm dan 163   lbf · ft (221   N · m) pada 6.500   rpm. Dengan rasio kompresi 11.0: 1, 87,0 mm (3,4 in) bore x 90,7 mm (3,6 in) stroke dan VTEC - waktu, angkat dan durasi - disetel menjadi 12,2 mm (0,5 in) asupan dan 11,2 mm (0,4 in) gas buang. Honda juga merombak kotak udara dan menggantinya dengan desain yang lebih efisien yang sering disebut sebagai Dynamic Chambering, bersama dengan desain body throttle yang lebih besar yang bosan hingga 62   mm (berbeda dengan 60 sebelumnya   mm). Sistem pembuangan juga diperlakukan untuk desain ulang, dengan bagian pipa menjadi lebih silindris daripada oval. Konverter katalitik tiga arah juga ditingkatkan ukurannya, serta pipa knalpot dari 2 menjadi 2¼ in (51 hingga 57)   mm) (tToV). Selain mesin output yang lebih tinggi, Tipe S dan USDM Tipe SH menampilkan tata letak suspensi depan yang dirombak yang menawarkan kurva camber yang lebih efektif. Berat trotoar generasi kelima adalah 1,310 kg (2,890 lb) , dan ground clearance adalah 140 mm (5.5 in) . Tidak seperti SiR S-spec yang memiliki LSD, Tipe S memperoleh teknologi Honda yang dikenal sebagai Active Torque Transfer System (ATTS). Gearing pada Tipe S cocok dengan semua Prelude generasi kelima lainnya yang memiliki transmisi manual kecuali untuk lima kecepatan 2.2 VTi VTEC dan memiliki rasio penggerak akhir 4.266: 1. Tipe S memiliki sistem ABS Kontrol Aktif, berbeda dari yang lain yang memiliki sistem ABS standar. Interior menampilkan bahan sintetis yang baru dikembangkan yang disebut Cabron dan Excene untuk melapisi kursi yang kebanyakan orang anggap kulit dan Alcantara dicampur dengan jahitan merah. Opsi gaya pabrikan termasuk huruf kursi. Gaya eksterior Prelude generasi kelima distandarisasi untuk sebagian besar model. Semua memiliki sunroof kecuali untuk model Tipe S.

Prelude Motegi[sunting | sunting sumber]

Honda juga merilis Prelude generasi kelima edisi khusus, yang disebut Motegi . Nama edisi khusus ini berasal dari sirkuit balap motor 'twin-ring Motegi', yang terletak di Distrik Haga, Tochigi, Jepang. Lagu ini dibangun pada tahun 1997 oleh Honda sebagai bagian dari upaya mereka untuk membawa seri IndyCar ke Jepang.

Edisi Motegi Prelude menampilkan body kit OEM Honda, velg 17 "Honda, suspensi sport rendah dan lencana Motegi di tutup bagasi. Semua item ini, kecuali lencana tutup bagasi, adalah opsional pada model non-Motegi.

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Penjualan tidak kuat, terutama karena persaingan dari penawaran Honda lainnya. Coupe Accord generasi keenam menerima fasia depan eksklusif, lampu belakang, roda, dan banyak panel bodi lainnya, yang kini dipasarkan sebagai model yang agak terpisah dari sedan berorientasi keluarga, namun akar sedannya memberikan jauh lebih banyak kegunaan daripada secara komparatif Prelude yang sempit. Civic Si coupe generasi keenam juga telah mendapatkan reputasi dalam dirinya sendiri dan jauh lebih murah daripada Prelude. Dimensi eksterior Prelude tidak lagi sesuai dengan peraturan pemerintah Jepang , dan biaya tambahan yang dihasilkan dari ini berkontribusi pada popularitas produk Honda yang lebih kecil. Angka penjualan AS di bawah ini.

Generasi Tahun Model Unit
1 1979–1982 171.829
Ke-2 1983–1987 336.599
Ke-3 1988–1991 160.909
4 1992–1996 98.627
Ke 5 1997–2001 58.118
1 - 5 1979-2001 826.082

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Australia[sunting | sunting sumber]

Di Australia, kinerja keselamatan Honda Preludes yang diproduksi antara 1983 dan 2001 dinilai dalam Panduan Pembeli untuk menggunakan Car Safety Ratings 2006 , yang diterbitkan oleh Roads and Traffic Authority (RTA) ( New South Wales , Australia, agen pemerintah) . [14] Publikasi ini menyimpulkan bahwa tingkat perlindungan penghuni di Preludes dari tahun 1983 hingga 1996 berada pada level "rata-rata", sementara di Prelude dari tahun 1997 hingga 2001 adalah "jauh lebih baik daripada rata-rata."

A.S.[sunting | sunting sumber]

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) di Amerika Serikat telah menentukan peringkat uji tabrakan frontal dari Honda Preludes dari tahun model yang berbeda. [15]

Tahun model Membuat Model Mengetik Berat trotoar (lb) Peringkat pengemudi frontal Peringkat penumpang frontal
1980 Honda Pendahuluan 2-Pintu 2.545 1 stars.svg 1 stars.svg
1984 Honda Pendahuluan 2-Pintu 2,780 4 stars.svg 5 stars.svg
1990-91 Honda Pendahuluan 2-Pintu 2,659 1 stars.svg 4 stars.svg
1992-94 Honda Pendahuluan 2-Pintu 2,765 4 stars.svg 5 stars.svg

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Prelude ada di daftar Sepuluh Terbaik tahunan majalah Car and Driver sepuluh kali: tiga kali dari 1984 hingga 1986, dan kemudian tujuh kali dari 1992 hingga 1998, meskipun keluhan terbesar atas sebagian besar masa hidup Prelude adalah kurangnya ketersediaan V- 6 pilihan mesin, terutama di AS.

Konvertibel[sunting | sunting sumber]

1981 Prelude Cabriolet (Konversi Tropis)

Selama bertahun-tahun, beberapa perusahaan Jerman dan AS telah mengkonversi Prelude menjadi konvertibel. Saat ini, telah ada konvertibel yang dibuat dari Prelude generasi pertama, kedua dan keempat.

Prelude generasi pertama dimodifikasi menjadi konvertibel penuh oleh beberapa perusahaan di AS, Kanada dan Jerman. Solaire Corporation, sebuah perusahaan yang berbasis di selatan di Santa Ana California yang dimiliki oleh Al Rowland & Jim Bruemmer, memimpin gagasan untuk penjualan pasar massal. Dia membawa pengrajin Bruce Meyers (Dikenal karena Meyers Manx Dune Buggy yang terkenal) untuk membantu merancang perkakas dan pekerjaan fiberglass untuk produksi. 150 Preludes yang dipercaya, antara 1980 - 1982, dimodifikasi dan dijual ke dealer Honda AS dengan jaminan pabrik penuh. Harga dealer berkisar antara $ 14.000 - $ 15.000, sementara konversi itu sendiri dijual sekitar $ 5.000. Solaire berkolaborasi dengan perusahaan lain termasuk Classic Touch, Con-tec, Silcco, Steas Industries dan Pelatih Nasional. Itu dipasarkan sebagai "Honda 450 SL", menggambar perbandingan estetika ke Mercedes 450SL.

Desain Tropis, terletak di Crailsheim , Jerman. [16] Pemilik perusahaan Jürgen Weber mempelajari perdagangan ini di Amerika Serikat. [16] Secara keseluruhan, mereka memodifikasi 47 Prelude, yang sebagian besar diekspor ke AS, di mana Weber memiliki koneksi. Sangat sedikit yang tetap di Eropa, awalnya semua di Jerman. Beberapa telah dijual dari waktu ke waktu ke negara-negara terdekat, setidaknya satu ke Belanda , satu ke Prancis dan satu ke Belgia.

Prelude generasi kedua dimodifikasi oleh perusahaan Jerman lainnya; sekitar 100 Prelude dimodifikasi. Namun, tidak ada model yang dilengkapi mesin DOHC yang telah dikonversi menjadi konvertibel, namun. Tiga versi tersedia: versi dasar, yang memiliki opsi lebih mewah, dan satu yang menambahkan body kit.

Diperkirakan ada beberapa prelude generasi ketiga yang dibuat namun tidak dikonfirmasi berapa banyak yang dibuat. Saat ini ada satu pendahuluan impor generasi ketiga Jepang yang dikonfirmasi saat ini di Australia meskipun tidak banyak yang diketahui tentang sejarahnya.

Dari Prelude generasi keempat, hanya 15 yang dimodifikasi menjadi convertible oleh perusahaan Jerman Honda-Autohaus Manfred Ernst. Tidak ada detail yang diketahui tentang jenis mesin dan spesifikasi lainnya. Karena hanya 15 yang pernah dibuat, mereka dianggap oleh banyak orang dibuat khusus.

Model Skala[sunting | sunting sumber]

Corgi dan Neo telah menghasilkan model generasi pertama 1:43.

Minichamps dan Neo telah menghasilkan model generasi keempat 1:43 .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Braunschweig, Robert; Büschi, Hans-Ulrich, ed. (March 6, 1980). "Automobil Revue '80" (dalam bahasa German and French). 75. Berne, Switzerland: Hallwag, AG: 330. 
  2. ^ a b c Enklaar, Gert (1979-03-24). "Rijden met Honda Prelude" [Test drive: Honda Prelude]. Autovisie (dalam bahasa Dutch). Amersfoort, Netherlands: Arnold van der Wees. 24: 32. 
  3. ^ a b Yamaguchi, Jack K. (1979), Lösch, Annamaria, ed., "The Year of Uncertainty?", World Cars 1979, Pelham, NY: The Automobile Club of Italy/Herald Books: 66, ISBN 0-910714-11-8 
  4. ^ a b スポーティタイプの2ドア・フィックスト クーペ 「ホンダ プレリュード」を新発売 [New release, sporty two-door fixed-head coupe: the Honda Prelude] (Press Release) (dalam bahasa Japanese). Honda Motor Company. 1978-11-24. 
  5. ^ von Fersen, Olaf (6 March 1980). "Automobiltechnik an der Zeitenwende/La technique de l'automobile à un tournant" [Automobile technology at a turning point]. Automobil Revue '80 (dalam bahasa German and French). Berne, Switzerland: Hallwag, AG. 75: 105. 
  6. ^ James M. Flammang (1994). Standard Catalog of Imported Cars, 1946-1990. Iola, WI: Krause Publications, Inc. hlm. 287. ISBN 0-87341-158-7. 
  7. ^ Hogg, Tony (ed.). "1981 Buyer's Guide". Road & Track's Road Test Annual & Buyer's Guide 1981 (January–February 1981): 100. 
  8. ^ a b c d De Leener, Philippe (1983-06-02). "Essai Détaille: Honda Prelude EX". Le Moniteur de l'Automobile (dalam bahasa French). Brussels, Belgium: Editions Auto-Magazine. 33: 16–17. 
  9. ^
    De Leener , hlm. 15
  10. ^ "Patent USD298522". Diakses tanggal 28 March 2015. 
  11. ^ a b Klingstedt, Dag (1987-09-16). "Fyrhjulsstyrd" [Steering with all four]. Teknikens Värld (dalam bahasa Swedish). Stockholm, Sweden: Specialtidningsförlaget AB. 39 (20): 10. 
  12. ^
  13. ^
  14. ^ "Buyers Guide to used Car Safety Ratings 2006" (PDF). Roads and Traffic Authority (RTA). June 16, 2006. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal July 27, 2008. Diakses tanggal January 3, 2009. 
  15. ^ "NHTSA Crash Test Results For 1997 US NCAP". SafeCarGuide.com, Inc. Diakses tanggal January 2, 2009. 
  16. ^ a b Heitz, Rudolf, ed. (1982). Auto Katalog 1983 (dalam bahasa German). 26. Stuttgart: Vereinigte Motor-Verlage GmbH & Co. KG. hlm. 47.