Honda Beat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk kegunaan lain dari Honda Beat, lihat Honda Beat (disambiguasi).
Honda BeAT
Produsen Astra Honda Motor
Masa produksi 2008 - sekarang
Kelas Skuter matik
Mesin 4-langkah, SOHC 2-katup, dengan pendinginan udara
Transmisi Transmisi otomatis Honda V-Matic
Jarak sumbu roda 1.240 mm
Panjang 1,859 mm
Lebar 676 mm
Tinggi 1,053 mm
HONDA BeAT CW 2010.jpg

Honda Beat adalah skuter otomatis produksi dari Astra Honda Motor di Indonesia. Skuter yang diluncurkan pada tahun 2008 ini dimaksudkan untuk mengantisipasi makin populernya skuter otomatis di pasar sepeda motor Indonesia. Honda Beat akan bersaing langsung dengan Yamaha Mio, Yamaha Nouvo, Honda Vario, Suzuki Spin, dan skuter matik lainnya.

Pada bulan Oktober 2012, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Beat PGM-FI dengan tampilan baru dan dilengkapi dengan sistem injeksi Honda PGM-FI.

Pada bulan Desember 2014, Astra Honda Motor meluncurkan Honda Beat PGM-FI dengan tambahan fitur ESP (Enhanced Smart Power) dan ISS (Idling Stop System) serta menambah satu varian yaitu Honda Beat Pop ESP yang dari model bentuk berbeda dengan Honda Beat FI ESP.

Pada bulan Agustus 2016, Astra Honda Motor meluncurkan versi baru dari Beat ESP, dalam rangka memperingati penjualan Beat yang mencapai 10 juta unit sejak tahun 2008.

Desain[sunting | sunting sumber]

Berkas:Test Ride All New Honda BeAT eSP ke jalur Gunung Papandayan.jpg
Test Ride All New Honda BeAT eSP ke jalur Gunung Papandayan.
Berkas:Beat-engine-2016.png
Mesin Honda Beat esp

Honda BeAT skutik dari Honda ini sudah mengalami perubahan desain semenjak pertama kali diluncurkan. Modelnya masih tetap ramping dan perubahan terlihat sekali pada bentuk lampu depannya. Motor skutik berkapasitas mesin 110 cc ini sangat lincah dipakai dijalanan yang ramai terutama perkotaan. Cocok dipakai semua kalangan terutama kaum hawa yang menginginkan motor ramping dan tidak ribet, serta tetap manis dipakai. Bagasinya cukup luas dan untuk tipe FI (Fuel Injection) bagasi yang tersedia lebih luas lagi. Pada BeAT FI aki tidak lagi ditaruh di bagasi tetapi di kap bawah motor. Meskipun ada kap bawah motor, Honda berani mengklaim akinya akan tetap kedap air. Motor ini juga terhitung irit untuk ukuran motor skutik.

Ada 4 tipe yang disediakan oleh Honda yaitu:

  • Honda BeAT SW : Masih menggunakan karburator, velg jari-jari.
  • Honda BeAT CW : Masih menggunakan karburator, velg castwheel (racing).
  • Honda BeAT FI SW : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg jari-jari
  • Honda BeAT FI CW: Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing)
  • Honda Beat FI Combi Brake System : Menggunakan teknologi sistem injeksi, velg cast wheel (racing), dilengkapi dengan Combi Brake Sistem yang mampu mengkombinasikan rem depan dan belakang saat tuas rem di tekan.
Pilihan Warna Honda BeAT

Masing-masing tipe diberi pilihan warna yang berbeda-beda.

  • Honda BeAT SW : Biru, Hijau, Hitam, Merah, Putih
  • Honda BeAT CW : Biru, Hijau, Hitam, Merah, Putih
  • Honda BeAT FI SW : Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam)
  • Honda BeAT FI CW: Disco green (Hijau), Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam), Samba Orange (orange), Groovy Blue (Biru)
  • Honda BeAT FI Combi Brake System : Electro red (merah), Techno white (putih), Hard Rock black (hitam), Samba Orange (orange), Trance Blue (Biru)

Honda BeAT eSP[sunting | sunting sumber]

Berkas:New-honda-beat-esp-9.jpg
Honda BeAT eSP. New BeAT FI eSP Series kini telah dilengkapi dengan ACG starter untuk starter mesin halus seperti Honda Vario 125. Mesin Honda BeAT eSP dan BeAT POP eSP menggunakan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang sudah memenuhi Euro 3. Power mesin teknologi eSP ini lebih bertenaga daripada mesin berteknologi PGM-FI

Merupakan skutik terbaru Honda yang hadir dengan dibekali teknologi canggih Enhanced Smart Power (eSP) yang diklaim lebih hemat bahan bakar serta ramah lingkungan. Selain itu penampilan Honda BeAT eSP terlihat masih mengusung desain yang ramping dengan konsep sporti yang dengan handle cover berlekuk tajam.

All New Honda BeAT eSP juga dibekali dengan fitur-fitur berteknologi modern seperti comby brake system yang memudahkan pengereman roda depan dan belakang, lebih praktis serta aman di semua kondisi jalan, standar samping otomatis yang membuat mesin tidak akan hidup jika standar masih dalam posisi turun, brake lock untuk mencegah motor loncat saat awal motor dinyalakan dan dalam kondisi diam saat berhenti di jalan menanjak ataupun menurun. Fitur unggulan lainnya All New Honda BeAT eSP adalah pengaman kunci bermagnet.

Selain fitur utama tadi, Motor Skutik Honda Beat eSP memiliki kapasitas u-box yang berukuran besar yaitu 11 liter. Ketinggian antara jok ke tanah adalah 740 mm yang dapat memberikan kenyamanan saat berkendara sendiri maupun berboncengan. Selain itu desain sporty dengan garis bodi berlekuk tajam dan striping baru untuk memperkuat kesan sporty.

Sementara sektor dapur pacunya, Skutik All New Honda BeAT eSP dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 110 cc 4-langkah, SOHC dengan pendinginan udara, yang mampu memuntahkan tenaga 6.38 kW (8.68 PS) pada putaran 7.500 rpm dan torsi 9,01 Nm (0,92 kgf.m) pada 6.500 rpm.

Seperti telah kita ketahui bahwa pada tanggal 11 Desember 2014 Honda telah merilis tipe terbaru dari Beat yaitu Honda BeAT eSP. Honda BeAT eSP ini dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu teknologi eSP yang membuat motor ini makin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar.

Perbedaan Pada Desain Body

Honda BeAT eSP dirilis dalam 2 varian yakni Honda BeAT eSP dan Honda BeAT Pop eSP.

Honda BeAT eSP nyaris terlihat sama dengan model sebelumnya, hanya ada sedikit sentuhan ubahan pada bagian turup setang dan dek bawah.

Sedangkan Honda BeAT Pop eSP mengalami ubahan total desain bodi. Lampu sein depan bergeser ke kedua sisi bawah lampu utama. Lekukan bodi sampai lampu belakang juga mendapat sentuhan baru.

Kapasitas Mesin & Bahan Bakar

Kedua tipe motor ini mengunakan kapasitas mesin yang sama yaitu 110 C akan tetapi pada tipe BeAT eSP sudah menggunakan teknologi eSP serta terdapat teknologi ISS (Idling Stop System) sehingga pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.

Untuk tipe BeAT lama pada 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak kurang lebih 58 kilometer. Sedangkan untuk tipe Beat ESP yang menggunakan ISS pada 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak kurang lebih 63 kilometer.

Akselerasi pada tipe BeAT lama adalah 13,10 detik untuk jarak 0-200 m dengan kecepatan maksimal 91 km/jam. Sedangkan pada tipe Honda BeAT eSP memberikan akselerasi lebih baik dengan catatan 12,6 detik untuk jarak 0-200 m dan kecepatan maksimum 94 km/jam.

Alternating Current Generator (ACG) starter pada All New Honda BeAT eSP series[sunting | sunting sumber]

All New Honda BeAT eSP series yang telah diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu, adalah skutik terbaru Honda yang telah dilengkapi dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi canggih yang telah dibuktikan pada Honda PCX dan Honda Vario sehingga semakin ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Pada Honda Vario Techno 125 terbaru, terdapat teknologi yang disebut ACG (Alternating Current Generator) oleh Honda. ACG adalah teknologi starter yang menggunakan starter elektrik. Teknologi tersebut bukan hal baru bagi Honda karena sebelumnya teknologi serupa telah hadir pada skutik premium mereka yaitu Honda PCX.

Salah satu inovasi yang dilakukan Honda pada BeAT anyar ini adalah mengganti dinamo starter konvensional dengan Alternating Current Generator (ACG) starter. Jadi, All New Honda BeAT eSP series tidak lagi ditemukan dinamo starter. Sebagai gantinya, kumparan ACG starter dipasang menyatu dengan jeroan mesin.

Dengan inovasi ini, Honda berhasil membuat mesin All New Honda BeAT eSP series jadi halus tanpa suara saat mesin dihidupkan. ACG starter ini juga menjadi dasar pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya kembali.

Melalui teknologi eSP ini, Honda berhasil mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

Melalui rangkaian teknologi eSP ini, yaitu ACG starter yang membuat suara mesin lebih halus, pembakaran sempurna serta teknologi minim gesekan menghasilkan mesin generasi baru 110cc eSP menjadi lebih irit, bertenaga dan ramah lingkungan.

Honda Beat FI[sunting | sunting sumber]

Honda Beat FI merupakan salah satu motor keluaran honda yang cukup digemari masyrakat indonesia. motor ini memiliki desain yang terlihat simpel namun tetap memiliki kesan modis dan futuristik. Dibandingkan dengan pendahulunya yaitu honda vario, motor honda beat fi ini memiliki ukuran body yang lebih ramping. Tapi justru karena kerampingannya itulah motor honda beat ini mampu melaju dengan sangat gesit, lincah dan tetap irit tentunya. Bagian depan motor dihiasi dengan satu lampu utama dengan lampu sein yang modern. Menariknya, letak lampu utama tidak berada di bagian kepala motor namun terletak dibagian bawah menyatu bersama dengan kedua lampu seinnya. Hebatnya lagi, bagian kepala tidak dibiarkan polos begitu saja, tapi di beri sebuah Visor berbahan acrylic yang tahan panas sehinggamotor ini terkesan semakin keren dan mewah.

Honda membekali matic besutannya ini dengan mesin canggih berkapasitas 110 cc, teknologi OHC / SOHC ( single overhead camshaft ), 4 langkah dengan sistem pendinginan berupa udara yang mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga mencapai 6,27 kW (8,52PS) / 8000 rpm dan torsi maksimum sebesar 8,68 Nm (0,89kgfm) / 6000 rpm.

Yang tak boleh ketinggalan, skuter matic ini telah menggunakan teknologi injeksi canggih dari honda yakni PGM-FI sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan juga emisi yang dihasilkan ramah terhadap lingkungan. Konsumsi bahan bahan honda beat sendiri adalah mencapai 47,5 km/liternya, sedangkan top speed alias kecepatan maksimalnya mencapai 122 km/jam.

Selain performa yang tinggi, honda beat fi ini juga menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya terbukti dengan digunakannya tempat duduk alias jok yang empuk dengan posisi yang agak rendah sehingga pengendara maupun pembonceng bisa tetap nyaman ketika berkendara dengan motor ini. Selain itu terdapat juga pijakan kaki yang luas dan nyaman sehingga kaki pengendara tidak cepat pegal saat berkendara.

Untuk mendukung aktivitas pengendara sehari-hari, skuter ini dilengkapi dengan tempat penampungan ( rak ) dibagian depan yang berfungsi untuk meletakkan berbagai barang pribadi seperti botol minuman, handphone, maupun peralatan lainnya. Selain dibagian depan, motor ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan di bagian belakang ( bagasi ). Hebatnya, bagasi ini memiliki daya tampung sebesar 11,2 liter yang bisa digunakan untuk menyimpan jaket maupun sarung tangan. Untuk menghentikan laju motor, beat fi ini dibekali dengan rem jenis cakram hidrolik dibagian depan dan rem tromol di bagian belakang.

Honda juga menyertakan berbagai fitur unggulan untuk skuter maticnya ini seperti, Panel indikator yang modern dan juga canggih guna memberikan informasi lengkap yang dibutuhkan pengendara saat berkendara. indikator tersebut meliputi indikator kecepatan, lampu sein, indikator bensin, lampu jauh, lampu indikator sistem injeksi dan jarak yang ditempuh.

Selain itu ada juga kunci kontak bermagnet ( Secure Key Shutter ) merupakan teknologi kunci dengan menggunakan sistem magnet kuat yang berfungsi agar motor tetap aman dari tindakan pencurian. Ada juga fitur canggih Brake Lock System ( sistem pengunci rem ) yang berfungsi untuk menjaga motor tidak meloncat kedepan saat mesin motor akan dihidupkan, selain itu juga berfungsi untuk membuat motor bisa berhenti di daerah yang menanjak atau curam.

Yang tak boleh ketinggalan ada juga fitur terkni yang telah banyak digunakan oleh motor-motor matic di indonesia yakni Side Stand Switch ( standar samping otomatis ) yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat standar samping diturunkan, begitu sebaliknya mesin tidak akan bisa dan hanya bisa menyala jika standar samping dinaikkan. Fitur ini tak lain dan tak bukan untuk mengingatkan sekaligus mencegah pengendara yang sering lupa menaikkan standar samping ketika berkendara.

Penghargaan Emisi Gas Buang oleh Kementerian Lingkungan Hidup[sunting | sunting sumber]

Honda beat menjadi matic yang populer di kalangan muda saat ini, tampilannya yang mungil dan sederhana bisa banyak orang modif sesuka hati dengan berbagai macam konsep yang menarik. Motor irit dengan teknologi injeksi yaitu All New Honda BeAt-Fi yang di beri penghargaan juga sebagai sepeda motor matic paling anti polusi karena memang ramah lingkuangan. Penghargaan tersebut langsung diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup serta menjaga penghargaan yang sebelumnya didapatkan yaitu Emisi Gas Buang Paling baik kelompok sepeda motor.

Berdasar pada Hasil pengamatan Penyusunan Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Jenis Baru 2013, All New Honda BeAT- FI ada di tingkat kesatu untuk sepeda motor dengan emisi gas buang paling rendah dibanding dengan 10 unit sepeda motor baru lain dari lima pabrikan, menurut siaran pers yang di terima ANTARA News beberapa waktu terakhir. Lewat penghargaan ini, AHM sukses menjaga gelar product paling ramah lingkungan lantaran pada th. lantas Honda Supra X 125 Helm in PGM-FI juga diputuskan juga sebagai pemenang pada acara penghargaan ini.

Untuk mengambil keputusan peringkat kendaraan dengan tingkat emisipaling baik, KLH memakai perhitungan kandungan polusi yang dianalisia memakai standard uji emisi R40 dengan memerhatikan parameter karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx), serta mengkonsumsi bahan bakar.

Berdasar pada hasil perhitungan KLH, All New Honda BeAT- FI memperoleh nilai dengan parameter CO sebesar 0, 143 gr/km, HC sebesar 0. 042 gr/km, serta NOx 0. 031 gr/km. Pengujiannya sendiri dikerjakan di Balai Pengujian Laik Jalan serta Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Kementerian Perhubungan.

Spesifikasi[sunting | sunting sumber]

  • Mesin 4-langkah SOHC dengan 2-katup, dengan pendinginan udara
  • Diameter dan langkah: 50 × 55 mm, kapasitas 108 cc
  • Rasio kompresi 9,2 : 1
  • Daya maksimum 8,22 PS @ 8.000 rpm (karburator) / 8,52 PS @ 8.000 rpm (injeksi)
  • Torsi maksikum 0,85 kgf.m @ 5.500 rpm (karburator) / 0,89 kgf.m @ 6.500 rpm (injeksi)
  • Ukuran ban: 80/90-14 (depan), 90/90-14 (belakang)
  • Jarak sumbu roda: 1.240 mm (karburator) / 1.255 mm (injeksi)
  • Dimensi 1,859 x 676 x 1,053 mm (karburator) / 1.863 x 675 x 1.072 mm (injeksi)
  • Kapasitas tangki bensin 3,5 liter (karburator) / 3,7 liter (injeksi)
  • Berat kosong 89,3 kg (karburator) / 93 kg (injeksi)
  • Suspensi depan teleskopik dan suspensi tunggal dengan lengan ayun
  • Rem depan 190 mm cakram hidrolik piston tunggal, belakang tromol
  • Tipe busi NGK CPR8EA-9 atau Denso U24EPR9 / NGK CPR9EA-9 atau Denso U27EPR9 (injeksi)
  • Karburator Keihin AVK22 / throttle body 22 mm
  • Sistem pengapian DC-CDI atau Injeksi PGM-FI
  • Transmisi otomatis Honda V-Matic

Pranala luar[sunting | sunting sumber]